Senin, 19 September 2011

Ambon masih mencekam....>>>... laporan Aziz, Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ambon, sampai saat ini jumlah pengungsi di Masjid Jami’ Ambon ada 142 KK yang terdiri dari 530 jiwa. Sementara jumlah pengungsi di Masjid Al-Fatah Ambon ada 75 KK yang terdiri dari 330 jiwa.....>>>.... Koresponden Arrahmah.com di TKP mengabarkan hari ini, Senin (19/09/2011) bahwa sebenarnya kondisi di Ambon masih mencekam. Para pengungsi memilih untuk bertahan di masjid-masjid ketimbang kembali ke tempat asal mereka. Selain karena kampung mereka, salah satunya kampung Waringin, sudah ludes dibakar massa kristen, hingga saat ini kampung tersebut memang belum bias ditempati kembali. Ratusan keluarga Muslim dari kampung Waringin hingga saat ini hidup di pengungsian dalam keadaan yang memprihatinkan. ....>>>


Kondisi Ambon masih mencekam, pengungsi Muslim masih bertahan

M. Fachry
Senin, 19 September 2011 19:29:55
Hits: 1873
AMBON (Arrahmah.com) – Bagaimana kondisi Ambon pasca kerusuhan 11/9 ? Banyak media, terutama media-media sekuler memberitakan bahwa kondisi di Ambon sudah kondusif dan aman kembali. Namun, pantauan koresponden Arrahmah.com di TKP, kondisi Ambon masih mecekam. Para pengungsi Muslim lebih memilih bertahan di masjid dan tidur kedinginan tanpa selimut. Kaum Muslimin wajib bantu!
Ambon masih mencekam
Kalau saja kondisi di Ambon sudah aman dan kondusif pasca kerusuhan 11/9, sudah tentu para pengungsi Muslim, terutama dari wilayah yang ludes dibakar massa Kristen, yakni kampung Waringin, pulang kembali ke kampung asal mereka. Selain ketidak jelasan nasib mereka di kampung asalnya, kerena rumah mereka terbakar, para pengungsi Muslim ini juga khawatir dan masih merasa takut dengan kondisi keamanan di Ambon.
Koresponden Arrahmah.com di TKP mengabarkan hari ini, Senin (19/09/2011) bahwa sebenarnya kondisi di Ambon masih mencekam. Para pengungsi memilih untuk bertahan di masjid-masjid ketimbang kembali ke tempat asal mereka. Selain karena kampung mereka, salah satunya kampung Waringin, sudah ludes dibakar massa kristen, hingga saat ini kampung tersebut memang belum bias ditempati kembali.
Ratusan keluarga Muslim dari kampung Waringin hingga saat ini hidup di pengungsian dalam keadaan yang memprihatinkan.  Mereka lebih memilih untuk tidur kedinginan tanpa selimut, sampai anak mereka ada yang terkena muntaber. Bahkan pagi tadi, Senin (19/09/2011) ada seorang ibu yang terpaksa meminta uang kepada seorang Ustadz karena sudah tidak memiliki uang sama sekali, dan tidak bisa mendapatkan makanan.
Para pengungsi tidur kedinginan di lantai masjid
Kondisi para pengungsi Muslim di Ambon juga sangat memprihatinkan. Koresponden Arrahmah.com mengabarkan dari TKP bahwa mereka terpaksa harus tidur di ruangan terbuka di lantai serambi masjid, tanpa selimut. Padahal, di Ambon saat ini sering turun hujan sehingga membuat suasana dingin menusuk tulang. Kondisi ini mengakibatkan balita dan anak-anak pengungsi mudah sakit.
Sementara itu, kaum Muslimin di kampung-kampung masih tetap waspada dan bersiaga mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi. Mereka tidak ingin kaum Muslimin kembali menjadi korban kedzoliman dan kebiadaban fihak Kristen tanpa ada perlawanan. Kaum Muslimin masih takut dan khawatir akan kerusuhan berikutnya, untuk itu mereka tetap bersiaga penuh.
Sayangnya, hingga saat ini kepedulian pemerintah terhadap kerusuhan Ambon masihlah sangat kurang. Belum ada tanda-tanda tindakan tegas dari aparat untuk mengusut tuntas para pelaku penusukan kepada tukuang ojek Muslim yang menjadi pemicu kerusuhan Ambon, 11/9. Selain  itu, pemerintah juga tidak tanggap terhadap nasih para pengungsi, dan hal itu sangat disayangkan, sebagaimana disampaikan para relawan di TKP.  
 “Hal ini sangat disayangkan. Perhatian pemerintah terhadap pengungsi sangat kurang,” ujarnya.
Begitulah nasih kaum Muslimin Ambon yang menjadi kaum minoritas di tengah-tengah kaum mayoritas kristen. Padahal, negeri ini adalah negeri dengan mayoritas penduduk Islam terbesar di dunia. Ironis! Untuk itu, kaum Muslimin wajib membantu saudara Muslimnya di Ambon, dengan apapun yang mereka mampu, kerena mereka adalah bersaudara! Allahu Akbar!
(M Fachry/arrahmah.com)

Kondisi pengungsi kerusuhan Ambon memprihatinkan

Rasul Arasy
Ahad, 18 September 2011 14:45:36
Hits: 1947
AMBON (Arrahmah.com) – Meskipun kondisi kota Ambon diberitakan telah kondusif tetapi masih banyak Umat Muslim yang bertahan di masjid-masjid tempat pengungsian. Terlebih lagi adanya larangan pendirian posko bantuan membuat nasib para pengungsi pasca kerusuhan 9/11 masih memprihatinkan.
Menurut laporan Aziz, Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ambon, sampai saat ini jumlah pengungsi di Masjid Jami’ Ambon ada 142 KK yang terdiri dari 530 jiwa. Sementara jumlah pengungsi di Masjid Al-Fatah Ambon ada 75 KK yang terdiri dari 330 jiwa.
Jumlah pengungsi tersebut jelas melebihi kapasitas, selain itu pemerintah terkesan kurang memperhatikan kondisi para pengungsi. Bahkan diketahui seorang balita bernama Dian Binti Lasidi meninggal dunia di pengungsian pada Jum’at malam (16/9/2011) karena muntaber yang dideritanya tak tertangani.
Terkait hal tersebut, Azis sangat menyayangkan kurangnya kepedulian pemerintah terhadap nasib para pengungsi. “Hal ini sangat disayangkan. Perhatian pemerintah terhadap pengungsi sangat kurang,” ujarnya.
Lebih lanjut Aziz mengungkapkan bahwa hal tersebut diperparah karena adanya larangan pemerintah setempat untuk mendirikan posko dengan alasan agar tidak mencuat menjadi konflik nasional.
“Bahkan sejak hari pertama konflik, Pemerintah Daerah meminta tidak didirikan posko agar tidak mengemuka menjadi konflik nasional,” tutupnya. (voaI/arrahmah.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar