Minggu, 18 September 2011

Nama lokasi Anambas Sinopsis Kabupaten Anambas adalah bagian dari provinsi Riau Kepulauan. ..>>>


Nama lokasi Anambas Sinopsis
Kabupaten Anambas adalah bagian dari provinsi Riau Kepulauan.

Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:

Spoiler for Keindahan:

Spoiler for Keindahan:

Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:

Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:

Spoiler for Keindahan:

Spoiler for Keindahan:

Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:

Spoiler for Keindahan:

Spoiler for Keindahan:

Spoiler for Keindahan:

Spoiler for Keindahan:

Spoiler for Keindahan:

Spoiler for Keindahan:

Spoiler for Keindahan:



Adanya peninggalan kapal tenggelam yang bernama “Seven Skies”. Secara umum letaknya yang dekat dengan Singapore memberikan aksesibilitas yang cukup mudah bagi “live aboard”. Anambas lebih banyak di akses melalui laut dengan menggunakan hotel terapung (“liveaboard”) dari Singapore.
Lokasi penyelamannya tersebar dalam jarak yang berjauhan, karenanya sangat efektif untuk dijelajahi dengan liveaboard. Lokasi ini menyajikan atraksi bawah laut yang tak terduga, sekali-sekali kesannya sepi dan tak menarik, namun tiba-tiba seekor whaleshark bisa saja melintas. Cocok bagi orang-orang yang suka menikmati laut dan bersantai di bawah sinar matahari dengan ditemani oleh birunya air laut
Total dive site 6 Aksesibilitas Udara 1/2 Laut Udara Jakarta - Singapore / 1jam 40menit, Jakarta - Batam - Matak (pp) Darat Laut Live Aboard / Matak- Tarempa (laut), Jakarta-Tanjung Pinang-Tarempa (PELNI) Bulan terbaik bagi penyelam April - Mei , September - Oktober Bulan terjelek bagi penyelam Desember - Februari Suhu rata-rata 30°c Object wisata lainnya Wisata Sejarah, Air Terjun, Hiking Makanan khas Lakse: makan dari tepung sagu yang dibuat menjadi mie Budaya khas Melayu, Tionghoa Bahasa daerah Melayu Additional info Kabupaten Anambas adalah bagian dari provinsi Riau Kepulauan. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 47.040,6 Km persegi, dengan wilayah daratnya hanya seluas 996,6 Km persegi sementara sisanya adalah lautan.Sebagai kabupaten maritim wilayah Anambas



pantai-padang-melang
WISATA BAHARI
Selat Rangsang
Memiliki pemandangan alam yang menawan berupa beberapa pulau berbukit yang rimbun. Perairan tenang yang berada di Kecamatan Siantan Timur ini sangat cocok untuk tempat bersantai sambil melakukan berbagai aktivitas bahari seperti snorkeling, renang dan bersampan atau sekedar berjemur dipantainya yang berpasir putih dan halus.
Menilik Pulau Durai
Pulau mungil yang terletak di Kecamatan Palmatak ini adalah tempat konservasi penyu di Kepulauan Anambas. Menjelang sore puluhan penyu betina mendarat ke bibir pantai, lalu menggali pasir pantai untuk bertelur. Pulau Durai dengan Pantainya yang indah, berpasir putih dan dipenuhi penyu di sore hari adalah andalan wisata di Kepulauan Anambas.
Pulau Bawah
Gugusan Pulau Bawah terdiri dari empat gugusan pulau kecil lainnya dengan luas keseluruhan 99,739 hektar. Jarak tempuh dari tarempa ke Pulau Bawah sekitar 7 jam bila menggunakan alat transportasi pompong (perahu bermotor), sementara bila menggunakan speed boat sekitar 4 jam. Berbagai eksotisme akan ditawarkan kepada Anda, antara lain adalah Diving, Snorkeling, Fishing, Swimming, dll
Pantai Padang Melang
Pantai yang berada di Kecamatan Jemaja ini dapat dijangkau dengan kendaraan roda 2 selama kurang lebih 30 menit dari Letung, ibukota Kecamatan Jemaja. Pantai ini memiliki panjang mencapai lebih dari 7 Km. Pasirnya sangat landai dan bentangannya cukup lebar sehingga sering digunakan masyarakat untuk lomba bola volley pantai bahkan motor cross. Bentuk pantai yang melengkung, dikelilingi perbukitan dan perairannya tenang sehingga kerap digunakan sejumlah kapal nelayan untuk tempat berlabuh. Pada saat-saat tertentu sering digelar pentas hiburan seperti pentas kesenian, pemutaran layar tancap, dan lainnya.
Pulau Penjalin
Merupakan salah satu pulau terindah di Kabupaten Kepulauan Anambas yang terletak di Kecamatan Palmatak. Pemandangan alamnya indah berhias pulau-pulau mungil disekitar perairannya. Pantainya berpasir putih dan lembut, sangat cocok untuk tempat berjemur dan melakukan bermacam aktifitas pantai lainnya. Perairannya tenang, berair biru dan dihiasi bermacam ornamen bebatuan bermacam bentuk dan ukiran. Sangat cocok sebagai tempat olahraga air seperti menyelam, snorkeling, renang maupun bersampan.
WISATA ALAM
Air Terjun Air Bunyi
Air Terjun Air Bunyi terletak di Kecamatan Siantan Selatan. Air terjun yang diapit oleh bebatuan besar ini memiliki ciri khusus apabila dibandingkan dengan Air Terjun Temburun maupun Air Terjun Neraja. Air Terjun Air Bini tidaklah berundak, melainkan langsung jatuh vertikal ke muara kolam alam.
Air Terjun Temburun
Layaknya rambut seorang Bidadari yang terurai panjang, aliran Air Terjun Temburun sungguh mempesona. Memiliki kontur berundak-undak sebanyak 7 tingkat. Air terjun ini menantang untuk ditaklukkan. Berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan, air terjun ini menanti kunjungan anda.
Air Terjun Neraja (Ulu Maras)
Air Terjun Neraja terletak di Pulau Jemaja, Kab. Kep. Anambas tepatnya di desa Ulu Maras. Air yang jernih, melewati bebatuan yang bertingkat-tingkat dan bermuara pada 2 buah kolam alam. Gemericik serta jernih airnya akan menggoda anda untuk sejenak berendam seraya menikmati kesegaran dinginnya anugerah Tuhan.
WISATA SPIRITUAL
Makam Keramat Siantan
Merupakan makam raja keturunan raja Johor. Lokasinya berada di Kecamatan Siantan Tengah. Makam ini kerap dikunjungi wisatawan dari negeri Johor, Malaysia untuk berziarah dan sebagainya.
Vihara Gunung Dewa
Bangunan yang lebih dikenal sebagai klenteng ini berada di Tarempa, Ibukota Kab. Kep.Anambas. Viraha berwarna merah cerah dan kuning ini berada di sebuah tebing bebatuan. Inilah salah satu keunikan Vihara ini. Bangunan Vihara ini akan mudah terlihat dari kejauhan saat anda masih berada di pompong. Pemandangan teluk dan selat serta suasana Kota Tarempa menjadi eksotisme Vihara Gunung Dewa.
Masjid Jamik Tarempa
Mesjid Tua yang diperkirakan berdiri tahun 1925 ini berada di Tarempa (Ibukota Kab. Kep.Anambas), Kecamatan Siantan. Arsitektur Masjid ini cukup menarik, terutama bentuk kubah dan menaranya. Begitu juga dengan pintunya yang terbuat dari kayu berukuran besar. Dipelataran Masjid terdapat bedug tua, sedangkan didalamnya terdapat mimbar dari kayu yang berbentuk unik dan berusia tua.
WISATA BUDAYA
Cecah Inai
Acara ini merupakan salah satu bagian dari serangkaian perkawinan adat Melayu Pulau. Pengantin pria datang ke rumah pengantin wanita, kemudian disandingkan di pelaminan untuk diberi do’a, inai (pewarna alami), wewangian dan penaburan kembang.
Tari Gubang
Tarian Gubang berasal dari daerah Jemaja adalah salah satu tarian yang penuh dengan kehidupan mistik (makhluk halus). Gubang telah berusia lebih kurang 500 tahun, dan pemain-pemain yang ada sekarang ini adalah generasi ke-5.Gubang adalah suatu tarian atau permainan yang dilakukan oleh para makhlus halus “orang bunian” pada zaman dahulu kala.Permainan gubang ini dilaksanakan pada malam hari hingga fajar menyingsing yang pada awalnya bertujuan untuk acara ritual sebuah pengobatan.Dengan perkembangan zaman dan pergantian waktu permainan gubang telah berubah menjadi sebuah kesenian.
KERAJINAN
Aneka Kerajinan dari Batang Kelapa Salah satu kerajinan tangan khas Kabupaten Kepulauan Anambas adalah kerajinan dari Batang Kelapa seperti asbak, tempat buah, tas wanita, kursi, meja, pilar tangga, dan lainnya. Proses pembuatannya dapat dijumpai di Desa Air Asuk, Kecamatan Siantan Tengah.
KULINER
Penganan Tradisional dan Kopi Bermacam penganan tradisional khas Kabupaten Kepulauan Anambas seperti bakwan goreng, lemper, nasi dagang, luti goreng, dan gado-gado melayu serta kopi. Ada juga cemilan khas Anambas, Kerupuk Atom, yang terbuat dari ikan tongkol yang lezat dan gurih.Biasaya dijual di kedai-kedai kopi yang banyak terdapat di Kota Tarempa, Kecamatan Siantan. Penganan khas Anambas lainnya adalah lempok Durian yang dibuat dari buah durian Siantan yang sangat lezat. Lempok Durian Siantan ini memiliki rasa yang sangat khas dan lebih legit dibandingkan dengan Lempok Durian asal Sumatera ataupun Kalimantan.
Mie Tarempa
Mie Tarempa merupakan makanan khas Melayu Pulau, banyak ditemui di Kota Tarempa, Kecamatan Siantan, oleh karena itu disebut Mie Tarempa atau juga Mie Siantan.Mie Goreng ini berbahan mie kuning dari tepung terigu, telur, kecambah dan tentunya potongan ikan laut yang digoreng dengan bumbu cabe, kecap dan lainnya. Plihan lainnya Mie Tiaw (di daerah lain dikenal dengan kwi tiaw), dan Lakse Kari yang memiliki kuah enak dan pedas serta kaya akan rempah-rempah dengan bumbu kombinas ala Tionghoa dan Melayu.

Biota Laut




Ditulis oleh Administrator   
Jumat, 30 Juli 2010 08:05
Perairan laut Kepulauan Anambas sangat kaya akan jenis-jenis ikan karang yang selama ini ditangkap para nelayan dengan menggunakan alat tangkap pancing. Jenis alat tangkap ini sangat selektif sehingga sangat ramah lingkungan. Beberapa jenis ikan ekonomis penting yang terdapat di perariran Kepulauan Anambas dan yang tertangkap oleh nelayan adalah sebagai berikut :
• Jenis Ikan Karang : Kerapu, Kakap Merah, Ekor Kuning, Gerot-Gerot, Jenaha, Lemak,   Kea-Kea, Lencam, Pisang-Pisang, dan Beronang
• Jenis Ikan Dasar : Kurisi, Swangi Mata Besar, Langkau, Gulamah, Torani, Belanak,   Manyung, dan Belodog.
• Jenis Ikan Permukaan : Tongkol, Tenggiri, Kembung, Cendro, Kuwe, Setuhuk, Alu-Alu,   Selar, dan Layur.
• Jenis Penyu : Sisik (Eretmochelys imbricata) dan Belimbing (Dermochelys coriacea)
• Jenis Krustasea : Udang Karang (Panulirus sp), Udang Windu (Penaeus monodon), Udang   Putih (Penaeus merguensis), Udang Api-Api (Metapenaeus monoceros), Kepiting Bakau   (Scylla serrata), Rajungan (Portunus pelagicus), dan Rajungan Bintang (Portunus   sanguinolentus).
• Jenis Echinodermata : Teripang (Holothuria scabra), Bintang Laut (Lichia laevigata),   dan Bulu Babi (Diadema setosum).
• Jenis Moluska : Keong Laut, Kerang, Kima Pasir (Hippopus hippopus), Kima Luang   (Tridacna crocea), dan Cumi-Cumi (Loligo vulgaris)
• Jenis Lainnya : Lumba-Lumba (Tursiops adunctus), Hiu/Cucut Macan (Carcharias    menissorah), dan Pari Burung (Aetobatis narinari).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar