Rabu, 07 September 2011

Hutan batu terbesar & terindah no.2 Dunia, ternyata ada di Indonesia + pic.......>> Gili Air Lombok :..... Pantai dan laut nan bersih di kepulauan Lombok ....Hmmmmhmmm........Masya Allah....>>.... Jogya yang Unik: Kompleks Masjid Bawah Tanah di Taman Sari...... Sangat unik..dan sangat.... menyentuh.....>



Hutan batu terbesar & terindah no.2 Dunia, ternyata  ada di Indonesia + pic

ini data perjalanan ane gan waktu maen kesana
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10220172




Spoiler for notes:



Karst Maros world heritage di tanah celebes
Hutan batu terbesar & terindah no.2 Dunia


Deretan gugusan tebing cadas yang menjulang tinggi ke langit dan terbentang luas sampai 43.750 hektare.

Bersinergi dengan birunya langit yang kontras dengan hijaunya vegetasi yang masih alami, serta dinaungi kabut tipis, menjadikan suasana terasa sepi, hening, dan terkesan mistis tapi romantis. Yup! Kesan yang saya rasakan saat pertama kali menginjakkan kaki di kawasan karst Maros (tower karst) atau lebih dikenal dengan nama hutan Batu yang dinobatkan sebagai terluas dan terindah ke dua di dunia.






Hutan Batu yang merupakan world heritage ini terbentuk dari pelarutan batu gamping yang terjadi ribuan tahun yang lalu. Terletak di jalan poros antara makassar-toraja menjadikan lokasi wisata alam yang indah ini sebagai panorama taman alami yang disuguhkan bagi setiap orang yang melintasi jalan trans Sulawesi. Namun, objek wisata berkelas dunia ini masih belum terlalu di ekspos sehingga jarang dikunjungi oleh wisatawan. Padahal karst maros ini menyimpan banyak keunikan yang hanya bisa dijumpai di kawasan world heritage ini.

Terletak di desa Salengrang dusun Ramang-ramang, kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Kawasan karst maros bisa dicapai dengan transportasi darat dari kota Makassar kurang lebih 1,5 jam. Lalu untuk masuk ke kawasan hutan batu, kita harus menggunakan perahu nelayan setempat dengan melewati hutan bakau yang berpadu dengan pohon palem dan pandan yang tumbuh liar di kiri kanan jalur yang kita lalui. Sesekali kita melewati tebing-tebing cadas yang menjadi rumah bagi habitat salalah satu jenis burung elang. Namun yang membuat saya lebih takjub lagi saat melewati terowongan dari bongkahan batu cadas besar yang terbentuk secara alami. Perjalanan dengan menggunakan perahu ini butuh waktu kurang lebih setengah jam.






Keunikan Karst maros
Saat pertama menginjakkan kaki di kawasan hutan batu kita sudah disuguhi lanskap keras dari tebing-tebing cadas yang menjulang serta vegetasi hijau yang masih rapat. Namun ada beberapa hal yang menarik bisa kita jumpai dikawasan ini. Diantaranya sebagai berikut ;
Goa-Goa yang berjumlah 268 dan merupakan situs prasejarah Dunia.
Bukan saja stalaktit dan stalakmit yang indah disuguhkan oleh goa-goa yang ada dikawasan karst maros ini, namun ornamen goa yang terbentuk dari hasil pencucian batu karbonat secara alami menjadikan goa ini semakin cantik untuk di telusuri lebih dalam. Ditambah lukisan-lukisan di dinding goa yang merupakan penginggalan dari zaman prasejarah, serta beberapa peninggalan seperti gerabah dan mata panah bergerigi yang merupakan alat-alat manusia pada zaman prasejarah.
Selain itu disini pula ditemukan goa terpanjang di Indonesia, yakni goa Salukkan Kallang, yang panjangnya mencapai 27 km. serta goa yang terdalam di Indonesia yang berbentuk sumur tunggal, sedalam 260 meter. Di Leang Leaputte.

Biota Langka dan Endemik


Selain bentang alam yang menawan serta peninggalan prasejarah yang masih terawat. Kawasan hutan batu ini juga menyimpan biota langka dan endemik, yang di antaranya hanya satu-satunya di dunia. Seperti monyet hitam (Macaca maura) dan 125 jenis kupu-kupu langka. Namun ada beberapa hewan yang tegolong sangat langka dan belum teridentifikasi, seperti laba-laba goa jenis baru sebesar telapak tangan orang dewasa, ikan goa buta yang transparan, kepiting laba-laba, kelelawar berhidung cabang, udang goa buta yang bertubuh transparan, beberapa jenis jangkrik goa yang juga belum teridentifikasi, serta beberapa binatang endemik lainya.


Kawasan hutan batu ini sangat luas, cakupanya sampai melewati beberapa kabupaten di sulawesi selatan, bahkan masih satu kawasan dengan taman nasional Bantimurung yang di klaim oleh satu peneliti dari Inggris ALFRED Russel Wallace, sebagai istana kupu-kupu alami terbesar dan terlengkap di dunia. selain itu kawasan ini masih banyak menyimpan hal-hal unik lainya, hanya saja kawasan yang sangat luas ke dua setelah cina ini belum terlalu di explore oleh pemerintah setempat.teks dan foto sulfandi sultan

Spoiler for data pendukung:
Notes
1. Untuk mencapai kawasan ini kita bisa menggunakan transportasi darat dari kota Makassar ke desa salengrangang kabupaten maros (pintu masuk ke pabrik semen tonasa) ditempuh selamakurang lebih 1,5 jam

2. Tarif Sewa perahu nelayan dari desa salengrang ke kawasan hutan batu. Rp 50.000,- (6 orang)

3. Di kawasan ini tidak ada penginapan/hotel. Hanya rumah warga sebagai tempat menginap.

4. Tidak ada listrik, jadi bawa batre cadangan bagi yang ingin membawa kamera.

Karst Maros : World Heritage di Tanah Celebes


Karst Maros Hutan Batu Terbesar ke-2 di Dunia
INFOBACKPACKER.COM – Deretan gugusan tebing cadas yang menjulang tinggi ke langit dan terbentang luas sampai 43.750 hektare. Bersinergi dengan birunya langit yang kontras dengan hijaunya vegetasi yang masih alami, serta dinaungi kabut tipis, menjadikan suasana terasa sepi, hening, dan terkesan mistis tapi romantis. Yup! Kesan yang saya rasakan saat pertama kali menginjakkan kaki di kawasan karst Maros (tower karst) atau lebih dikenal dengan nama hutan Batu yang dinobatkan sebagai terluas  dan terindah ke dua di dunia.
Hutan Batu yang merupakan world heritage ini terbentuk dari pelarutan batu gamping yang terjadi ribuan tahun yang lalu. Terletak di jalan poros antara makassar-toraja menjadikan lokasi wisata alam yang indah ini sebagai panorama taman alami yang disuguhkan bagi setiap orang yang melintasi jalan trans Sulawesi.  Namun,  objek wisata berkelas dunia ini masih belum terlalu di ekspos sehingga jarang dikunjungi oleh wisatawan. Padahal  karst maros ini menyimpan banyak keunikan yang hanya bisa dijumpai di kawasan world heritage ini.
Terletak di desa salengrang dusun ramang-ramang , kabupaten maros, Sulawesi Selatan.  Kawasan karst maros bisa dicapai dengan transportasi darat dari kota Makassar kurang lebih 1,5 jam.  Lalu untuk masuk ke kawasan hutan batu, kita harus menggunakan perahu nelayan setempat dengan melewati hutan bakau yang berpadu dengan pohon palem dan pandan yang tumbuh liar di kiri kanan jalur yang kita lalui. Sesekali kita melewati tebing-tebing cadas yang menjadi rumah bagi habitat salalah satu jenis burung elang. Namun yang membuat saya lebih  takjub lagi saat melewati  terowongan dari bongkahan batu cadas besar yang terbentuk secara alami.  Perjalanan dengan menggunakan perahu ini butuh waktu kurang lebih setengah jam.
(Teks dan foto oleh Sulfandi Sultan)
 http://www.infobackpacker.com/karst-maros-world-heritage-di-tanah-celebes.htm

Kompleks Masjid Bawah Tanah di Taman Sari


http://www.infobackpacker.com/kompleks-masjid-bawah-tanah-di-taman-sari.htm

INFOBACKPACKER.COM – Masjid Bawah tanah ini masih berada dalam kawasan keraton Jogja dan merupakan bagian dari salah satu fasilitas komplek taman sari (komplek permandian Raja Jogja) masjid ini letaknya berada di bawah tanah, persisnya di bawah taman air (The Water Castle). Berbentuk melingkar dengan rongga-rongga jendela di masing-masing sisinya. Terdiri dari dua lantai dimana lantai bawah dipakai oleh jemaah wanita dan lantai atas untuk jemaah pria.


Tamansari, masjid bawah tanahTamansari, masjid bawah tanah

Di setiap lantai dapat kita temui ruangan tersendiri untuk imam yang memimpin solat. Kedua lantai dihubungkan dengan lima buah tangga yang melintang ditengah-tengah ruangan masjid tersebut, disertai kolam untuk berwudhu tepat di bawah tangga.
(Dokumentasi oleh Sulfandi Sultan)
Ulasan selengkapnya tentang Masjid Bawah Tanah dan Kompleks Taman Sari ini dapat Anda baca di Majalah Digital Info-Backpacker Edisi 9.

Gili Air Lombok : Pulau Kecil yang Masih Natural di Utara Lombok


http://www.infobackpacker.com/gili-air-lombok-pulau-kecil-yang-masih-natural-di-utara-lombok.htm


Gili Air Lombok

INFOBACKPACKER.COM – Gili air, merupakan salah satu bagian dari Tiga gili yang terdapat di Pulau Lombok.  Di Lombok, terdapat kawasan wisata dunia yang di kenal dengan nama Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili air. Di kawasan Gili air ini, terdapat Spot snorkeling dan diving yang sangat sayang untuk di lewatkan. Gili air merupakan pulau dengan luasan 170 Ha, dan berpenduduk yang jarang. Pulau ini merupakan tempat wisata favorit bagi mereka yang mencari ketenangan dan ingin lebih terlibat secara interaksi sosial dengan penduduk asli pulau ini.
Menjejakkan kaki di pulau  ini, memberikan suasana yang menarik, sinar matahari, pasir putih dan biru nya air laut menyambut kedatangan ku kali ini.  Kali ini aku berjalan menikmati keindahan Pulau Gili Air. Sebuah pulau yang terletak di Lombok. Pulau yang merupakan kawasan wisata favorit bagi para traveler dan backpacker yang ingin menyendiri dan menikmati indah nya suasana pedesaan khas Lombok.  Baru saja aku berjalan dari pelabuhan Gili Air, aku sudah di sambut dengan senyuman ramah masyarakat Pulau ini, senyuman ucapan selamat datang di indah nya Pulau kami. Suasana damai dan kekeluargaan di pulau ini, memberikan rasa nyaman bagi ku, seolah olah aku merupakan bagian dari mereka.
Berjalan menikmati indahnya sepanjang pantai di Gili Air, memberikan gambaran betapa cantik dan luasnya negeriku. Hamparan pasir putih yang membentang luas, air laut yang jernih berwarna biru, barisan terumbu karang dan ikan ikan karang yang selalu bermain dan menemani kita menjelajah alam mereka, laut negeri ku memang indah.
Selain pantai yang indah, di pulau ini, terdapat beberapa operator selam yang akan menemani kita dalam pengembaraan dunia bawah laut. Mereka juga  menawarkan memberikan kursus singkat untuk mengenal dunia bawah laut.  Tempat snorkling yang dapat kita kunjungi ada di bagian timur dari Gili Air, lebih tepatnya di bagian Timur dari pantai ini. Kita akan dimanjakan dengan  tarian ikan ikan karang yang akan menemani kita selama kita melakukan snorkeling. Tempat untuk melakukan snorkeling  sangat mudah untuk kita capai, hanya perlu berjalan menuju bibir pantai. Dan, voila. Ikan ikan karang akan menemani kita.  Kawasan snokling ini memiliki kedalaman sekitar 1 meter 50 cm sampai dengan kedalaman 3 meter.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar