diberi karomah mampu meramal nasib ??
14 April 2013
http://temonsoejadi.com/2013/04/14/karomah-mampu-meramal-nasib/
Cahaya Hati alam
malaikat, alam malakut,
karamah, Wali Hawariyyun, Wali Quthub, waliyullah Tinggalkan
Komentar
1 Vote
bismillahirahmanirahim.
sahabatku semua yang dirahmati Allah. keajaiban
yang diberikan kepada hamba Allah yang takwa, seperti mu’jizat, karomah, maunah
dan irhash memang benar adanya, dari sejak zaman nabi hingga zaman sekarang,
orang-orang khusus yang dipilih Allah dengan keistimewaan keistimewaan sungguh
benar adanya. bahkan para ulama ulama menerangkan ciri -ciri mereka dalam
beberapa kitab kitabnya.
Karomah ini hanya Allah berikan kepada wali atau
orang yang benar2 bersih agar tidak tercampuri oleh perkara-perkara sihir dan
dukun yang terjadi luar biasa tetapi tidak terjadi melalui seorang wali akan
tetapi melalui musuh Allah, jadi ia bukanlah karomah.Perkara-perkara luar biasa
yang katanya karomah ini banyak terjadi pada tukang sihir yang
menghalang-halangi jalan Allah maka kita wajib berhati-hati dari mereka dan
dari permainan mereka terhadap akal dan pikiran manusia.
Syeck Ibrahim Al Bajuri dalam kitabnya “tuhfatul
Murid” hal 91 bahwa karomah adalah” sesuatu luar biasa yang tampak dari
kekuasaan seorang hamba yang telah jelas kebaikannya yang diteyapkan karena
adanya ketekunan didalam mengikuti syariat nabi dam mempunyai i’tiqod yang
benar”
sebuah kisah nyata semoga bermanfaat.
Di antara putera-putera Kiai Saleh, pengasuh
pesantren “Sabilul Muttaqin” dan sesepuh di daerah kami, Gus Jakfar-lah yang
paling menarik perhatian masyarakat. Mungkin Gus Jakfar tidak sealim dan
sepandai saudara-saudaranya, tapi dia mempunyai keistimewaan yang membuat
namanya tenar hingga ke luar daerah, malah konon beberapa pejabat tinggi dari
pusat memerlukan sowan khusus ke rumahnya setelah mengunjungi Kiai Saleh. Kata
Kang Solikin yang dekat dengan keluarga ndalem, bahkan Kiai Saleh sendiri segan
dengan anaknya yang satu itu.
“Kata Kiai, Gus Jakfar itu lebih tua dari beliau
sendiri,” cerita Kang Solikin suatu hari kepada kawan-kawannya yang sedang
membicarakan putera bungsu Kiai Saleh itu. “Saya sendiri tidak paham apa
maksudnya.”
“Tapi, Gus Jakfar memang luar biasa,” kata Mas
Bambang, pegawai Pemda yang sering mengikuti pengajian subuh Kiai Saleh.
“Matanya itu lho. Sekilas saja mereka melihat kening orang, kok langsung bisa
melihat rahasianya yang tersembunyi. Kalian ingat, Sumini yang anak penjual rujak
di terminal lama yang dijuluki perawan tua itu, sebelum dilamar orang sabrang kan ketemu Gus Jakfar.
Waktu itu Gus Jakfar bilang, ‘Sum, kulihat keningmu kok bersinar, sudah ada
yang ngelamar ya?’. Tak lama kemudian orang sabrang itu datang melamarnya.”
“Kang Kandar kan juga begitu,” timpal Mas Guru Slamet.
“Kalian kan
mendengar sendiri ketika Gus Jakfar bilang kepada tukang kebun SD IV itu,
‘Kang, saya lihat hidung sampeyan kok sudah bengkok, sudah capek menghirup
nafas ya?’ Lho, ternyata besoknya Kang Kandar meninggal.”
“Ya. Waktu itu saya pikir Gus Jakfar hanya
berkelakar,” sahut Ustadz Kamil, “Nggak tahunya beliau sedang membaca tanda
pada diri Kang Kandar.”
“Saya malah mengalami sendiri,” kata Lik Salamun,
pemborong yang dari tadi sudah kepingin ikut bicara. “Waktu itu, tak ada hujan
tak ada angina, Gus Jakfar bilang kepada saya, ‘Wah, saku sampeyan kok
mondol-mondol; dapat proyek besar ya?’ Padahal saat itu saku saya justru sedang
kemps. Dan percaya atau tidak, esok harinya saya memenangkan tender yang
diselenggarakan Pemda tingkat propinsi.”
“Apa yang begitu itu disebut ilmu kasyaf?” tanya
Pak Carik yang sejak tadi hanya asyik mendengarkan. “Mungkin saja,” jawab
Ustadz Kamil. “Makanya saya justru takut ketemu Gus Jakfar. Takut dibaca
tanda-tanda buruk saya, lalu pikiran saya terganggu.”
***
Maka, ketika kemudian sikap Gus Jakfar berubah, masyarakat pun geger; terutama para santri kalong, orang-orang kampung yang ikut mengaji tapi tidak tinggal di pesantren seperti Kang Solikin yang selama ini merasa dekat dengan beliau. Mula-mula Gus Jakfar menghilang berminggu-minggu, kemudian ketika kembali tahu-tahu sikapnya berubah menjadi manusia biasa. Dia sama sekali berhenti dan tak mau lagi membaca tanda-tanda. Tak mau lagi memberikan isyarat-isyarat yang berbau ramalan. Ringkas kata, dia benar-benar kehilangan keistimewaannya.
“Jangan-jangan ilmu beliau hilang pada saat
beliau menghilang itu,” komentar Mas Guru Slamet penuh penyesalan. “Wah, sayang
sekali! Apa gerangan yang terjadi pada beliau?”
“Ke mana beliau pergi saat menghilang pun, kita
tidak tahu;” kata Lik Salamun. “Kalau saja kita tahu ke mana beliau pergi,
mungkin kita akan mengetahui apa yang terjadi pada beliau dan mengapa beliau
kemudian berubah.”
Begitulah, sesuai usul Ustadz Kamil, pada malam
Jum’at sehabis wiridan salat Isya, saat mana Gus Jakfar prei, tidak mengajar;
rombongan santri kalong sengaja mendatangi rumahnya. Kali ini hampir semua
anggota rombongan merasakan keakraban Gus Jakfar, jauh melebihi yang
sudah-sudah. Mungkin karena kini tidak ada lagi sekat berupa rasa segan,
was-was dan takut.
Setelah ngobrol ke sana kemari, akhirnya Ustadz Kamil berterus
terang mengungkapkan maksud utama kedatangan rombongan: “Gus, di samping
silaturahmi seperti biasa, malam ini kami datang juga dengan sedikit keperluan
khusus. Singkatnya, kami penasaran dan sangat ingin tahu latar belakang
perubahan sikap sampeyan.”
“Perubahan apa?” tanya Gus Jakfar sambil
tersenyum penuh arti. “Sikap yang mana? Kalian ini ada-ada saja. Saya kok
merasa tidak berubah.”
“Dulu sampeyan kan biasa dan suka membaca
tanda-tanda orang,” tukas Mas Guru Slamet, “kok sekarang tiba-tiba mak pet,
sampeyan tak mau lagi membaca, bahkan diminta pun tak mau.”
“O, itu,” kata Gus Jakfar seperti benar-benar
baru tahu. Tapi dia tidak segera meneruskan bicaranya. Diam agak lama. Baru
setelah menyeruput kopi di depannya, dia melanjutkan, “Ceritanya panjang.” Dia
berhenti lagi, membuat kami tidak sabar, tapi kami diam saja.
“Kalian ingat, saya lama menghilang?” akhirnya
Gus Jakfar bertanya, membuat kami yakin bahwa dia benar-benar siap untuk
bercerita. Maka serempak kami mengangguk. “Suatu malam saya bermimpi ketemu
ayah dan saya disuruh mencari seorang wali sepuh yang tinggal di sebuah desa
kecil di lereng gunung yang jaraknya dari sini sekitar 200 km kea rah selatan.
Namanya Kiai Tawakkal. Kata ayah dalam mimpi itu, hanya kiai-kiai tertentu yang
tahu tentang kiai yang usianya sudah lebih 100 tahun ini. Santri-santri yang
belajar kepada beliau pun rata-rata sudah disebut kiai di daerah masing-masing.
“
“Terus terang, sejak bermimpi itu, saya tidak
bisa menahan keinginan saya untuk berkenalan dan kalau bisa berguru kepada Wali
Tawakkal itu. Maka dengan diam-diam dan tanpa pamit siapa-siapa, saya pun pergi
ke tempat yang ditunjukkan ayah dalam mimpi dengan niat bilbarakah dan menimba
ilmu beliau. Ternyata, ketika sampai di sana,
hampir semua orang yang saya jumpai mengaku tidak mengenal nama Kiai Tawakkal.
Baru setelah seharian melacak ke sana
kemari, ada seorang tua yang memberi petunjuk.”
‘Cobalah nakmas ikuti jalan setapak di sana itu’ katanya. ‘Nanti
nakmas akan berjumpa dengan sebuah sungai kecil; terus saja nakmas menyeberang.
Begitu sampai seberang, nakmas akan melihat gubuk-gubuk kecil dari bambu. Nah,
kemungkinan besar orang yang nakmas cari akan nakmas jumpai di sana. Di gubuk yang terletak di tengah-tengah
itulah tinggal seorang tua seperti yang nakmas gambarkan. Orang sini
memanggilnya Mbah Jogo. Barangkali itulah yang nakmas sebut Kiai siapa tadi?’
‘Kiai
Tawakkal.’
‘Ya, Kiai Tawakkal. Saya yakin itulah orangnya,
Mbah Jogo.’
“Saya pun mengikuti petunjuk orang tua itu,
menyeberang sungai dan menemukan
sekelompok rumah gubuk dari bambu.”
sekelompok rumah gubuk dari bambu.”
“Dan betul, di gubuk bambu yang terletak di
tengah-tengah, saya menemukan Kiai Tawakkal alias Mbah Jogo sedang dikelilingi
santri-santrinya yang rata-rata sudah tua. Saya diterima dengan penuh
keramahan, seolah-olah saya sudah merupakan bagian dari mereka. Dan kalian
tahu? Ternyata penampilan Kiai Tawakkal sama sekali tidak mencerminkan sosoknya
sebagai orang tua.
Tubuhnya tegap dan wajahnya berseri-seri. Kedua
matanya indah memancarkan kearifan. Bicaranya jelas dan teratur. Hampir semua
kalimat yang meluncur dari mulut beliau bermuatan kata-kata hikmah.”
Tiba-tiba Gus Jakfar berhenti, menarik nafas
panjang, baru kemudian melanjutkan, “Hanya ada satu hal yang membuat saya
terkejut dan tgerganggu. Saya melihat di kening beliau yang lapang ada tanda
yang jelas sekali, seolah-olah saya membaca tulisan dengan huruf yang cukup
besar dan berbunyi ‘Ahli Neraka’. Astaghfirullah! Belum pernah selama ini saya
melihat tanda yang begitu gambling. Saya ingin tidak mempercayai apa yang saya
lihat. Pasti saya keliru. Masak seorang yang dikenal wali, berilmu tinggi, dan
disegani banyak kiai yang lain, disurati sebagai ahli neraka. Tak mungkin. Saya
mencoba meyakin-yakinkan diri saya bahwa itu hanyalah ilusi, tapi tak bisa.
Tanda itu terus melekat di kening beliau. Bahkan belakangan saya melihat tanda
itu semakin jelas ketika beliau habis berwudhu. Gila!”
“Akhirnya niat saya untuk menimba ilmu kepada
beliau, meskipun secara lisan memang saya sampaikan demikian, dalam hati sudah
berubah menjadi keinginan untuk menyelidiki dan memecahkan keganjialan ini.
Beberapa hari saya amati perilaku Kiai Tawakkal, saya tidak melihat sama sekali
hal-hal mencurigakan. Kegiatan rutinnya sehari-hari tidak begitu berbeda dengan
kebanyakan kiai yang lain: mengimami salat jamaah; melakukan salat-salat sunnat
seperti dhuha, tahajjud, witir,dsb.; mengajar kitab- kitab (umumnya kitab-kitab-besar);
mujahadah; dzikir malam; menemui tamu; dan semacamnya. Kalaupun beliau keluar,
biasanya untuk memenuhi undangan hajatan atau- dan ini sangat jarang sekali-
mengisi pengajian umum. Memang ada kalanya beliau keluar pada malam-malam
tertentu; tapi menurut santri-santri yang lama, itu pun merupakan kegiatan
rutin yang sudah dijalani Kiai Tawakkal sejak muda. Semacam lelana brata, kata
mereka.”
“Baru setelah beberapa minggu tinggal di
‘pesantren bambu’, saya mendapat kesempatan atau tepatnya keberanian untuk
mengikuti Kiai Tawakkal keluar. Saya pikir, inilah kesempatan untuk mendapatkan
jawaban atas tanda tanya yang selama ini mengganggu saya.”
“Begitulah, pada suatu malam purnama, saya
melihat Kiai keluar dengan berpakaian rapi. Melihat waktunya yang sudah larut,
tidak mungkin beliau pergi untuk mendatangi undangan hajatan atau lainnya.
Dengan hati-hati saya membuntutinya dari belakang; tidak terlalu dekat, tapi
juga tidak terlalu jauh. Dari jalan setapak hingga ke jalan desa, Kiai terus
berjalan dengan langkah yang tetap tegap. Akan ke mana beliau gerangan? Apa ini
yang disebut semacam lelana brata? Jalanan semakin sepi; saya pun semakin
berhati-hati mengikutinya, khawatir tiba-tiba Kiai menoleh ke belakang.”
“Setelah melewati kuburan dan kebun sengon,
beliau berbelok. Ketika kemudian saya ikut belok, saya kaget, ternyata sosoknya
tak kelihatan lagi. Yang terlihat justru sebuah warung yang penuh pengunjung.
Terdengar gelak tawa ramai sekali. Dengan bengong saya mendekati warung
terpencil dengan penerangan petromak itu. Dua orang wanita- yang satu masih
muda dan yang satunya lagi agak lebih tua- dengan dandanan yang menor sibuk
melayani pelanggan sambil menebar tawa genit ke sana kemari. Tidak mungkin Kiai mampir ke
warung ini, pikir saya. Ke warung biasa saja tidak pantas, apalagi warung yang
suasananya saja mengesankan kemesuman ini.
‘Mas Jakfar!’ tiba-tiba saya dikagetkan oleh
suara yang tidak asing di telinga saya, memanggil-manggil nama saya.
Masyaallah, saya hampir-hampir tidak mempercayai pendengaran dan penglihatan
saya. Memang betul, mata sayamelihat Kiai Tawakkal melambaikan tangan dari
dalam warung. Ah. Dengan kikuk dan pikiran tak karuan, saya pun terpaksa masuk
dan menghampiri kiai yang saya yang duduk santai di pojok. Warung penuh dengan
asap rokok. Kedua wanita menor menyambut saya dengan senyum penuh arti. Kiai
Tawakkal menyuruh orang disampingnya untuk bergeser, ‘Kasi kawan saya ini
tempat sedikit!’ Lalu, kepada orang-orang yang ada di warung, Kiai
memperkenalkan saya. Katanya, ‘Ini kawan saya, dia baru datang dari daerah yang
cukup jauh. Cari pengalaman katanya’. Mereka yang duduknya dekat serta merta
mengulurkan tangan, menjabat tangan saya dengan ramah; sementara yang jauh
melambaikan tangan”.
“Saya masih belum sepenuhnya menguasai diri,
masih seperti dalam mimpi, ketika tiba-tiba saya dengar Kiai menawari, ‘Minum
kopi ya?!’ Saya mengangguk asal mengangguk. ‘Kopi satu lagi, Yu!’ kata Kiai kepada
wanita warung sambil mendorong piring jajan ke dekat saya. ‘Silakan! Ini
namanya rondo royal, tape goreng kebanggan warung ini! Lagi-lagi saya hanya
menganggukkan kepala asal mengangguk.”
“Kiai Tawakkal kemudian asyik kembali dengan
‘kawan-kawan’ -nya dan membiarkan saya bengong sendiri. Saya masih tak habis
pikir, bagaimana mungkin Kiai Tawakkal yang terkenal waliyullah dan dihormati
para kiai lain bisa berada di sini. Akrab dengan orang-orang beginian; bercanda
dengan wanita warung. Ah, inikah yang disebut lelana brata? Ataukah ini
merupakan dunia lain beliau yang sengaja disembunyikan dari umatnya? Tiba-tiba
saya seperti mendapat jawaban dari tanda tanya yang selama ini mengganggu saya dan
karenanya saya bersusah payah mengikutinya malam ini. O, pantas di keningnya
kulihat tanda itu. Tiba-tiba sikap dan pandangan saya terhadap beliau berubah.”
‘Mas, sudah larut malam,’tiba- tiba suara Kiai
Tawakkal membuyarkan lamunan saya. ‘Kita pulang, yuk!’ Dan tanpa menunggu
jawaban saya, Kiai membayari minuman dan makanan kami, berdiri, melambai kepada
semua, kemudian keluar. Seperti kerbau dicocok hidung, saya pun mengikutinya.
Ternyata setelah melewati kebon sengon, Kiai Tawakkal tidak menyusuri
jalan-jalan yang tadi kami lalui. ‘Biar cepat, kita mengambil jalan pintas
saja!’ katanya.”
“Kami melewati pematang, lalu menerobos hutan,
dan akhirnya sampai di sebuah sungai. Dan, sekali lagi saya menyaksikan
kejadian yang menggoncangkan. Kiai Tawakkal berjalan di atas permukaan air
sungai, seolah-olah di atas jalan biasa saja. Sampai di seberang, beliau
menoleh ke arah saya yang masih berdiri mematung. Beliau melambai. ‘Ayo!’
teriaknya. Untung saya bisa berenang; saya pun kemudian berenang menyeberangi
sungai yang cukup lebar. Sampai di seberang, ternyata Kiai Tawakkal sudah
duduk-duduk di bawah pohon randu alas, menunggu. ‘Kita istirahat sebentar,’
katanya tanpa menengok saya yang sibuk berpakaian. ‘Kita masih punya waktu,
insya Allah sebelum subuh kita sudah sampai pondok.’
Setelah saya ikut duduk di sampingnya, tiba-tiba
dengan suara berwibawa, Kiai berkata mengejutkan, ‘Bagaimana? Kau sudah
menemukan apa yang kaucari? Apakah kau sudah menemukan pembenar dari tanda yang
kaubaca di kening saya? Mengapa kau seperti masih terkejut? Apakah kau yang
mahir melihat tanda-tanda menjadi ragu terhadap kemahiranmu sendiri?’ Dingin
air sungai rasanya semakin menusuk mendengar rentetan pertanyaan beliau yang
menelanjangi itu. Saya tidak bisa berkata apa-apa. Beliau yang kemudian terus
berbicara.
‘Anak muda, kau tidak perlu mencemaskan saya
hanya karena kau melihat tanda “Ahli Neraka” di kening saya. Kau pun tidak
perlu bersusah-payah mencari bukti yang menunjukkan bahwa aku memang pantas
masuk neraka. Karena, pertama, apa yang kau lihat belum tentu merupakan hasil
dari pandangan kalbumu yang bening.
Kedua, kau kan
tahu, sebagaimana neraka dan sorga, aku adalah milik Allah. Maka terserah
kehendak-Nya, apakah Ia memasukkan diriku ke sorga atau neraka. Untuk
memasukkan hamba-Nya ke sorga atau neraka, sebenarnyalah Ia tidak memerlukan
alasan. Sebagai kiai, apakah kau berani menjamin amalmu pasti mengantarkanmu ke
sorga kelak? Atau kau berani mengatakan bahwa orang-orang di warung yang tadi
kau pandang sebelah mata itu pasti masuk neraka? Kita berbuat baik karena kita
ingin dipandang baik oleh-Nya, kita ingin berdekat-dekat dengan-Nya, tapi kita
tidak berhak menuntut balasan kebaikan kita. Mengapa? Karena kebaikan kita pun
berasal dari-Nya. Bukankah begitu?’
Aku hanya bisa menunduk. Sementara Kiai Tawakkal
terus berbicara sambil menepuk-nepuk punggung saya. ‘Kau harus lebih
berhati-hati bila mendapat cobaan Allah berupa anugerah. Cobaan yang berupa
anugerah tidak kalah gawatnya dibanding cobaan yang berupa penderitaan.
Seperti mereka yang di warung tadi; kebanyakan mereka orang susah. Orang susah
sulit kau bayangkan bersikap takabbur; ujub, atau sikap-sikap lain yang
cenderung membesarkan diri sendiri. Berbeda dengan mereka yang mempunyai
kemampuan dan kelebihan: godaan untuk takabbur dan sebagainya itu datang setiap
saat. Apalagi bila kemampuan dan kelebihan itu diakui oleh banyak pihak’
Malam itu saya benar-benar merasa mendapatkan
pemahaman dan pandangan baru dari apa yang selama ini sudah saya ketahui.
‘Ayo kita pulang!’ tiba-tiba Kiai bangkit.
‘Sebentar lagi subuh. Setelah sembahyang subuh nanti, kau boleh pulang.’ Saya
tidak merasa diusir; nyatanya memang saya sudah mendapat banyak dari kiai luar
biasa ini.”
“Ketika saya ikut bangkit, saya celingukan. Kiai
Tawakkal sudah tak tampak lagi. Dengan bingung saya terus berjalan. Kudengar
azan subuh berkumandang dari sebuah surau, tapi bukan surau bambu. Seperti
orang linglung, saya datangi surau itu dengan harapan bisa ketemu dan berjamaah
salat subuh dengan Kiai Tawakkal. Tapi, jangankan Kiai Tawakkal, orang yang
mirip beliau pun tak ada. Tak seorang pun dari mereka yang berada di surau itu
yang saya kenal. Baru setelah sembahyang, seseorang menghampiri saya. ‘Apakah
sampeyan Jakfar?’ tanyanya. Ketika saya mengiyakan, orang itu pun menyerahkan
sebuah bungkusan yang ternyata berisi barang-barang milik saya sendiri. ‘Ini
titipan Mbah Jogo, katanya milik sampeyan.’
‘Beliau di mana?’ tanya saya buru-buru.
‘Mana saya tahu?’ jawabnya. ‘Mbah Jogo datang dan
pergi semaunya. Tak ada seorang pun yang tahu dari mana beliau datang dan ke
mana beliau pergi.’
Begitulah ceritanya. Dan Kiai Tawakkal alias Mbah
Jogo yang telah berhasil mengubah sikap saya itu tetap merupakan misteri.”
Gus Jakfar sudah mengakhiri ceritanya, tapi kami
yang dari tadi suntuk mendengarkan masih diam tercenung sampai Gus Jakfar
kembali menawarkan suguhannya.
Rembang, Mei 2002
KH. Dr. A. Mustofa Bisri, Pengajar di Pondok
Pesantren Taman Pelajar Raudlatut Thalibin,
Rembang, Jawa Tengah.
sahabatku semua yang dirahmati Allah.
siapakah seseorang yang mampu mendapatkan karomah tersebut ?
Karomah menurut bahasa/lughoh sama dengan Aza-zah
artinya kemuliaan (munjid hal 682) . Pengertian karomah menurut Syeck Ibrahim
Al Bajuri dalam kitabnya “Tuhfatul Murid” hal 91 bahwa karomah adalah” sesuatu
luar biasa yang tampak dari kekuasaan seorang hamba yang telah jelas
kebaikannya yang diteyapkan karena adanya ketekunan didalam mengikuti syariat
nabi dam mempunyai i’tiqod yang benar”
b. Menurut Hakim At-Tirmidz Adapun yang dimaksud
karamah al-awliya’ tiada lain, kemuliaan, kehormatan,(al-ikram); penghargaan
(al-taqdir); dan persahabatan (al-wala) yang dimiliki para wali Allah berkat
penghargaan, kecintaan dan pertolongan Allah kepada mereka. Karamah al-awliya
itu, dalam pandangan Hakim at-Tirmidzi, merupakan salah satu ciri para wali
secara lahiriah (‘alamat al-awliya’ fi al-zhahir) yang juga dinamakannya
al-ayat atau tanda-tanda.
c. Karamah secara bahasa adalah kemuliaan, namun
secara istilah dalam agama maka banyak makna yg berbeda, yaitu pada muamalah
(pergaulan) karamah adalah orang yg mulia dan dermawan, pada bab Tasawwuf
karamah adalah kelebihan yg Allah berikan pada orang yg shalih berupa keajaiban
d. Imam Qusyairi menjelaskan karomah sebagai
penampakan karomah merupakan tanda-tanda kebenaran sikap dan kelakuan
seseorang. Barangsiapa yang tidak benar sikap dan kelakuannya, maka tidak dapat
menunjukkan kekaromahannya. Dan Allah yang maha Qodim memberi tahu kepada kita
agar membedakan orang yang benar dan mana yang batil. [Abul Qosim Abdul Karim
Hawazim Qusyairi Naisabury, Risaltul Qusyairiyah, Darul Khoir, halaman 353]
e. Karomah ialah suatu perkara (mencakup ucapan dan perbuatan)yang telah melanggar (keluar) dari adat kebiasaan manusia, yang selamat dari berbagai sanggahan (hal-hal yang membatalkannya) yang Allah berikan kepada hambanya yang shalih.
f. Istilah karomah berasal dari bahasa Arab.
Secara bahasa berarti mulia . Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang
mengistilahkan karomah dengan keramat diartikan suci dan dapat mengadakan
sesuatu diluar kemampuan manusia biasa karena ketaqwaanya kepada Tuhan. [Dept.
P&K, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka Jakarta, halaman 483]
g. Syaikh Thohir bin Sholeh Al-Jazairi
mengartikan kata karomah adalah perkara luar biasa yang tampak pada seorang
wali yang tidak disertai dengan pengakuan seorang Nabi. [Thohir bin Sholeh
Al-Jazairi, Jawahirul Kalamiyah, terjemahan Jakfar Amir, Penerbit Raja Murah
Pekalongan, hal. 40]
Klasifikasi manusia yang mendapatkan karomah:
1. Wali Aqthab atau Wali Quthub
Wali yang sangat paripurna. Ia memimpin dan menguasai wali diseluruh alam semesta. Jumlahnya hanya seorang setiap masa. Jika wali ini wafat, maka Wali Quthub lainnya yang menggantikan.
2. Wali Aimmah
Pembantu Wali Quthub. Posisi mereka menggantikan Wali Quthub jika wafat. Jumlahnya dua orang dalam setiap masa. Seorang bernama Abdur Robbi, bertugas menyaksikan alam malakut. Dan lainnya bernama Abdul Malik, bertugas menyaksikan alam malaikat.
3. Wali Autad
Jumlahnya empat orang. Berada di empat wilayah penjuru mata angin, yang masing-masing menguasai wilayahnya. Pusat wilayah berada di Kakbah. Kadang dalam Wali Autad terdapat juga wanita. Mereka bergelar Abdul Haiyi, Abdul Alim, Abdul Qadir dan Abdu Murid.
4. Wali Abdal
Abdal berarti pengganti. Dinamakan demikian karena jika meninggal di suatu tempat, mereka menunjuk penggantinya. Jumlah Wali Abdal sebanyak tujuh orang, yang menguasai ketujuh iklim. Pengarang kitab Futuhatul Makkiyah dan Fushus Hikam yang terkenal itu, mengaku pernah melihat dan bergaul baik dengan ke tujuh Wali Abdal di Makkatul Mukarramah.
Pada tahun 586 di Spanyol, Ibnu Arabi bertemu Wali Abdal bernama Musa al-Baidarani. Abdul Madjid bin Salamah sahabat Ibnu Arabi pernah bertemu Wali Abdal bernama Mu’az bin al-Asyrash. Beliau kemudian menanyakan bagaimana cara mencapai kedudukan Wali Abdal. Ia menjawab dengan lapar, tidak tidur dimalam hari, banyak diam dan mengasingkan diri dari keramaian.
5. Wali Nuqoba’
Jumlah mereka sebanyak 12 orang dalam setiap masa. Allah memahamkan mereka
tentang hukum syariat. Dengan demikian mereka akan segera menyadari terhadap semua
tipuan hawa nafsu dan iblis. Jika Wali Nuqoba’ melihat bekas telapak kaki
seseorang diatas tanah, mereka mengetahui apakah jejak orang alim atau bodoh,
orang baik atau tidak.
6. Wali Nujaba’
Jumlahnya mereka sebanyak 8 orang dalam setiap masa.
7. Wali Hawariyyun
Berasal dari kata hawari, yang berarti pembela. Ia adalah orang yang membela agama Allah, baik dengan argumen maupun senjata. Pada zaman nabi Muhammad sebagai Hawari adalah Zubair bin Awam. Allah menganugerahkan kepada Wali Hawariyyun ilmu pengetahuan, keberanian dan ketekunan dalam beribadah.
8. Wali Rajabiyyun
Dinamakan demikian, karena karomahnya muncul selalu dalam bulan Rajab. Jumlah mereka sebanyak 40 orang. Terdapat di berbagai negara dan antara mereka saling mengenal. Wali Rajabiyyun dapat mengetahui batin seseorang. Wali ini setiap awal bulan Rajab, badannya terasa berat bagaikan terhimpit langit. Mereka berbaring diatas ranjang dengan tubuh kaku tak bergerak. Bahkan, akan terlihat kedua pelupuk matanya tidak berkedip hingga sore hari. Keesokan harinya perasaan seperti itu baru berkurang. Pada hari ketiga, mereka menyaksikan peristiwa ghaib.Berbagai rahasia kebesaran Allah tersingkap, padahal mereka masih tetap berbaring diatas ranjang. Keadaan Wali Rajabiyyun tetap demikian, sesudah 3 hari baru bisa berbicara.Apabila bulan Rajab berakhir, bagaikan terlepas dari ikatan lalu bangun. Ia akan kembali ke posisinya semula. Jika mereka seorang pedagang, maka akan kembali ke pekerjaannya sehari-hari sebagai pedagang.
9. Wali Khata
Khatam berarti penutup. Jumlahnya hanya seorang dalam setiap masa. Wali Khatam bertugas menguasai dan mengurus wilayah kekuasaan ummat nabi Muhammd,saw.
sahabatku yang dirahmati Allah.
Fungsi Karomah
Karomah itu memiliki empat fungsi:
Pertama: Menjelaskan kodrat Allah
yang sempurna di mana ia terjadi karena izin dari Allah.
Kedua: Membuktikan kedustaan pendapat yang berkata, alamlah yang berbuat karena jika tabiat yang berbuat niscaya ia berjalan lurus rapi tidak berubah jika kebiasaan dan tabiat berubah maka ia adalah bukti bahwa alam memiliki Tuhan yang mengatur.
Ketiga: Ia adalah ayat bagi Nabi
yang diikuti seperti yang telah dijelaskan.
Keempat: Ia meneguhkan dan penghormatan bagi wali yang bersangkutan.
Pembagian Karomah
Karomah terbagi menjadi dua bagian: Bagian yang berkaitan
dengan ilmu dan mukasyafah dan bagian lain yang berkaitan dengan kodrat dan
pengaruh.
1. Yang berkait dengan ilmu: Seseorang
mendapatkan ilmu yang tidak didapatkan oleh orang lain.
2. Yang berkait dengan mukasyafah: Seseorang dibukakan untuknya apa yang tidak dibukakan untuk orang lain.
Contoh yang pertama – ilmu – adalah Abu Bakar,
Allah membuatnya mengetahui janin di rahim istrinya, bahwa janinnya adalah
perempuan. Hal ini disebutkan dalam al-Ishabah karya Hafizh Ibnu Hajar
Contoh yang kedua – mukasyafah – Amirul Mukminin
Umar bin al-Khattab, dia berkhutbah pada hari Jum’at di atas mimbar. Para hadirin mendengar Umar berkata, “Hai Sariyah,
gunung.” Mereka terkejut kemudian mereka bertanya tentang hal itu kepadanya.
Maka Umaar menjelaskan bahwa telah dibukakan untuknya pasukan yang dipimpin
oleh Sariyah bin Zanyam – salah seorang panglima di Irak – dikepung musuh maka
Umar mengintruksikannya ke gunung. Dia berkata, “Hai Sariyah, gunung.” Sariyah
mendengar suara Umar dan dia mundur ke gunung dan berbenteng dengannya.
Ini termasuk mukasyafah, ia terjadi hanya saja
tidak sering.
Adapun kodrat dan pengaruh maka contohnya adalah
Maryam yang menggoyang batang kurma lalu buahnya berjatuhan.
Juga seperti yang memiliki ilmu tentang kitab
yang berkata kepada Sulaiman, “Aku mendatangkan istana Ratu Bilqis ke sini
sekejap mata.
Karomah Tidak Terputus Sampai Hari Kiamat
Bahwa karomah akan terus ada sampai hari Kiamat
ditetapkan oleh dalil naqli dan aqli.
Dalil naqli: Rasulullah mengabarkan dalam kisah Dajjal bahwa dia memanggil seorang pemuda, pemuda tersebut hadir dan berkata, “Kamu berdusta. Kamu hanyalah Dajjal al-Masih di mana Rasulullah telah memberitakan kepada kami tentang dirimu.” Maka Dajjal memenggal tubuh pemuda tersebut menjadi dua. Setengahnya dilempar ke sana setengahnya lagi ke sini dengan jarak yang sangat jauh. Dajjal berjalan di antara keduanya. Kemudian dia memanggilnya maka pemuda tersebut bangkit dengan wajah berseri-seri, Dajjal memanggilnya agar dia mengakuinya sebagai tuhan. Pemuda tersebut menjawab, “Pada hari ini aku semakin yakin bahwa kamu adalah Dajjal.” Dajjal hendak membunuhnya tetapi dia tidak mampu melakukannya
Ketidakmampuan Dajjal membunuh pemuda tersebut
adalah temasuk karomah tanpa ragu.
Dalil aqli: Selama penyebab karomah adalah perwalian maka ia akan terus ada sampai hari Kiamat karena perwalian akan terus ada.
Dari Syarh al-Aqidah al-Wasithiyah, Syaikh
Ibnu Utsaimin
“KAROMAH itu tidak diberikan kepada orang
yang mencarinya dengan hawa nafsunya, tidak pula diberikan kepada orang yang
amalannya digunakan hanya untuk mencari KAROMAH semata, KAROMAH itu hanya bagi
orang yang selalu disibukkan dengan pekerjaan-pekerjaan yang disenangi
ALLAH. dan tidak menaruh harapan dari kebiasaan diri dan amalannya. [SYEKH ABU
HASAN ASY-SYADZILI.RA]“
semoga bermanfaat.
tidak heran aku dngn karomah karna guruku sendiri berkaromah..........
BalasHapusTyan,udah baca dari awal sampe habis? Kl membaca itu diproses dgn pikiran, bukan dgn kesombongan. Tyan perlu ketemu langsung dgn kiyai tawakal biar lebih paham.
BalasHapus