Senin, 09 September 2013



Showing posts with label "Apaan Sih ?" The Basic of All Knowledge. Show all posts

Wednesday, September 23, 2009

Best Tips : Belajar Bahasa Inggris / Korea Paling Gampang


Belajar Bahasa Inggris/Korea Terbaik


Kalau anda sudah tahu tips ini, anda bisa lebih lancar ngomong Inggris dari guru bahasa Inggris anda. Kalau caranya benar, belajar bahasa Inggris, Korea atau apapun ternyata sangat gampang.

Pingin tahu kenapa anak-anak Inggris kecil-kecil sudah jago ngomong Inggris? Ini sebabnya. Caranya adalah mulai dari yang paling sederhana aja, which is obrolan pergaulan sehari-hari. Nah ini adalah tips-tips yang bikin belajar bahasa jadi seru.

1. Dengerin lagu-lagu keren.

Ini beberapa contoh lagu-Lagu Keren dengan Lirik Terkeren :

1. Coldplay, Fix You (2005) / Speed of Sound (2005).
2. Whitney Houston, One Moment in Time (1988).
3. The Police, Every Breath You Take (1983).
4. Freiheit, Keeping The Dream Alive (1988).
5. Starship, Nothing’s Gonna Stop Us Now (1987).
6. Oasis, Some Might Say (1995)
7. Bon Jovi, Livin’ On A Prayer (1986).
8. Van Halen, Not Enough (1995).
9. Robbie Williams, Angels (1997).
10. Matt Monroe, The Impossible Dream (1965).
11. OMD, Walking on Milky Way.
12. Michael Jackson, Man in The Mirror.
13. Julian Lennon, Saltwater.

2. Nonton Film yang Seru.
Silakan lihat ke link Daftar 10 Film-film Inspiratif dan 10 Film Terbesar, Terlaris, dan 1001 Hal Menarik Tentang Film, dll.
Film Korea? Coba lihat My Sassy Girl (comedy romance), Tae Guk Gi (film perang terbaik), dan The Host (Gwoemul, film monster, 2006).
3. Belajar Kata-Kata Mutiara dari Tokoh-Tokoh Dunia.Kata-kata mutiara adalah “Quote”, misalnya Einstein Quote, Napoleon Quote, Motivational Quotes, Leadership Quotes, Inspirational quotes, Love Quote, etc.

Lihat juga, Quotes dari tokoh-tokoh filsafat paling pintar, Socrates, Plato, Aristoteles.
4. Nonton serial “Friends”.
Seriously, lucu, seru, dan banyak pelajarannya, especially on “friendship”.
Kalau belajar bahasa Korea tonton : "Full House", "Memories in Bali", atau "Love Story in Harvard'.
5. Nonton video seru di Youtube dan kasih koment.
Lihat 5 video terlucu di Youtube.
6. Jalan-jalan di Internet

Browsing hal-hal yang seru seperti : superheroes, graphic design, top 10 movies, new movies, review film-film baru dari rogerebert.com, future technologies, etc.



Untuk Belajar Bahasa Korea ?
Lihat disini :
Belajar Bahasa Korea, Perkenalan (Anyong Haseyo!)Belajar bahasa Korea : Jalan-Jalan ke Korea!

Trims, dan selamat mencoba.

Friday, June 19, 2009

Inilah Resep Cara "Menciptakan Matahari dan Bintang-Bintang"


Bagaimana Cara Menciptakan Matahari?

Bagaimana cara manusia
bisa menciptakan Matahari ? Mungkinkah ? Tentu saja mungkin. Kira-kira seperti ini resepnya.


1. Matahari, intinya adalah bola plasma Hidrogen dan Helium raksasa. Itu saja. Jadi untuk menciptakan Matahari, kita cuma perlu... Hidrogen. Dan Hidrogen kan banyak di Bumi, seperti Air (H2O). Helium nanti akan tercipta dari fusi Hidrogen.

2. Lalu, Hidrogen yang sudah didapat kita rubah dulu jadi Hidrogen yang agak berat, namanya D dan T, Deuterium dan Tritium (2H dan 3H). Deuterium bisa didapat dari Air, dan Tritium bisa didapat dari batu alam (Lithium). Gampang kan? (Hehe).

3. Masukan semua bahan-bahan ini ke dalam wadah bulat sebesar kacang polong..

4. Lalu untuk memanaskannya, ibu-ibu, gunakan fokus energi dari 192 Laser raksasa untuk memanaskan bahan-bahan ini sampai suhu yang ekstrim, 100 juta derajat Celcius, dan tekanlah sampai milyaran kali tekanan atmosfir Bumi. Nyalakan.

5. Tunggu sebentar.. (bahkan tidak sampai 1 detik),... Bummm!!@#$!

6. Jadilah Matahari Miniatur kita.

7. Selamat menikmati, lebih enak selagi panas.
Ilmuwan di NIF Lab yang super canggih

Saat ini para ilmuwan
sedang berusaha menciptakan Matahari Tiruan menggunakan energi 192 Laser Raksasa di NIF, National Ignition Facility, Livermore, California. Ini adalah mesin laser terbesar yang pernah diciptakan umat manusia, dan berkekuatan 100 kali lebih besar dari yang pernah dibuat sebelumnya.

Dan tujuannya begitu dahsyat, menciptakan energi baru yang begitu besar dan tidak akan pernah mungkin habis sepanjang umur manusia. Inilah energi Fusi Nuklir, energi raksasa yang membuat bintang-bintang raksasa terbakar selama milyaran tahun lamanya.

"One gallon of seawater would provide the equivalent energy of 300 gallons of gasoline. Fuel from 50 cups of water contains the energy equivalent of two tons of coal."

National Ignition facility, "How to Make A Star"

Thursday, May 14, 2009

APAKAH DUNIA LAIN BENAR-BENAR ADA? Para Sainstis Mungkin Telah Menemukannya

Large Hadron Collider, CERN, 2008


Menjelang akhir 2008 lalu
,
para saintis dunia yang tergabung di CERN menciptakan sebuah mesin terbesar dalam sejarah sains dunia. Mesin bernilai US$ 6 Milyar Dollar bernama LHC, Large Hadron Collider. Mesin raksasa ini dibuat untuk membuktikan keberadaan “The God Particle”, Higgs Boson, partikel misterius yang katanya akan menunjukkan “Rahasia besar” alam semesta.

Dari bagaimana seluruh alam semesta bermula, dan bagaimana segala sesuatu di alam semesta bekerja. Dari bintang, planet-planet dan galaksi raksasa sampai partikel-partikel subatomik terkecil. Anda bisa melihat Mesin ini di film “Angels and Demons” (2009) yang dibintangi Tom Hanks.

Tapi tidak itu saja. Mesin raksasa ini juga dibuat untuk membuktikan satu hal. Keberadaan Multiverse, dunia lain.

Sepanjang sejarah, manusia telah mempercayai keberadaannya. Dunia lain selain dunia kita. Banyak yang percaya adanya sebuah dunia yang menyeramkan. Sebuah tempat terkutuk yang gelap dan mengerikan, dimana arwah, hantu-hantu dan sang iblis berdiam dan datang ke dunia kita.

Tapi tentu para ahli memprediksikan dunia paralel tidak seperti itu samasekali. Prof. Michio Kaku malah dengan bercanda berkata dunia paralel mungkin berisi versi lain dari Elvis Presley yang masih hidup.




Imajinasi tentang tempat misterius itu pun sangat kaya dan beragam. Dalam cerita-cerita dongeng, tempat itu bisa dihuni monster dan ular naga raksasa, peri dan makhluk-makhluk aneh, atau binatang-binatang yang bisa berbicara seperti di dalam ”Alice in Wonderland”.

Dalam film ”Watchmen” (2009) dunia paralelnya juga mirip seperti dunia kita, kecuali bahwa dunia itu dihuni manusia-manusia super. Mungkin juga dunia lain ini dihuni makhluk-makhluk extra-terrestrial dengan teknologi ribuan tahun lebih canggih. Semuanya sangat ajaib, dan menakjubkan.


Dan semuanya bermula di tahun 1909.
Seorang ahli fisika bernama Geoffrey Taylor menemukan bahwa satu titik sinar (Foton) dalam percobaannya ternyata terinterfensi, terjadi gangguan dalam gelombangnya yang seharusnya, tidak ada. Dia bingung bagaimana bisa terinterfensi, apa yang mungkin menginterfensinya?

Sampai akhirnya dia mendapat sebuah kesimpulan yang membelalakkan mata para ilmuwan dunia. Geoffrey menjadi orang pertama di dunia, yang secara ilmiah, mendeteksi keberadaan alam semesta paralel ("25 Big Ideas, The Science That's Changing Our World", Robert Matthews, 2005).

Di tahun 1925, Erwin Schrodinger ketika sedang meneliti elektron, dia menemukan sesuatu yang sangat aneh. Elektron, bisa berubah-ubah bentuk, dari partikel ke gelombang, dan sebaliknya. Tapi tidak itu saja, sebuah elektron, ternyata, bisa berada di dua tempat, sekaligus secara bersamaan. Dan tempat yang lain itu bukan di dunia ini, tapi di tempat lain, di dunia lain. Bayangkan kegilaannya. Seperti ada dua versi dari diri anda, yang satu berada di tempat lain, bahkan bisa ada di dunia lain.

Oktober 1927. Di kota Solvay, Belgia, terjadi peristiwa besar. Di kota itu diadakan sebuah pertemuan besar. Pertemuan para saintis terbesar dalam sejarah manusia. Diantaranya termasuk Niels Bohr, Heisenberg, Schrodinger, Max Planck dan tentu saja, Albert Einstein. Dan disana makin terbukalah dunia ajaib itu.

Menanggapi keajaiban dunia kuantum, Einstein sempat berkata, ”Tuhan kan tidak bermain dadu”. Dalam hukum Newton, segalanya pasti dan terukur, dalam dunia Kuantum, tidak ada yang benar-benar pasti, yang ada, hanya Probabilitas (Uncertanity Principle, Heisenberg). Dan sejak itu keberadaan Dunia Kuantum pun menjadi makin populer ke seluruh dunia.


Dengan ditemukannya dunia kuantum yang super ajaib, para saintis juga menemukan tantangan besar baru. Hukum alam, antara alam semesta besar (bintang, planet, galaksi dst yang berdasar hukum Newton dan Relativitas Khusus, sangat berbeda dengan hukum alam subatomik, partikel super kecil atom dan quark. Dunia Makroskopis Vs dunia Mikroskopis.
Prof. Michio Kaku

Mereka berusaha keras menyatukan dua hukum alam yang bertentangan itu dalam sebuah impian terbesar para ilmuwan dunia sejak Einstein. Menemukan ”The Theory of Everything”, Teori Segalanya (GUT, General Unified Theory, No GUT No Glory).

”Teori Segalanya” adalah teori terbesar, yang nantinya akan mempersatukan semua teori alam besar dan alam terkecil dalam harmoni yang indah dan elegan. Dan mereka menemukan kemungkinan jawabannya. Teori String. Teori yang menyatakan bahwa alam semesta tidak dibentuk oleh partikel-partikel atom, melainkan oleh rangkaian dawai universal (String, seperti senar gitar dan biola).

Harmonisasi dari dawai inilah, yang menentukan bentuk dari segalanya, segala hal di alam semesta, dari yang terkecil sampai yang terbesar. Tapi agar teori itu sempurna, teori itu juga mengungkapkan kemungkinan adanya dimensi-dimensi lain, dimensi baru selain dari yang kita kenal selama ini.

Prof. Stephen Hawking
Sekarang, pertanyaannya sudah bukan lagi “Apakah dunia lain ada?”, tapi sudah menjadi, ”Ada berapakah sebenarnya dunia lain itu? Dua, tiga, tak terbatas?”. Kita mungkin akan segera tahu jawabannya.

Dan apa yang ada disana?
Para ahli memperkirakan dunianya akan mirip seperti dunia kita, tapi sedikit berbeda, similar, but not exactly the same. Mungkin akan ada tata surya yang sama dengan kita, dengan
Matahari, bintang, planet, Bumi, bahkan orang-orang yang mirip dengan kita, tapi mungkin hidupnya berbeda. Mungkin Elvis disana masih hidup, mungkin Napoleon menang perang Waterloo dan menjadi penguasa Eropa. Mungkin. Bagaimana para saintis itu tahu? I don’t know, mari kita pelajari lebih lanjut.



"According to the sum over histories idea of Richard Feynman, the Universe doesn't just have a single history, as one might think, but it has every possible history, each with its own weight. A few of the histories will contain creatures like me, doing different things, but the vast majority of histories will be very different."
Stephen Hawking, BBC, September 2008.



Thursday, April 9, 2009

Makhluk Hidup yang Bisa Hidup Selamanya Ditemukan


Ubur-ubur Turritopsis Nutricula

Anda tidak percaya suatu makhluk hidup bisa hidup, selama-lamanya? Anda mungkin harus berpikir ulang.

Para ilmuwan menemukan suatu jenis ubur-ubur laut, yang ternyata bisa hidup selama-lamanya. Ubur-ubur bernama Turritopsis Nutricula.
Awalnya para ilmuwan meneliti penyebab terjadinya ledakan populasi ubur-ubur kecil ini baru-baru ini. Turritopsis Nutricula aslinya berasal dari lautan Karibia yang hangat, tapi sekarang telah menyebar ke seluruh dunia, sampai Amerika, Italia, dan Jepang. Sampai akhirnya para ilmuwan menemukan sebabnya. Ubur-ubur ini, secara biologis, tidak bisa mati.

Ubur-ubur ini ternyata setelah dewasa dan kawin, bisa memutar ulang kondisi biologisnya, meregenerasi seluruh selnya, menjadi muda lagi. Proses regenerasi sel ini dalam sains disebut transdiferensiasi (transdifferentiation). Dan ini bisa mereka lakukan terus menerus. Artinya, mereka tidak akan menjadi tua, tetap muda terus, dan tidak akan mati secara biologis.

Transdiferensiasi berarti sel yang mencapai tahap tertentu, bisa berubah menjadi sel lain, yang lebih baru dan muda. Sama seperti Salamander atau cecak yang bisa mengganti bagian tubuhnya yang rusak, ubur-ubur ini mampu meregenerasi seluruh sel-sel tubuhnya menjadi muda kembali.



Note :
Tidak bisa mati secara biologis artinya tubuh dan sel-sel mereka bisa meregenerasi ulang kembali fungsi-fungsi biologisnya sehingga struktur biologis mereka tidak mengalami penuaan. Tapi mereka bisa tetap mati karena faktor-faktor eksternal, seperti dimangsa binatang lainnya, kerusakan lingkungan ekologis, dan seterusnya.





Wednesday, December 10, 2008

TEORI SEGALANYA, THE FINAL THEORY


Teori Segalanya, The Theory of Everything
"No GUT, No Glory"

Ini menjadi impian terbesarsemua ahli-ahli fisika utama dunia sepanjang sejarah fisika modern. Sebuah teori raksasa, yang bahkan membuat Einstein termimpi-mimpi selama 30 tahun. Einstein, gagal memecahkannya.

Di pegunungan Alpen di Genewa, Swiss, sebuah mesin raksasa supercanggih bernilai 6 Milyar Dollar dibangun untuk membuktikan teori ajaib ini.

Teori ini, akan menyatukan dua hukum terbesar alam semesta yang selama ini dianggap mustahil disatukan. Dan membuktikan keberadaan sebuah obyek pembentuk seluruh alam semesta yang revolusioner yang dinamakan, The String.
Dan tidak hanya itu. Teori ini akan membuktikan, bahwa seluruh alam semesta kita hanya salahsatu, salahsatu, dari keberadaan alam semesta - alam semesta lainnya! Sesuatu yang kita kenal dengan nama, Paralel-Universe.
Ini, adalah sesuatu yang selama ini hanya ada dalam cerita-cerita dan dongeng-dongeng fiksi ilmiah. Ini akan menjadi ambang dari sebuah penemuan terbesar dalam sejarah seluruh umat manusia. Sebuah ”dunia lain” yang berdampingan dengan alam semesta kita, alam semesta lain.

Sekarang, para ahli fisika terbesar dunia, sepertinya nyaris menemukan jawabannya..


Ini, bukan cerita fiksi ilmiah..
Bersambung.


(GUT ; General Unified Theory )

Wednesday, November 26, 2008

SEL PUNCA, Kemampuan Regeneratif Wolverine


Sel Punca, Stem Cell, Regeneration capability
WOLVERINE, adalah manusia super dari kelompok X-Men yang dikatakan memiliki kemampuan regeneratif super, "The Healing Factor". Artinya bila ada bagian badannya yang rusak, seperti tertembak, sel-sel tubuhnya bisa tumbuh secara akseleratif, dan dia bisa sembuh nyaris seketika.
Akankah manusia bisa mempunyai kemampuan seperti ini di masa depan?
Para ilmuwan dunia, sudah mempelajari dan menemukan kemungkinan-kemungkinannya. Sesuatu yang dinamakan Sel Punca, atau Stem Cell.
Pelajari dulu disini :
Stem Cell, Wikipedia Regeneration, Wikipedia Japan Times, "Wolverine mouse regenerates heart tissue" Planarian Worm, sejenis cacing yang bisa nyaris meregenerasi seluruh tubuhnya (lebih dahsyat dari Wolverine).
Sel Punca atau Stem Cell, Definisi :
Sel Punca adalah sumber dari semua sel yang ada dalam tubuh manusia dan binatang. Sebuah sel paling dasar, yang dapat bereplikasi sendiri menjadi nyaris semua sel yang ada di makhluk hidup itu. Sel ini akan dapat dipakai untuk meregenerasi sel-sel yang rusak di tubuh manusia. Sel punca biasanya dapat diambil dari sel kulit dan sumsum tulang belakang.

Wednesday, September 3, 2008

INTAN BERLIAN


INTAN, skala kekerasan mineral Mohs : 10, sempurna

Intan adalah salahsatu benda terkeras dan terindah yang ada di muka bumi. Skala kekerasannya mencapai nilai 10, sedangkan baja saja hanya 6,5 - 7. Intan, terbentuk dari atom Karbon (C).

And what about that "Carbon" ? ..
Kok bisa jadi intan ?

Ujung pinsil yang berwarna hitam juga terbentuk dari Karbon. Namanya, Graphite. Tidak seperti intan, graphite berwarna hitam dan cenderung lunak. Graphite berasal dari bahasa Yunani ”Graphein” artinya ”menulis/menggambar”.

Carbon based economy

Batubara, arang, dan minyak bumi juga terbentuk dari Karbon, plus Hidrogen (H). Mereka menjadi sumber energi utama dunia saat ini (Carbon based fossil fuel). Karbon dibakar dan diambil energi Hidrogennya. Sayangnya ini juga menghasilkan zat Karbon-dioksida yang berlebih.
Sebenarnya Karbon-dioksida (CO2) penting bagi semua tumbuhan untuk berfotosintesis. Ditambah cahaya matahari, tumbuhan berfotosintesis dan tumbuh, dan menghasilkan Oksigen serta Karbohidrat yang dipakai untuk tumbuh (gula dan tepung pati, starch).

Tapi karena jumlah CO2 terus bertambah akibat industrialisasi dan meluasnya penebangan hutan, maka akumulasinya merusak ozon. Ini nantinya akan diatasi dengan teknologi baru yang bisa mendapat energi Hidrogen dari Air dengan memecahnya, dari H2O, Hydrolisis air.

Energi Hidrogen diambil langsung dari Air, tidak lagi memakai sumber energi berbasis Karbon lagi. Ini misalnya telah digunakan untuk beberapa mobil konsep berbahan bakar Hidrogen.

Karbon, juga ada dalam tubuh manusia karena pada dasarnya Karbon adalah elemen dari semua senyawa organik.

KOK KARBON BISA JADI MACAM-MACAM ?

Atom Karbon (C) bisa jadi macam-macam bentuk karena susunan struktur atomnya berbeda-beda. Elemen atom yang sama, kalau bentuk susunannya berbeda, akan menciptakan benda yang berbeda. Istilahnya kerennya, Alotropi ( Greek ; allos, other, and tropos, manner).

Apa ada elemen lain yang penting ?

Sekarang, ilmuwan telah menemukan struktur elemen Karbon baru, yang 200 kali lebih kuat dari baja, dan lebih keras dari intan, namanya ...



KARBON, Carbon, C, Nomor atom 6.

Friday, August 15, 2008

APA ITU DNA ?


APA ITU DNA?


DNA adalah : Rangkaian molekul penentu bentuk dan sifat semua makhluk hidup.

Semua makhluk hidup punya DNA. Manusia, kucing, monyet, pohon, tomat, pisang, bayam, dinosaurus. Semua punya kode genetik yang menentukan bentuk dan sifat-sifat mereka.

Jadi kenapa kita terbentuk seperti manusia, atau tiap orang punya ciri genetis yang berbeda, atau tumbuhan berbentuk seperti tumbuhan, atau kenapa kita mirip dengan orangtua kita, dan berbeda dengan orang lain, semuanya karena DNA yang unik.

Ada orang yang berkulit putih, ada yang sawo matang. Ada yang rambutnya bule atau berwarna hitam. Semuanya karena kita mempunyai elemen-elemen pembentuk biologis yang unik, yaitu DNA. Sekarang anda sudah tahu apa itu DNA.







Jurassic Park
Dalam film "Jurassic Park", para ilmuwan yang dibiayai Milyuner John Hammond bahkan bisa "menciptakan" aneka ragam dinosaurus hidup, dengan memakai kode genetik DNA dari fosil nyamuk yang menghisap darah dinosaurus.

DNA adalah resep, skema, sistematika, manual, peta, cetak biru, rancangan, dan informasi biologis yang unik dari makhluk hidup. Persis seperti setiap bangunan gedung yang ada cetak birunya masing-masing.

DNA...

Tidak hanya bentuk fisik makhluk hidup, tapi juga sifat, lewat keturunan.
Jadi sifat manusia bisa terbentuk dari 2 hal,
1. turunan genetik, lewat DNA dari orangtua kita.
2. unsur lingkungan.
Dan unsur yang satu bisa lebih dominan dari yang lain.













DNA, Deoxyribo-Nucleic Acid.
Kode genetik makhluk hidup. Bentuknya Double Helix, meliuk seperti spiral.




Penting nggak sih kita tahu soal DNA kita?


Sangat penting.
Karena dengan menganalisa DNA, kita akan bisa jauh lebih memahami cara kerja dan keadaan tubuh kita, dengan sangat detail. Sampai ke level molekuler.

Ini nantinya memungkinkan ..

Kita bisa hidup lebih sehat, lebih lama, lebih jauh dari penyakit. Tidak hanya dengan diobati, tapi lewat pencegahan, mendeteksi gen, bahkan dari sejak lahir.

Dengan adanya peta yang detail dari tiap molekul tubuh manusia, anomali-anomali terkecil pun bisa langsung ditemukan dan diperbaiki.

Dengan penyelidikan DNA yang paling mutakhir, mungkin nantinya manusia bisa bebas dari penyakit-penyakit berbahaya, seperti kanker, diabetes, atau jantung.

Tapi tidak itu saja, pengetahuan itu memungkinkan manusia menemukan gen-gen unggul, memanipulasi gen unggul, memperkuatnya, bahkan mengkombinasikannya dengan gen-gen unggul dari luar. Genetic Engineering.

"Human genetic engineering has the potential to change human beings' appearance, adaptability, intelligence, character and behavior. It may potentially be used in creating more dramatic changes in humans".
Genetic Engineering, Wikipedia

X-MEN, manusia-manusia super yang terciptadari mutasi DNA.
Kita Tidak Berbeda, tapi Sama

Semua orang di seluruh dunia ternyata adalah sama. Semua umat manusia, bule, asia, afrika, latin, punya 99% molekul DNA yang persis sama. Dan yang membuat perbedaan seperti warna kulit dan rambut, hanya berasal dari 1% perbedaan genetik saja.

Bahkan antara manusia dengan simpanse pun perbedaan genetiknya hanya 5 % (Wikipedia, Human Genome).

Kita semua adalah makhluk hidup yang sama, ciptaan Tuhan yang Maha Esa.

Proyek Biologi Terbesar dalam Sejarah Manusia,
The Human Genome Project
"Without a doubt, this is the most important,
most wondrous map ever produced by humankind."
Bill Clinton, 26 Juni 2000.

Ini benar-benar sebuah upaya raksasa. Para peneliti terbaik di dunia, dari Amerika, Inggris, Jerman, Prancis, Jepang dan China, mengerjakan proyek ini dengan dana US$ 3 Milyar, dan memerlukan waktu 13 tahun, dari tahun 1990 -2003 untuk menyelesaikannya.
Banyak yang membandingkan proyek pemetaan gen manusia ini dengan Proyek Manhattan yang menciptakan bom atom, energi terdahsyat dalam sejarah manusia, dan peluncuran manusia ke Bulan.

Tujuannya adalah menciptakan peta yang sangat detail dari DNA manusia, dengan harapan agar manusia punya pemahaman baru yang lebih detail dan revolusioner tentang tubuh manusia. Dengan proyek ini, kesehatan, potensi biogenetik, dan kemampuan manusia dalam mencegah dan mengobati penyakit akan jauh lebih signifikan.

Mungkin suatu hari nanti, manusia bisa hidup sampai lebih dari 100 tahun, dan bebas dari segala macam penyakit. Kita tunggu saja.


Jadi Anda sudah tahu apa itu DNA kan?
Rangkaian elemen molekul penentu bentuk dan sifat makhluk hidup.
DNA, Wikipedia.
The Secret of Life, Time Magazine.
So, We've Got the Genome Map. Now, What to Do With It? Time
Animasi,
Tour of The Basics, What is DNA? University of Utah


Bagaimana Francis Crick dan James Watson menemukan "Rahasia Kehidupan".
"Watson and Crick weren't necessarily the smartest scientists in the contest (though they were plenty smart). They weren't the most experienced; their track records in this area of science, in fact, were essentially nonexistent. They didn't have the best equipment. They didn't even know much biochemistry.

But, despite these dismal odds, they made a discovery that in the half-century since has transformed science, medicine and much of modern life—though the full impact has yet to be felt".

Monday, July 21, 2008

Bagaimana Lebah Bisa Terbang ?


"According to all known laws of aviation, there's no way a bee should be able to fly. Its wings are too small, and the body is too fat. The bee, of course, flies anyway - because bees don't care what humans think is impossible."
Bee movie
Wiki, Bee Flight

Wednesday, February 27, 2008

Building Block, of the Universe !


Apa kesamaan antara gado-gado dengan galaksi?

INILAH ELEMEN PEMBENTUK SELURUH ALAM SEMESTA !

Semua hal. Semuanya. Dari semua planet, bulan, matahari. Manusia, tumbuh-tumbuhan. Meja, kursi. Jeruk. Air, api. Bom atom, kacang atom. Televisi, komputer anda. Gado-gado yang kita makan. Buku, sepeda mini, motor, mobil. Sepatu, sandal. Kucing, ikan. Piring, sendok, garpu. Tetangga anda. Udara yang kita hirup. Seluruh Galaksi dan alam raya.

Jadi, semua yang ada di alam semesta (termasuk gado-gado dan galaksi), terbentuk dari partikel-partikel yang kita namakan… Atom.

Building Block of the Universe

Tadinya manusia mengira partikel yang terkecil adalah, atom. Atom adalah "The building block of the universe". Tapi ternyata bukan!

Atom sendiri masih terbentuk lagi dari 3 bagian, Proton, yang selalu positif (pro), Neutron yang selalu netral (0), dan Elektron yang selalu, negatif (-).

Tapi proton dan neutron ternyata masih terbagi lagi ! Pembentuknya itu namanya, Quark. Inilah elemen terkecil di alam semesta! QUARKK!


Dari mana sih asal nama “Quark” ?
Apaan Sih ?! Lepton ?

Saturday, February 23, 2008

Learned many things.
Have a nice plate of meat salad first..

Sunday, January 13, 2008

“APA SIH?” : Teori Relativitas Einstein





















 
 
 
 
Albert Einstein dan Relativitas

“Kalau kita duduk di atas panci panas satu menit saja, rasanya akan seperti satu jam. Tapi kalau duduk bersama wanita cantik selama satu jam, rasanya akan seperti satu menit.”

Apaan sih” Teori Relativitas Einstein?
Tentu saja ini adalah teori yang ditemukan oleh sang jenius Albert Einstein. Teori ini terbagi 2, Relativitas Khusus (1905), dan Relativitas Umum (1915). Teori ini juga menjadi dasar bagi penciptaan energi raksasa Nuklir, dan bahkan, penciptaan Mesin Waktu! (Yang memungkinkan kita pergi ke masa lalu, atau bahkan ke masa depan!)

RELATIVITAS KHUSUS ADALAH :

1. Bahwa semua ukuran Ruang-Waktu adalah relatif, tergantung dari sudut pandang pengamat yang berbeda, dan apakah ia sedang bergerak atau diam. Dan bahwa "Waktu" yang kita alami, ternyata bisa melambat, atau bergerak lebih cepat, bergantung kecepatan kita.

Ini contohnya :

Kalau anda berada dalam sebuah kereta api yang bergerak, maka “Waktu” yang anda alami akan lebih lambat dari “Waktu“ yang dialami oleh seseorang di luar yang sedang berdiri diam. Kalau anda memakai jam tangan dalam kereta yang berjalan itu, maka jam Anda akan berdetik lebih lambat sepersekian detik dari jam orang yang di luar tadi. Ini disebut “Time Dilation”. (Dilate : Berkontraksi, memuai). Makin tinggi kecepatan Anda, makin lambat kecepatan "Waktu" yang Anda alami!

Nah sekarang, bayangkan keajaiban dari teori Einstein ini.


"Perjalanan Jutaan Tahun ke Masa Depan!"



Misalnya ada 2 orang, yang satu, A, pergi naik roket ke luar tata surya dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Yang lainnya (B) tetap di bumi.

Dengan kecepatan setinggi itu, maka waktu bagi A akan melambat signifikan. Jadinya ketika A kembali ke Bumi, bisa jadi misalnya (tergantung jarak dan kecepatannya), umur A hanya akan bertambah 5 tahun, sementara waktu di Bumi telah berlalu selama 50 tahun!

Jadinya B sudah menjadi jauh lebih tua dari A, atau bahkan sudah meninggal. Dalam waktu perjalanan A yang jauh lebih panjang, A bisa kembali ke Bumi bahkan di jutaan tahun di masa depan!

2. Kecepatan Cahaya selalu sama, 300.000 Km / Detik, konstan, dilihat dari manapun sumbernya ataupun pergerakan mereka. Jadi semua hal lainnya relatif, kecuali Cahaya.

Jika Cahaya ditembakkan dan anda menggunakan roket kecepatan tinggi “mengejar” cahaya itu, cahaya itu akan terukur persis sama kecepatannya tidak berkurang. Jika anda bergerak “menjauh” dari pancaran cahaya itu, kecepatan cahaya itu akan tetap akan sama.

Salahsatu konsekuensi dari Relativitas Khusus adalah rumus E = mc² : Bahwa energi dan masa adalah sama, bentuk yang berbeda dari satu hal yang sama dan saling menggantikan, dan bahwa massa yang bergerak dengan kecepatan cahaya akan menciptakan energi yang maha dahsyat. Inilah dasar dari ENERGI ATOM/NUKLIR.

RELATIVITAS UMUM ADALAH :

Relativitas Umum Einstein membahas tentang ruang angkasa yang sebenarnya merupakan bangunan Ruang dan Waktu, dimana "Waktu" juga bisa Melengkung mengikuti bentuk benda-benda langit raksasa!
 Ini membuktikan satu hal yang sangat besar. Gravitasi, ternyata bukan Gaya Tarik seperti yang dinyatakan Isaac Newton!

"Gravitasi", ternyata adalah hasil Lengkungan-pusaran ( Curvature ) dari Ruang dan Waktu yang ada di alam semesta. Bangunan Ruang-Waktu bisa “melengkung”, seperti saat melewati Matahari yang besar. Lengkungan ini mempengaruhi gerakan apapun, bintang, planet, Planet Bumi, bahkan cahaya!








Matahari memiliki massa dan energi yang besar sehingga menyebabkan pusaran lengkung Ruang-Waktu itu. Lengkungan - pusaran itulah yang menyebabkan Bumi jadi terus berputar-putar mengelilingi matahari, seakan “menjebak” bumi dalam pusarannya. Bumi, juga memiliki lengkung itu sehingga "menjebak" bulan.

Bayangkan ini, anda mengaduk air dalam sebuah gelas, maka akan tercipta pusaran. Pusaran tengahnya anggap sebagai matahari. Lalu anda taruh sebutir kacang dalam putaran itu. Maka kacang itu akan terus berputar-putar dalam pusaran itu. Seperti itulah dasarnya Bumi terus mengitari Matahari!



"There is no difference between Time and any of the three dimensions of space except that our consciousness moves along it... Scientific people…know very well that Time, is only a kind of space.”

H.G Wells, The Time Machine


Ruang angkasa, adalah bangunan Ruang-Waktu ( bahasa Star Trek-nya : Space-Time Continuum ) yang bisa menciptakan pusaran-pusaran melengkung yang mempengaruhi semua benda-benda angkasa, Bumi, bahkan cahaya.



(Selamat! Anda sudah memahami dasar dari “Teori Relativitas Einstein”!, Congratulation Geniuses).
Lihat videonya disini, Teori Relativitas Einstein

Saturday, July 7, 2007

APA SIH ? FILSAFAT


" School of Athens", Raphael, 1511, menggambarkan tokoh-tokoh filsafat terbesar dalam Renaissance, termasuk Socrates, Plato,
Aristoteles, dan Averroes.


Apaan Sih?! "Filsafat"

Katanya Plato dalam karya besarnya "Republic", sebuah negara ideal adalah negara yang akan dipimpin oleh manusia-manusia terunggul, raja-raja yang bijaksana yang menguasai filsafat, Philosopher Kings. Mereka adalah pemimpin bijaksana yang tidak haus kekuasaan, memiliki kemampuan tinggi, tidak sedikitpun silau oleh harta benda, dan bekerja semata-mata demi kebesaran bangsanya.
SEBENARNYA, APA SIH FILSAFAT ?


"Whence? whither? why? how?—these questions cover all philosophy
."

FILSAFAT (Philosophy) berasal dari kata latin, Philia (Cinta), dan Sophia (Kebijaksanaan), jadi artinya Pencinta Kebijaksanaan/Ilmu. Filsafat bertujuan menjawab 4 pertanyaan besar :
1. Apa itu hidup.
2. Untuk apa kita hidup.
3. Bagaimana kita bisa membuat hidup jadi lebih baik.
4. Dan bagaimana kita bisa membuat dunia jadi lebih baik.

Ini, adalah kumpulan kata-kata bijak dari para Bapak Filsafat Dunia.
Socrates, Plato, Aristoteles, Rene Descartes, dan beberapa filsuf besar lain.

SOCRATES (470-399 SM)
Socrates adalah guru dari Plato, dan Plato adalah guru dari Aristoteles. (SPA)
Steve Jobs, pendiri Apple Computer, penemu iPod, iPhone, pernah bilang, "I would trade all of my technology for an afternoon with Socrates." (Newsweek, Oct. 29, 2001)

"The unexamined life is not worth living for a human being".

Bad men live that they may eat and drink, good men eat and drink that they may live (hidup jangan untuk makan, tapi makan untuk hidup).

The only true wisdom is in knowing you know nothing.

There is only one good, Knowledge, and one evil, Ignorance.

All men's souls are immortal, but the souls of the righteous are immortal and divine.
(Semua manusia akan mati, tapi jiwanya orang baik akan hidup selamanya)

An honest man, is always a child.

Be of good cheer about death and know this as a truth — that no evil can happen to a good man, either in life or after death. (Orang baik, tidak perlu khawatir apapun)

By all means marry; if you get a good wife, you'll be happy. If you get a bad one, you'll become a philosopher. (haha)

Education is the kindling of a flame, not the filling of a vessel.
(Pendidikan itu adalah seperti menyalakan api, bukan mengisi teko. Artinya pendidikan seharusnya menyalakan inspirasi dan semangat untuk belajar, bukan memenuhi otak dengan hapalan!!)
Employ your time in improving yourself by other men's writings, so that you shall gain easily what others have labored hard for.(Baca dong, belajar dari pengalamannya orang besar. Jadinya pengalaman besar mereka akan jadi pengalamanmu. Dan hidupmu akan jadi lebih mudah karena kamu tahu jalannya).

Envy is the ulcer of the soul. (Iri hanya merugikan diri sendiri)

He is richest who is content with the least, for content is the wealth of nature.
(Orang yang paling kaya dan bahagia, adalah orang yang paling bersyukur.)

He who is not contented with what he has, would not be contented with what he would like to have.
(Dia yang tidak pernah puas, tidak akan pernah puas dengan apapun juga)

Beware the barrenness of a busy life. (Orang yang terlalu sibuk hidupnya akan kering)

If a man is proud of his wealth, he should not be praised until it is known how he employs it.
(Jangan pernah memuja orang kaya, sampai kamu tahu darimana dia mendapatkannya).
Could I climb to the highest place in Athens, I would lift my voice and proclaim, "Fellow citizens, why do you turn and scrape every stone to gather wealth, and take so little care of your children to whom one day you must relinquish it all?"(Mengejar kekayaan untuk keluarga, tapi kok keluarganya malah terlupakan?)
Let him that would move the world, first move himself.(Mau merubah dunia? Rubah diri kamu sendiri dulu).

PLATO (427 – 347 SM)

And we must beg Homer and the other poets not to be angry if we strike out these and similar passages, not because they are unpoetical, or unattractive to the popular ear, but because the greater the poetical charm in them, the less are they meet for the ears of boys and men who are meant to be free, and who should fear slavery more than death.
(Terlalu bergantung pada seorang pemimpin besar yang pinter ngomong bisa bahaya)

The direction in which education starts a man will determine his future life.

Until philosophers are kings, or the kings and princes of this world have the spirit and power of philosophy, and political greatness and wisdom meet in one, and those commoner natures who pursue either to the exclusion of the other are compelled to stand aside, cities will never have rest from their evils - no, nor the human race, as I believe - and then only will this our State have a possibility of life and behold the light of day.
( Sebuah bangsa hanya akan jadi besar bila dipimpin oleh seorang yang mempunyai jiwa besar seorang pemimpin, dan kebijaksanaan seorang filsuf)

The good are not willing to rule either for the sake of money or of honor. (Orang yang baik tidak akan mau berkuasa semata demi uang dan kehormatan)
Knowledge which is acquired under compulsion obtains no hold on the mind.
You are young, my son, and, as the years go by, time will change and even reverse many of your present opinions. Refrain therefore awhile from setting yourself up as a judge of the highest matters.
(Jangan pernah cepat menilai orang lain dan duniamu, karena waktu akan berubah dan bisa membuat pandanganmu juga berubah)

Ignorance, the root and the stem of every evil. (Kebodohan adalah akar semua kejahatan).

I would teach the children music, physics and philosophy, but the most important is music, for in the patterns of the arts are the keys to all learning.

The beginning is the most important part of the work.

ARISTOTELES (347 – 322SM)
Aristoteles adalah murid dari Plato. Aristoteles juga adalah guru dari Alexander the Great.

In all things of nature there is something of the marvelous.
(Di alam, sesungguhnya kita bisa melihat banyak keajaiban).

Misfortune shows those who are not really friends.
It is Simplicity, that makes the uneducated more effective than the educated when addressing popular audiences.(Kesederhanaan, yang membuat orang biasa bisa lebih ngetop daripada orang pinter!)

Man, when perfected, is the best of animals, but when separated from law and justice, he is the worst of all.

For the things we have to learn before we can do, we learn by doing.

Any one can get angry — that is easy — or give or spend money; but to do this to the right person, to the right extent, at the right time, with the right motive, and in the right way, that is not for every one, nor is it easy. (Marah itu gampang, tapi…)
Without friends, no one would choose to live, though he had all other goods.(Kalau anda tidak punya sahabat, walaupun anda punya semua harta, apa artinya hidup?)

Hope is a waking dream.

Courage, is the first of human qualities because it is the quality which guarantees the others.

Happiness depends upon ourselves.
(Kebahagiaan itu bergantung dari kita sendiri, bukan dari orang lain)

Suffering becomes beautiful when anyone bears great calamities with cheerfulness, not through insensibility but through greatness of mind.
The educated differ from the uneducated, as much as the living from the dead.
Those who educate children well are more to be honored than parents, for these only gave life, those the art of living well.

The greatest virtues, are those which are most useful to other persons.

Wicked men obey from fear; good men, from love.

You will never do anything in this world without courage. It is the greatest quality of the mind next to honor.

RENE DESCARTES (1596 - 1650)
Descartes adalah "Bapak Filsafat Modern".

Cogito, ergo sum. I think, therefore I am.

Doubt is the origin of wisdom.

It is not enough to have a good mind. The main thing is to use it well.
(Jangan cuma jadi orang pinter, do something!)

The greatest minds are capable of the greatest vices as well as of the greatest virtues.

In order to improve the mind, we ought less learn than to contemplate.

It is easy to hate and it is difficult to love. This is how the whole scheme of things works. All good things are difficult to achieve; and bad things are very easy to get.

Whenever anyone has offended me, I try to raise my soul so high that the offense cannot reach it
The reading of all good books is indeed like a conversation with the noblest men of past centuries who were the authors of them, nay a carefully studied conversation, in which they reveal to us none but the best of their thoughts.(Baca buku seperti ngobrol dengan orang-orang besar itu sendiri, dan mendapatkan pemikiran besar mereka!)
THOMAS AQUINAS ( 1225 - 1274 )
The Prime Author and Mover of the Universe, is Intelligence.

FRANCIS BACON (1561 - 1626 )
Knowledge is Power (et ipsa scientia potestas est).

ISAAC NEWTON (1643 - 1727 )
Plato is my friend — Aristotle is my friend — but my greatest friend is Truth.
"If I have been able to see further, it was only because I stood, on the shoulders of Giants."
Kalau saya bisa melihat lebih jauh, karena saya berdiri diatas pundak para Raksasa (Orang-orang besar masa lalu, para jenius, caranya dengan membaca buku tentang mereka)

ADAM SMITH (Bapak Ekonomi Dunia, 1723 - 1790 )
"The difference between the most dissimilar characters, between a philosopher and a common street porter, for example, seems to arise not so much from nature,
as from habit, custom, and education."
Adam Smith, "The Wealth of Nations", Buku I, Bab 2

GOETHE (1749 – 1832, filsuf Jerman )

He who cannot draw on three thousands years, is living from hand to mouth.
(orang yang tidak dapat mengambil pelajaran dari masa tiga ribu tahun, hidupnya pasti akan kesulitan). (Apa sih "Hand to mouth" ?, lihat disini )

KONFUSIUS ( 551 SM-479 SM ), Cina.
"Setiap kali kamu melihat orang besar, pikirkan bagaimana kamu bisa menirunya".
"Jika ingin kemakmuran 1 tahun, tumbuhkanlah benih.
Jika ingin kemakmuran 10 tahun, tumbuhkanlah pohon.
Jika ingin kemakmuran 100 tahun, tumbuhkanlah (didiklah) manusia."


Jadi, apa intinya, Filsafat ?
Sekali lagi,
Filsafat adalah untuk menjawab 4 pertanyaan besar :
1. Apa itu hidup.
2. Untuk apa kita hidup.
3. Bagaimana kita bisa membuat hidup jadi lebih baik.
4. Dan bagaimana kita bisa membuat dunia jadi lebih baik.
Jadilah orang baik, dan buatlah hidup lebih baik dengan banyak belajar.

Dan sekarang, apa yang Anda akan perbuat untuk hidup ini?


Di masa pencerahan Eropa ada 3 orang filsuf besar masa lalu yang paling dihormati, termasuk oleh Rene Descartes, dia adalah Aristoteles, Avicenna, dan Averroes. Siapa Avicenna dan Averroes?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar