Rabu, 09 Oktober 2013

KAPAL INDUK DAN KEPERLUAN PERANG...??>>> UNTUK APA ADA KAPAL INDUK...??>> ....... Di dalam Sejarah Dunia hingga saat tulisan ini saya ketik buat Anda Pada tahun 2013 ini. setidaknya ada beberapa negara pengguna Teknologi Kapal Induk, yaitu Rusia, Perancis, Inggris, Cina, India, Italia, Spanyol, Brasil, Thailand, Umumnya mereka hanya memiliki 1 UNIT Kapal Induk saja.

10 Kapal Induk America Serikat 2013 

http://afrid-fransisco.blogspot.com/2013/07/10-daftar-kapal-induk-america-serikat.html


Di dalam Sejarah Dunia hingga saat tulisan ini saya ketik buat Anda Pada tahun 2013 ini. setidaknya ada beberapa negara pengguna Teknologi Kapal Induk, yaitu Rusia, Perancis, Inggris, Cina, India, Italia, Spanyol, Brasil, Thailand, Umumnya mereka hanya memiliki 1 UNIT Kapal Induk saja. tertawa.gif (19×19)

Namun, berbeda dgn America Serikat yg Ternyata memiliki 10 Kapal Induk Aktif di Tahun 2013 ini dari Total 34 Kapal Induknya damai.gif (30×18)

Rusia aja yg dulunya Terkenal memiliki Kemampuan Teknologi dibidang Kapal Induk ternyata hanya memiliki 1 UNIT saja pada tahun 2013 ini. Alasannya mengapa, karena untuk 1 Unit Kapal Induk harus minimal memiliki 80 Jet Tempur sebagai Basis Pertahanan Diri di Udara. Dan dia juga ngga boleh berlayar seorang diri, harus didampingi oleh Grup Armada yg terdiri dari beberapa Jenis Kapal Tempur Berteknologi Canggih. kepalaberwarna.gif (15×15)

Di Dunia ini, Negara yg Memiliki Kemampuan Tersebut hanyalah America Serikat.

Dibawah ini adalah 10 Daftar K.A.P.A.L I.N.D.U.K AS yg Aktif dari Total 34
So, Silahkan Anda simak yah Kapalcinta.gif (94×34)

1) USS Carl Vinson
USS Carl Vinson Bertenaga NUKLIR, Mengangkut 90 Jet Tempur dan Memiliki 6000 Tentara Siap Tempur. Dilahirkan pada tahun 13 Maret 1982 dan memiliki Kecepatan 52 Km/jam

2) USS Theodore Roosevelt CVN-71

CVN-71 USS Theodore Roosevelt biasanya disebut sebagai “Big Stick” didalam armada angkatan laut America Serikat. USS Theodore Roosevelt CVN-71 ini adalah yg bertanggung jawab atas IRAK. Dia adalah Otak dari segala Otak atas Kemenangan di IRAK. Seluruh Pesawat Tempur yg melalangbuana di Angkasa Irak berasal dari Tubuh Si Big Stick.

3) USS Wasp LHD-1

Dilahirkan pada tahun 1989. USS Wasp LHD-1 adalah Jenis untuk Pangkalan Helikopter Tempur jenis Helikopter Serang, Black Hawk, Bell, Apache, Osprey, Chinook, dll. Dia di tugaskan di Somalia untuk mengembangkan Tugas Mulia demi Misi Kepentingan Manusia di Mogadishu dalam penyaluran makanan, obat obatan, dan penjaga perdamaian penduduk sipil

3) USS Abraham Lincoln CVN-72

Hampir sama dgn CVN-71. CvN-71 dia, juga bertanggung jawab atas IRAK. Tercatat dia telah menerbangkan hampir 16.500 Jadwal penerbang Pesawat Tempur ke Irak dgn 1,6 Juta Pon Persenjataan yg dibawa melalui udara.

4) USS George Washington CVN-73
Lagi nginap di Pulau Jepang nih...
CVN-73 bertenaga NUCLEAR. Saat ini di Tahun 2013 ini berada di Jepang Yokosuka. Untuk meredam kekuatan China. CVN-73 juga senang aktif dalam Cabang Cabang Tiga Negara Asia Pasifik untuk berlatih.

Warga Jepang sendiri sangat berterima kasih atas kehadiran USS George Washington CVN-71 dan menganggap kapal ini adalah Pahlawan Penyelamat atas musibah bencana alam gempa, tsunami, dan kebocoran radiasi di Jepang. Bagi Jepang, Tanpa Kehadiran CVN-73 mungkin upaya penyelamatan akan sulit dilakukan namun kehadiran CVN-73 telah meringankan beban Jepang.

5) USS RONAL REaGAN
Sedang berada di Kandang Sendiri
Kapal USS Ronal Reagan tidak berada dimana mana pada tahun 2013 ini. Dia berada di Kandangnya di San Diego sebagai Pelindung Kota America Serikat aja deh. Kapal ini adalah bertenaga Nuclear dan Jenis Terbaru Kelahiran tahun 2003. Masih Canggih, biarin aja dia santai santai dulu di Kandangnya ya, ntar kalau dia berlayar ntar rusak. He he..,

Namun, kadang kadang dia sering jalan jalan ke Semenanjung Korea Selatan buat ya Pinknik doank kali mungkin yah. he he..

6) USS AMERICA LHA-6
Berbeda dari yg Pernah Anda Bayangkan, LHA-6 adalah Keluaran Teknologi Terbaru Tahun 2012 pada tanggal 4 Juni 2012. Diciptakan diatas Nalar, Ini adalah Markas segala sesuatu yg berbau SILUMAN Termasuk PesawatTempur Siluman Jet Petir F-35,  Pesawat Tanpa Awak Drone, Helikopter Siluman Tanpa Suara, dan Markas Terbesar Tentara Tentara SILUMAN AS.

USS AMERICA LHA-6 diciptakan sangat “UNIK”. Dia adalah Kapal Induk Pertama America Serikat yg menjadi kelas Serbu Amfibi. Ini Sangat Penting bagi AS untuk menangkap Terorist yg senang bersembunyi dari satu negara ke negara lain

USS America LHA-6 mampu menangkap Terorist Tanpa Terdeteksi, Mampu Masuk Ke Negara Lain Tanpa Terdeteksi tanpa perlu diketahui oleh Militer Negara tersebut. Bagi AS ini artinya menghemat biaya karena sasaran utama langsung tertangkap tanpa perlu lagi melakukan aksi besar besaran seperti yg selama ini USA lakukan yg selalu menimbulkan Korban Sipil.  

7) ThunderBird WSB-247B
Ahli Mesin Jojo dan Verge sedang Tes Electrik di Kockpit


Sedang dalam Proses Pembuatan
Ini Dia Bentuk Wajah Aslinya
Kapal Induk Pertama America Serikat yg bertenaga HEliUM HYDROGEN yg bisa Terbang. dan mampu membawa 10 Tank, 5 Helikopter Apache, dan Informasi detailnya bisa baca diartikel saya yg ini yah

Kapal induk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
http://id.wikipedia.org/wiki/Kapal_induk
 


Empat kapal induk, Principe de Asturias, USS Wasp, USS Forrestal and HMS Invincible (depan ke belakang).
Kapal induk (bahasa Inggris: carrier vessel, CV) adalah sebutan untuk kapal perang yang memuat pesawat tempur dalam jumlah besar. Tugasnya adalah memindahkan kekuatan udara ke dalam armada angkatan laut sebagai pendukung operasi-operasi angkatan laut. Selain itu juga digunakan sebagai pusat komando operasi dan sebagai kekuatan detterence atau memberikan efek gentar pada lawan. Sebagai kapal yang membawa pesawat, kapal induk memiliki fleksibilitas tempur yang lebih tinggi dibanding jenis kapal perang lainnya. Selain kegunaan tempur, kapal induk juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti pengintaian, superioritas udara, atau memberikan bantuan. Saat Tsunami Aceh tahun 2004, Angkatan Laut Amerika Serikat menurunkan 1 kapal induknya dalam memberikan bantuan kemanusiaan kepada para korban, mencari orang-orang hilang, dan mengangkut jenazah-jenazah korban.

Sejarah kapal induk



Pesawat-pesawat Jepang di atas kapal induk Shokaku bersiap-siap menyerang Pearl Harbor.


Pressurized Water Reactor untuk kapal. Reaktor ini menggunakan air laut sebagai kondenser pendingin reaktor.



F-18 take off dari kapal induk Nimitz (Video).

F-18 wire landing di kapal induk.

Kapal induk pertama kali digunakan oleh Angkatan Laut Inggris, namun sampai menjelang perang dunia kedua negara-negara barat termasuk Amerika Serikat masih enggan menggunakannya sebagai kekuatan Angkatan laut utama. Konsep konvensional armada angkatan laut saat itu didominasi oleh Kapal jelajah berat, Kapal jelajah, Kapal perusak (destroyer) dengan ukuran meriam yang cukup besar hal ini memang disebabkan bahwa kapal induk dipandang cukup rentan dan riskan bila digunakan dalam operasi maritim.
Adalah Angkatan Laut Jepang (Kaigun) yang menggunakan kapal Induk secara efektif pada awal perang dunia II. Akibat perjanjian maritim antara Inggris Amerika dan Jepang serta Perancis dan Jerman disepakati rasio tonase 5:5:3:1,5:1,5 untuk USA, Inggris, Jepang, Perancis dan Jerman membuat Jepang mengakalinya dengan membuat kapal induk ukuran sedang tetapi dilengkapi kekuatan udara yang mematikan sekalipun menuai kemarahan dari pihak militer sendiri. Bukti dari rekayasa Jepang adalah serangan atas Pearl Harbour 9 Desember 1941 yang menyadarkan Barat akan fungsi kapal induk yang dapat melakukan serangan mematikan atas instalasi sasaran lawan. Saat mulainya Perang Pasifik, Jepang memiliki 6 kapal induk yaitu Akagi, Kaga, Soryu, Hiryu, Shokaku, dan Zuikaku, dan 2 kapal induk ringan yaitu Hosho dan Ryujo. Jepang kehilangan 4 kapal induknya pada Pertempuran Midway, yaitu Akagi, Kaga, Soryu, dan Hiryu. Sejak saat itu, ofensif-ofensif Jepang menggunakan kapal induk sudah dihentikan dan menjadi tidak berarti lagi.

Negara-negara pengguna kapal induk

  1. Amerika Serikat
  2. Rusia
  3. Perancis
  4. Inggris
  5. Cina
  6. India
  7. Italia
  8. Spanyol
  9. Brasil

Negara-negara yang pernah menggunakan kapal induk

  1. Jerman
  2. Jepang
  3. Australia
  4. Belanda
  5. Argentina

Jenis-jenis kapal induk



Sebuah F-14D Tomcat bersiap untuk diluncurkan dari kapal induk tenaga nuklir USS John C. Stennis.

Dari segi propulsi

Dari segi bahan bakar terdapat dua jenis kapal induk yakni:

Kapal Induk Nuklir

Kapal Induk ini menggunakan mesin bertenaga nuklir yang diperoleh dari reaktor nuklir yang berada pada kapal tersebut yang dihubungkan dengan turbin uap. Tenaga uap yang dihasilkan kapal Induk tersebut selain sebagai penggerak kapal juga digunakan sebagai sumber tenaga listrik serta tenaga uapnya digunakan sebagai pengatur tekanan pada catapult kapal induk untuk meluncurkan pesawat. Untuk Armada Amerika serikat kapal ini diberi kode CVN contoh kapal induk nuklir adalah USS Ronald Reagan, USS Kitty Hawk, USS Enterprise.

Kapal Induk Konvensional

Kapal induk ini menggunakan mesin bertenaga diesel contohnya adalah 25 de Mayo (Argentina), Giuseppe Garibaldi (Italia), RTN Chakkri Narruebet (Thailand). Untuk Armada Amerika Serikat biasanya digunakan kode CV dan pada saat ini jarang digunakan.

Teknis Peluncuran Pesawat

Kapal Induk Konvensional (CTOL/Conventional Take Off Landing)

Kapal induk jenis ini biasanya berukuran besar karena geladaknya digunakan sebagai tempat pendaratan dan peluncuran pesawat secara convensional (biasa). Dilengkapi dengan catapult untuk meluncurkan pesawat dan kabel arrester (penahan) untuk membantu pendaratan pesawat, karena panjang geladak kapal induk lebih pendek daripada panjang landasan di pangkalan. Selain tempat parkir pesawat selain ruangan yang berada pada lambung kapal. Kapal Kapal Induk yang digunakan US Navy rata rata adalah kapal induk jenis ini. Contoh : USS Ronald Reagan, USS John F Kennedy. Kiev(Rusia), 25 de Mayo (Argentina), Foch dan Charles de Gaulle (Perancis)

Kapal Induk STOVL (Short Take Off Vertikal Landing)

Kapal induk ini biasanya berukuran sedang/ringan, memiliki Sky Jump yang digunakan untuk meluncurkan pesawat dan pendaratan pesawat dilakukan secara vertikal. Oleh karena itu pesawat pesawat yang digunakan adalah pesawat pesawat tempur jenis khusus semacam AV-8 Harrier (USA) , Harrier II Plus (Inggris), Yak 38 Forger, Yak 141 Freehand (Rusia) ataupun Helikopter. Pada pesawat tempur Rusia biasanya dilengkapi laser untuk memudahkan pendaratan. Hampir kebanyakan negara menggunakan kapal Induk Jenis ini karena memerlukan biaya perawatan dan operasional yang lebih rendah daripada kapal induk jenis CTOL. Contoh dari Kapal Induk Jenis ini adalah: HMS Invincible, HMS Ark Royal (Inggris), Giuseppe Garibaldi (Italia), Prince de Asturias (Spanyol), Viraat, Vikrant (India), Novorossysk (Rusia), Chakri Narruebet (Thailand), USS Tarrawa (USMC.)

Dari segi Fungsional

  1. Kapal Induk Armada
  2. Kapal Induk Escort

Fakta kapal induk

Kapal induk terdiri dari 3 jenis jika dilihat dari jenis penggeraknya, yaitu berpenggerak nuklir, Diesel dan turbine.
  • Kapal induk sedikitnya menampung 6,000 crew dan 70 hingga 80 pesawat.
  • Kapal induk dirakit paling tidak terdiri dari 1.milliar component yang terintegerasi menjadi sebuah konstruksi kapal.
  • Kapal induk memiliki panjang berkisar 1000 feet (300-an meter)
  • Kapal induk tidak pernah berlayar dilaut lepas seorang diri, kapal induk memiliki sebuah grup armada yang terdiri dari kapal perusak, kapal penjelajah, kapal korvet, kapal suplai makanan,air dan bahan bakar, serta sebuah submarine ( kapal selam)
  • Mendarat dengan pesawat di kapal induk merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi para penerbang, karena menggunakan Hook (pengait) dan pada saat turun ke geladak pesawat tidak mengurangi kecepatan, justru mempercepat pesawat untuk menghindari landing failure sehingga pesawat bisa terbang lagi bila hal tersebut terjadi.
  • Pada kapal induk amerika, pekerja di atas kapal menggunakan rompi berwarna warni khusus untuk mengetahui tugas mereka. contohnya petugas berompi merah bertugas memasang bom dan rudal ke tubuh pesawat terbang, rompi kuning sebagai pemandu dan pengarah pesawat, rompi putih sebagai crew pemberi tanda pendaratan, rompi cokelat sebagai air wing plane captain, rompi ungu sebagai petugas pengisi bahan baker, rompi hijau bertanggung jawab pada instalasi katapel untuk pendorong pesawat serta fotografi dan urusan cargo, serta rompi biru yang bertugas mengurus pesawat serta operator elevator pesawat, supir traktor dan juga penghubung.
  • Sebuah kapal induk bertenaga nuklir dapat berlayar tanpa pengisian bahan bakar selama 20 tahun.
  • 'island' adalah sebutan bagi tower komando yang terletak diatas geladak, tinggi nya berkisar 46 meter dan lebar 6 meter. Pada bagian inilah pusat komando dilaksanakan
  • Ada dua jenis konfigurasi geladak pendarat yaitu versi Flat deck dan deck sky Jump ( digunakan untuk pesawat Short take off and landing/ STOL dan Vertical take off landing/ VTOL biasanya dihuni oleh armada pesawat Harrier atau Yakovlev (russia/soviet).
  • Untuk terbang, pesawat di dorong oleh sebuah 'catapult' bertekanan tinggi yang akan menyeret dan melempar pesawat terbang untuk memperpendek jarak take off.
  • Selain menggunakan 'hook' untuk mendarat, pilot di pandu oleh sebuah lampu yang berada di deck kapal untuk memposisikan pesawat yang akan mendarat pada sudut dan posisi yang aman. Lampu pemandu tersebut disebut “meatball” (meatball letaknya disebelah kiri runaway deck)
  • Hangar pesawat yang terletak di bawah deck dibuat tahan ledakan dan tahan api dan terdapat lift yang tugasnya mengangkat pesawat ke atas deck peluncur.
  • Kapal induk dilengkapi dengan berbagai missile untuk pertahanan diri (defence) antara lain seperti Phalanx dan seasparrow (dua missile yang ada di kapal induk amerika)
  • Kapal induk bisa memiliki bobot berkisar 15.000 – 90.000 ton
  • Selain bertampang sangar, di dalam kapal induk juga memiliki fasilitas lain seperti bar, bioskop, ruang medis, fasilitas olahraga dll.
  • Jet blast deflectors, berfungsi sebagai penahan ledakan agar tidak mengenai pesawat yang ada dibelakangnya, saat persiapan peluncuran pesawat, pesawat dalam keadaan terkait dengan catapult dan jet blast deflector dalam posisi terangkat dan posisinya tepat dibelakang ekor pesawat. biasanya terdapat empat Jet Blast deflector dalam sebuah kapal induk.

Album

Referensi

  • Ader, Clement, "Military Aviation", 1909, Edited and translated by Lee Kennett, Air University Press, Maxwell Air Force Base Alabama, 2003, ISBN 978-1-58566-118-3
  • Francillon, René J, Tonkin Gulf Yacht Club US Carrier Operations off Vietnam, (1988) ISBN 978-0-87021-696-1
  • Friedman, Norman, U.S. Aircraft Carriers: an Illustrated Design History, Naval Institute Press, 1983. ISBN 978-0-87021-739-5. Contains many detailed ship plans.
  • Nordeen, Lon, Air Warfare in the Missile Age, (1985) ISBN 978-1-58834-083-2
  • Polak, Christian (2005). Sabre et Pinceau: Par d'autres Français au Japon. 1872–1960 (dalam bahasa French, Japanese). Hiroshi Ueki (植木 浩), Philippe Pons, foreword; 筆と刀・日本の中のもうひとつのフランス (1872–1960). éd. L'Harmattan.
  • Sturtivant, Ray (1990). British Naval Aviation, The Fleet Air Arm, 1917–1990. London: Arm & Armour Press. ISBN 0-85368-938-5.

Pranala luar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar