Dan konon zaman awal Masehi abad 2-4 sudah ada kerajaan Salakanegara-disekitar Mandalawangi-Pandeglang...
Dalam kidung wangsit Siliwangi... semacam ada ramalan... bahkan konon ada bewara ti Gunung Kendeng..dan Gunung Gede..?? Nah apakah yang dimaksudkan bewara ini... adalah situs.. Cibedug-Rangkasbitung...kawasan Rawayan/ Baduy.. dan disana ada Salakadomas..? dan Gunung Padang-Cianjur..?
Kita tunggu hasil penelitian lanjutannya...
Keterkenalan kampung ini tak dapat dipisahkan dari keberadaan sisa peninggalan zaman megalitik berupa menhir dan punden berundak yang berada dalam satu kompleks yang kini diisolasi dan dinamai situs Lebak Cibedug.
Secara kasat mata, situs megalitikum Gunung Padang berupa punden berundak dengan lima teras, sementara di Cibedug terdiri dari sembilan teras dengan susunan batu berbentuk lonjong seperti menhir.
Penguasaan teknologi di situs Gunung Padang lebih maju ketimbang situs Cibedug. Di situs megalitikum Gunung Padang hampir semuanya terdiri dari bebatuan persegi panjang dan nyaris presisi, adapun di Cibedug bebatuannya berbentuk bulat panjang dan tidak beraturan. Kesannya, situs megalitikum Cibedug usianya lebih tua.
“Aura situs Cibedug sangat baik untuk para pelaku spiritual, karena pada jaman dahulu memang dipakai sebagai tempat berdoa. Bila melihat tampilan secara batin, maka beberapa kerajaan pernah menggunakan tempat ini,” jelas pengamat spiritual Ki Bowo (Senin, 28/5).
Carita Pantun Ngahiangna Pajajaran
Pun, sapun kula jurungkeun
Mukakeun turub mandepun
Nyampeur nu dihandeuleumkeun
Teundeun poho nu baréto
Nu mangkuk di saung butut
Ukireun dina lalangit
Tataheun di jero iga!
Saur Prabu Siliwangi ka balad Pajajaran
anu milu mundur dina sateuacana ngahiang : “Lalakon urang ngan nepi ka
poé ieu, najan dia kabéhan ka ngaing pada satia! Tapi ngaing henteu
meunang mawa dia pipilueun, ngilu hirup jadi balangsak, ngilu rudin bari
lapar.
Dia mudu marilih, pikeun hirup ka hareupna, supaya engké jagana,
jembar senang sugih mukti, bisa ngadegkeun deui Pajajaran! Lain
Pajajaran nu kiwari, tapi Pajajaran anu anyar, nu ngadegna digeuingkeun
ku obah jaman! Pilih! ngaing moal ngahalang-halang. Sabab pikeun ngaing,
hanteu pantes jadi Raja, anu somah sakabéhna, lapar baé jeung
balangsak.”
Daréngékeun! Nu dék tetep ngilu jeung
ngaing, geura misah ka beulah kidul! Anu hayang balik deui ka dayeuh nu
ditinggalkeun, geura misah ka beulah kalér! Anu dék kumawula ka nu keur
jaya, geura misah ka beulah wétan! Anu moal milu ka saha-saha, geura
misah ka beulah kulon!
Daréngékeun! Dia nu di beulah wétan,
masing nyaraho: Kajayaan milu jeung dia! Nya turunan dia nu engkéna
bakal maréntah ka dulur jeung ka batur. Tapi masing nyaraho, arinyana
bakal kamalinaan. Engkéna bakal aya babalesna. Jig geura narindak!
Dia nu di beulah kulon! Papay ku dia
lacak Ki Santang! Sabab engkéna, turunan dia jadi panggeuing ka dulur
jeung ka batur. Ka batur urut salembur, ka dulur anu nyorang saayunan ka
sakabéh nu rancagé di haténa. Engké jaga, mun tengah peuting, ti gunung
Halimun kadéngé sora tutunggulan, tah éta tandana; saturunan dia
disambat ku nu dék kawin di Lebak Cawéné. Ulah sina talangké, sabab
talaga bakal bedah! Jig geura narindak! Tapi ulah ngalieuk ka tukang!
Dia nu marisah ka beulah kalér,
daréngékeun! Dayeuh ku dia moal kasampak. Nu ka sampak ngan ukur tegal
baladaheun. Turunan dia, lolobana bakal jadi somah. Mun aya nu jadi
pangkat, tapi moal boga kakawasaan. Arinyana engké jaga, bakal ka
seundeuhan batur. Loba batur ti nu anggang, tapi batur anu nyusahkeun.
Sing waspada!
Sakabéh turunan dia ku ngaing bakal
dilanglang. Tapi, ngan di waktu anu perelu. Ngaing bakal datang deui,
nulungan nu barutuh, mantuan anu sarusah, tapi ngan nu hadé
laku-lampahna. Mun ngaing datang moal kadeuleu; mun ngaing nyarita moal
kadéngé. Mémang ngaing bakal datang. Tapi ngan ka nu rancagé haténa, ka
nu weruh di semu anu saéstu, anu ngarti kana wangi anu sajati jeung nu
surti lantip pikirna, nu hadé laku lampahna. Mun ngaing datang; teu
ngarupa teu nyawara, tapi méré céré ku wawangi.
Ti mimiti poé ieu,
Pajajaran leungit ti alam hirup. Leungit dayeuhna, leungit nagarana.
Pajajaran moal ninggalkeun tapak, jaba ti ngaran pikeun nu mapay. Sabab
bukti anu kari, bakal réa nu malungkir! Tapi engké jaga bakal aya nu
nyoba-nyoba, supaya anu laleungit kapanggih deui. Nya bisa, ngan mapayna
kudu maké amparan. Tapi anu marapayna loba nu arieu-aing pang pinterna.
Mudu arédan heula.
Engké bakal réa nu kapanggih,
sabagian-sabagian. Sabab kaburu dilarang ku nu disebut Raja Panyelang!
Aya nu wani ngoréhan terus terus, teu ngahiding ka panglarang; ngoréhan
bari ngalawan, ngalawan sabari seuri. Nyaéta budak angon; imahna di
birit leuwi, pantona batu satangtungeun, kahieuman ku handeuleum,
karimbunan ku hanjuang.
Ari ngangonna? Lain kebo lain embé, lain méong
lain banténg, tapi kalakay jeung tutunggul. Inyana jongjon ngorehan,
ngumpulkeun anu kapanggih. Sabagian disumputkeun, sabab acan wayah
ngalalakonkeun. Engke mun geus wayah jeung mangsana, baris loba nu
kabuka jeung raréang ménta dilalakonkeun. Tapi, mudu ngalaman loba
lalakon, anggeus nyorang: undur jaman datang jaman, saban jaman mawa
lalakon. Lilana saban jaman, sarua jeung waktuna nyukma, ngusumah jeung
nitis, laju nitis dipinda sukma.
Daréngékeun! Nu kiwari ngamusuhan urang,
jaradi rajana ngan bakal nepi mangsa: tanah bugel sisi Cibantaeun
dijieun kandang kebo dongkol. Tah di dinya, sanagara bakal jadi
sampalan, sampalan kebo barulé, nu diangon ku jalma jangkung nu tutunjuk
di alun-alun. Ti harita, raja-raja dibelenggu. Kebo bulé nyekel
bubuntut, turunan urang narik waluku, ngan narikna henteu karasa, sabab
murah jaman seubeuh hakan.
Ti dinya, waluku ditumpakan kunyuk; laju
turunan urang aya nu lilir, tapi lilirna cara nu kara hudang tina
ngimpi. Ti nu laleungit, tambah loba nu manggihna. Tapi loba nu pahili,
aya kabawa nu lain mudu diala! Turunan urang loba nu hanteu engeuh, yén
jaman ganti lalakon ! Ti dinya gehger sanagara. Panto nutup di buburak
ku nu ngaranteur pamuka jalan; tapi jalan nu pasingsal!
Nu tutunjuk nyumput jauh; alun-alun jadi
suwung, kebo bulé kalalabur; laju sampalan nu diranjah monyét! Turunan
urang ngareunah seuri, tapi seuri teu anggeus, sabab kaburu: warung béak
ku monyét, sawah béak ku monyét, leuit béak ku monyét, kebon béak ku
monyét, sawah béak ku monyét, cawéné rareuneuh ku monyét.
Sagala-gala
diranjah ku monyét. Turunan urang sieun ku nu niru-niru monyét. Panarat
dicekel ku monyet bari diuk dina bubuntut. Walukuna ditarik ku turunan
urang keneh. Loba nu paraeh kalaparan. ti dinya, turunan urang
ngarep-ngarep pelak jagong, sabari nyanyahoanan maresék caturangga.
Hanteu arengeuh, yén jaman geus ganti deui lalakon.
Laju hawar-hawar, ti tungtung sagara
kalér ngaguruh ngagulugur, galudra megarkeun endog. Génjlong saamparan
jagat! Ari di urang ? Ramé ku nu mangpring. Pangpring sabuluh-buluh
gading. Monyét ngumpul ting rumpuyuk. Laju ngamuk turunan urang;
ngamukna teu jeung aturan. loba nu paraéh teu boga dosa. Puguh musuh,
dijieun batur; puguh batur disebut musuh.
Ngadak-ngadak loba nu pangkat
nu maréntah cara nu édan, nu bingung tambah baringung; barudak satepak
jaradi bapa. nu ngaramuk tambah rosa; ngamukna teu ngilik bulu. Nu
barodas dibuburak, nu harideung disieuh-sieuh. Mani sahéng buana urang,
sabab nu ngaramuk, henteu beda tina tawon, dipaléngpéng keuna sayangna.
Sanusa dijieun jagal. Tapi, kaburu aya nu nyapih; nu nyapihna urang
sabrang.
Laju ngadeg deui raja, asalna jalma
biasa. Tapi mémang titisan raja. Titisan raja baheula jeung biangna hiji
putri pulo Dewata. da puguh titisan raja; raja anyar hésé apes ku
rogahala! Ti harita, ganti deui jaman. Ganti jaman ganti lakon! Iraha?
Hanteu lila, anggeus témbong bulan ti beurang, disusul kaliwatan ku
béntang caang ngagenclang. Di urut nagara urang, ngadeg deui karajaan.
Karajaan di jeroeun karajaan jeung rajana lain teureuh Pajajaran.
Laju aya deui raja, tapi raja, raja buta
nu ngadegkeun lawang teu beunang dibuka, nangtungkeun panto teu beunang
ditutup; nyieun pancuran di tengah jalan, miara heulang dina caringin,
da raja buta! Lain buta duruwiksa, tapi buta henteu neuleu, buaya
eujeung ajag, ucing garong eujeung monyét ngarowotan somah nu susah.
Sakalina aya nu wani ngageuing; nu diporog mah lain satona, tapi jelema
anu ngélingan. Mingkin hareup mingkin hareup, loba buta nu baruta,
naritah deui nyembah berhala. Laju bubuntut salah nu ngatur, panarat
pabeulit dina cacadan; da nu ngawalukuna lain jalma tukang tani.
Nya
karuhan: taraté hépé sawaréh, kembang kapas hapa buahna; buah paré loba
nu teu asup kana aseupan……………………….. Da bonganan, nu ngebonna tukang
barohong; nu tanina ngan wungkul jangji; nu palinter loba teuing, ngan
pinterna kabalinger.
Ti dinya datang budak janggotan. Datangna
sajamang hideung bari nyorén kanéron butut, ngageuingkeun nu keur
sasar, ngélingan nu keur paroho. Tapi henteu diwararo! Da pinterna
kabalinger, hayang meunang sorangan. Arinyana teu areungeuh, langit
anggeus semu beureum, haseup ngebul tina pirunan. Boro-boro dék ngawaro,
malah budak nu janggotan, ku arinyana ditéwak diasupkeun ka
pangbérokan. Laju arinyana ngawut-ngawut dapur batur, majarkeun néangan
musuh; padahal arinyana nyiar-nyiar pimusuheun.
Sing waspada! Sabab engké arinyana, bakal
nyaram Pajajaran didongéngkeun. Sabab sarieuneun kanyahoan, saenyana
arinyana anu jadi gara-gara sagala jadi dangdarat. Buta-buta nu baruta;
mingkin hareup mingkin bedegong, ngaleuwihan kebo bulé. Arinyana teu
nyaraho, jaman manusa dikawasaan ku sato!
Jayana buta-buta, hanteu pati lila; tapi,
bongan kacarida teuing nyangsara ka somah anu pada ngarep-ngarep
caringin reuntas di alun-alun. Buta bakal jaradi wadal, wadal pamolahna
sorangan. Iraha mangsana? Engké, mun geus témbong budak angon! Ti dinya
loba nu ribut, ti dapur laju salembur, ti lembur jadi sanagara! Nu
barodo jaradi gélo marantuan nu garelut, dikokolotan ku budak
buncireung! Matakna garelut? Marebutkeun warisan. Nu hawek hayang loba;
nu boga hak marénta bagianana. Ngan nu aréling caricing. Arinyana mah
ngalalajoan. Tapi kabarérang.
Nu garelut laju rareureuh; laju kakara
arengeuh; kabéh gé taya nu meunang bagian. Sabab warisan sakabéh béak,
béakna ku nu nyarekel gadéan. Buta-buta laju nyarusup, nu garelut jadi
kareueung, sarieuneun ditempuhkeun leungitna nagara. Laju naréangan
budak angon, nu saungna di birit leuwi nu pantona batu satangtung, nu
dihateup ku handeuleum ditihangan ku hanjuang. Naréanganana budak
tumbal. sejana dék marénta tumbal. Tapi, budak angon enggeus euweuh,
geus narindak babarengan jeung budak anu janggotan; geus mariang pindah
ngababakan, parindah ka Lebak Cawéné!
Nu kasampak ngan kari gagak, keur ngelak
dina tutunggul. Daréngékeun! Jaman bakal ganti deui. tapi engké, lamun
Gunung Gedé anggeus bitu, disusul ku tujuh gunung. Génjlong deui
sajajagat. Urang Sunda disarambat; urang Sunda ngahampura. Hadé deui
sakabéhanana. Sanagara sahiji deui. Nusa Jaya, jaya deui; sabab ngadeg
ratu adil; ratu adil nu sajati.
Tapi ratu saha? Ti mana asalna éta ratu? Engké ogé dia nyaraho. Ayeuna mah, siar ku dia éta budak angon!
Jig geura narindak! Tapi, ulah ngalieuk ka tukang!
Prabu Siliwangi berpesan pada warga Pajajaran yang ikut mundur pada waktu beliau sebelum menghilang :
“Perjalanan kita hanya sampai disini hari ini, walaupun kalian semua setia padaku! Tapi aku tidak boleh membawa kalian dalam masalah ini, membuat kalian susah, ikut merasakan miskin dan lapar. Kalian boleh memilih untuk hidup kedepan nanti, agar besok lusa, kalian hidup senang kaya raya dan bisa mendirikan lagi Pajajaran! Bukan Pajajaran saat ini tapi Pajajaran yang baru yang berdiri oleh perjalanan waktu! Pilih! aku tidak akan melarang, sebab untukku, tidak pantas jadi raja yang rakyatnya lapar dan miskin.”
Dengarkan! Yang ingin tetap ikut
denganku, cepat memisahkan diri ke selatan! Yang ingin kembali lagi ke
kota yang ditinggalkan, cepat memisahkan diri ke utara! Yang ingin
berbakti kepada raja yang sedang berkuasa, cepat memisahkan diri ke
timur! Yang tidak ingin ikut siapa-siapa, cepat memisahkan diri ke
barat!
Dengarkan! Kalian yang di timur harus
tahu: Kekuasaan akan turut dengan kalian! dan keturunan kalian nanti
yang akan memerintah saudara kalian dan orang lain. Tapi kalian harus
ingat, nanti mereka akan memerintah dengan semena-mena. Akan ada
pembalasan untuk semua itu. Silahkan pergi!
Kalian yang di sebelah barat! Carilah
oleh kalian Ki Santang! Sebab nanti, keturunan kalian yang akan
mengingatkan saudara kalian dan orang lain. Ke saudara sedaerah, ke
saudara yang datang sependirian dan semua yang baik hatinya. Suatu saat
nanti, apabila tengah malam, dari gunung Halimun terdengar suara minta
tolong, nah itu adalah tandanya. Semua keturunan kalian dipanggil oleh
yang mau menikah di Lebak Cawéné. Jangan sampai berlebihan, sebab nanti
telaga akan banjir! Silahkan pergi! Ingat! Jangan menoleh kebelakang!
Kalian yang di sebelah utara! Dengarkan!
Kota takkan pernah kalian datangi, yang kalian temui hanya padang yang
perlu diolah. Keturunan kalian, kebanyakan akan menjadi rakyat biasa.
Adapun yang menjadi penguasa tetap tidak mempunyai kekuasaan. Suatu hari
nanti akan kedatangan tamu, banyak tamu dari jauh, tapi tamu yang
menyusahkan. Waspadalah!
Semua keturunan kalian akan aku kunjungi,
tapi hanya pada waktu tertentu dan saat diperlukan. Aku akan datang
lagi, menolong yang perlu, membantu yang susah, tapi hanya mereka yang
bagus perangainya. Apabila aku datang takkan terlihat; apabila aku
berbicara takkan terdengar. Memang aku akan datang tapi hanya untuk
mereka yang baik hatinya, mereka yang mengerti dan satu tujuan, yang
mengerti tentang harum sejati juga mempunyai jalan pikiran yang lurus
dan bagus tingkah lakunya. Ketika aku datang, tidak berupa dan bersuara
tapi memberi ciri dengan wewangian. Semenjak hari ini, Pajajaran hilang
dari alam nyata. Hilang kotanya, hilang negaranya. Pajajaran tidak akan
meninggalkan jejak, selain nama untuk mereka yang berusaha menelusuri.
Sebab bukti yang ada akan banyak yang menolak! Tapi suatu saat akan ada
yang mencoba, supaya yang hilang bisa diteemukan kembali. Bisa saja,
hanya menelusurinya harus memakai dasar. Tapi yang menelusurinya banyak
yang sok pintar dan sombong. dan bahkan berlebihan kalau bicara.
Suatu saat nanti akan banyak hal yang
ditemui, sebagian-sebagian. Sebab terlanjur dilarang oleh Pemimpin
Pengganti! Ada yang berani menelusuri terus menerus, tidak mengindahkan
larangan, mencari sambil melawan, melawan sambil tertawa. Dialah Anak
Gembala. Rumahnya di belakang sungai, pintunya setinggi batu, tertutupi
pohon handeuleum dan hanjuang. Apa yang dia gembalakan? Bukan kerbau
bukan domba, bukan pula harimau ataupun banteng. Tetapi ranting daun
kering dan sisa potongan pohon. Dia terus mencari, mengumpulkan semua
yang dia temui. Tapi akan menemui banyak sejarah/kejadian, selesai jaman
yang satu datang lagi satu jaman yang jadi sejarah/kejadian baru,
setiap jaman membuat sejarah. setiap waktu akan berulang itu dan itu
lagi.
Dengarkan! yang saat ini memusuhi kita,
akan berkuasa hanya untuk sementara waktu. Tanahnya kering padahal di
pinggir sungai Cibantaeun dijadikan kandang kerbau kosong. Nah di
situlah, sebuah nagara akan pecah, pecah oleh kerbau bule, yang
digembalakan oleh orang yang tinggi dan memerintah di pusat kota.
semenjak itu, raja-raja dibelenggu. Kerbau bule memegang kendali, dan
keturunan kita hanya jadi orang suruhan. Tapi kendali itu tak terasa
sebab semuanya serba dipenuhi dan murah serta banyak pilihan.
Semenjak itu, pekerjaan dikuasai monyet.
Suatu saat nanti keturunan kita akan ada yang sadar, tapi sadar seperti
terbangun dari mimpi. Dari yang hilang dulu semakin banyak yang
terbongkar. Tapi banyak yang tertukar sejarahnya, banyak yang dicuri
bahkan dijual! Keturunan kita banyak yang tidak tahu, bahwa jaman sudah
berganti! Pada saat itu geger di seluruh negara. Pintu dihancurkan oleh
mereka para pemimpin, tapi pemimpin yang salah arah!
Yang memerintah bersembunyi, pusat kota
kosong, kerbau bule kabur. Negara pecahan diserbu monyet! Keturunan kita
enak tertawa, tapi tertawa yang terpotong, sebab ternyata, pasar habis
oleh penyakit, sawah habis oleh penyakit, tempat padi habis oleh
penyakit, kebun habis oleh penyakit, perempuan hamil oleh penyakit.
Semuanya diserbu oleh penyakit. Keturunan kita takut oleh segala yang
berbau penyakit. Semua alat digunakan untuk menyembuhkan penyakit sebab
sudah semakin parah. Yang mengerjakannya masih bangsa sendiri. Banyak
yang mati kelaparan. Semenjak itu keturunan kita banyak yang berharap
bisa bercocok tanam sambil sok tahu membuka lahan. mereka tidak sadar
bahwa jaman sudah berganti cerita lagi.
Lalu sayup-sayup dari ujung laut utara
terdengar gemuruh, burung menetaskan telur. Riuh seluruh bumi! Sementara
di sini? Ramai oleh perang, saling menindas antar sesama. Penyakit
bermunculan di sana-sini. Lalu keturunan kita mengamuk. Mengamuk tanpa
aturan. Banyak yang mati tanpa dosa, jelas-jelas musuh dijadikan teman,
yang jelas-jelas teman dijadikan musuh. Mendadak banyak pemimpin dengan
caranya sendiri. Yang bingung semakin bingung. Banyak anak kecil sudah
menjadi bapa. Yang mengamuk tambah berkuasa, mengamuk tanpa pandang
bulu. Yang Putih dihancurkan, yang Hitam diusir. Kepulauan ini semakin
kacau, sebab banyak yang mengamuk, tidak beda dengan tawon, hanya karena
dirusak sarangnya. seluruh nusa dihancurkan dan dikejar. Tetapi…ada
yang menghentikan, yang menghentikan adalah orang sebrang.
Lalu berdiri lagi penguasa yang berasal
dari orang biasa. Tapi memang keturunan penguasa dahulu kala dan ibunya
adalah seorang putri Pulau Dewata. Karena jelas keturunan penguasa,
penguasa baru susah dianiaya! Semenjak itu berganti lagi jaman. Ganti
jaman ganti cerita! Kapan? Tidak lama, setelah bulan muncul di siang
hari, disusul oleh lewatnya komet yang terang benderang. Di bekas negara
kita, berdiri lagi sebuah negara. Negara di dalam negara dan
pemimpinnya bukan keturunan Pajajaran.
Lalu akan ada penguasa, tapi penguasa
yang mendirikan benteng yang tidak boleh dibuka, yang mendirikan pintu
yang tidak boleh ditutup, membuat pancuran ditengah jalan, memelihara
elang dipohon beringin. Memang penguasa buta! Bukan buta pemaksa, tetapi
buta tidak melihat, segala penyakit dan penderitaan, penjahat juga
pencuri menggerogoti rakyat yang sudah susah. Sekalinya ada yang berani
mengingatkan, yang diburu bukanlah penderitaan itu semua tetapi orang
yang mengingatkannya. Semakin maju semakin banyak penguasa yang buta
tuli. memerintah sambil menyembah berhala. Lalu anak-anak muda salah
pergaulan, aturan hanya menjadi bahan omongan, karena yang membuatnya
bukan orang yang mengerti aturan itu sendiri. Wajar saja bila kolam
semuanya mengering, pertanian semuanya puso, bulir padi banyak yang
diselewengkan, sebab yang berjanjinya banyak tukang bohong, semua
diberangus janji-janji belaka, terlalu banyak orang pintar, tapi pintar
kebelinger.
Pada saat itu datang pemuda berjanggut,
datangnya memakai baju serba hitam sambil menyanding sarung tua.
Membangunkan semua yang salah arah, mengingatkan pada yang lupa, tapi
tidak dianggap. Karena pintar kebelinger, maunya menang sendiri. Mereka
tidak sadar, langit sudah memerah, asap mengepul dari perapian.
Alih-alih dianggap, pemuda berjanggut ditangkap dimasukan kepenjara.
Lalu mereka mengacak-ngacak tanah orang lain, beralasan mencari musuh
tapi sebenarnya mereka sengaja membuat permusuhan.
Waspadalah! sebab mereka nanti akan
melarang untuk menceritakan Pajajaran. Sebab takut ketahuan, bahwa
mereka yang jadi gara-gara selama ini. Penguasa yang buta, semakin hari
semakin berkuasa melebihi kerbau bule, mereka tidak sadar jaman manusia
sudah dikuasai oleh kelakuan hewan.
Kekuasaan penguasa buta tidak berlangsung lama, tapi karena sudah kelewatan menyengsarakan rakyat yang sudah berharap agar ada mukjizat datang untuk mereka. Penguasa itu akan menjadi tumbal, tumbal untuk perbuatannya sendiri, kapan waktunya? Nanti, saat munculnya anak gembala! di situ akan banyak huru-hara, yang bermula di satu daerah semakin lama semakin besar meluas di seluruh negara. yang tidak tahu menjadi gila dan ikut-ikutan menyerobot dan bertengkar. Dipimpin oleh pemuda gendut! Sebabnya bertengkar? Memperebutkan tanah. Yang sudah punya ingin lebih, yang berhak meminta bagiannya. Hanya yang sadar pada diam, mereka hanya menonton tapi tetap terbawa-bawa.
Kekuasaan penguasa buta tidak berlangsung lama, tapi karena sudah kelewatan menyengsarakan rakyat yang sudah berharap agar ada mukjizat datang untuk mereka. Penguasa itu akan menjadi tumbal, tumbal untuk perbuatannya sendiri, kapan waktunya? Nanti, saat munculnya anak gembala! di situ akan banyak huru-hara, yang bermula di satu daerah semakin lama semakin besar meluas di seluruh negara. yang tidak tahu menjadi gila dan ikut-ikutan menyerobot dan bertengkar. Dipimpin oleh pemuda gendut! Sebabnya bertengkar? Memperebutkan tanah. Yang sudah punya ingin lebih, yang berhak meminta bagiannya. Hanya yang sadar pada diam, mereka hanya menonton tapi tetap terbawa-bawa.
Yang bertengkar lalu terdiam dan sadar
ternyata mereka memperebutkan pepesan kosong, sebab tanah sudah habis
oleh mereka yang punya uang. Para penguasa lalu menyusup, yang
bertengkar ketakutan, ketakutan kehilangan negara, lalu mereka mencari
anak gembala, yang rumahnya di ujung sungai yang pintunya setinggi batu,
yang rimbun oleh pohon handeuleum dan hanjuang. Semua mencari tumbal,
tapi pemuda gembala sudah tidak ada, sudah pergi bersama pemuda
berjanggut, pergi membuka lahan baru di Lebak Cawéné!
Yang ditemui hanya gagak yang berkoar di
dahan mati. Dengarkan! jaman akan berganti lagi, tapi nanti, Setelah
Gunung Gede meletus, disusul oleh tujuh gunung. Ribut lagi seluruh bumi.
Orang sunda dipanggil-panggil, orang sunda memaafkan. Baik lagi
semuanya. Negara bersatu kembali. Nusa jaya lagi, sebab berdiri ratu
adil, ratu adil yang sejati.
Tapi ratu siapa? darimana asalnya sang ratu? Nanti juga kalian akan tahu. Sekarang, cari oleh kalian pemuda gembala.
Silahkan pergi, ingat jangan menoleh kebelakang!
Cipaku: Jejak Monotheisme Nusantara Purba
mang Asep Kabayan (dkabayan@gmail.com)
Selain Cladius Ptolemaus (Abad 2 M)
yang menceritakan tentang Argyre/ Aki Tilem/ Aki Luhur Mulya juga ada
Berita China, perlu diingat dalam sejarah agak lebih muda Syarif
Hidayatulloh Sunan Gunung Jati itu menikah dengan Putri Tiongkok Ong Tin
Nio jadi sudah menjadi suatu kebiasaan yang lumrah dahulu kala Orang
China/ Tiongkok melakukan perjalanan Laut dari Daratan China mengunjungi
leluhurnya ke Cirebon Hilir dan tentunya nyampe juga ke Cirebon Girang
karena Sungai Cimanuk cukup besar sehingga memungkinkan perjalanan air
secara cepat. Lahan pertanian dan perkebunan subur ada di Hulu/ Girang
oleh karenanya pastinya para Pedagang China mencari ke sumbernya
langsung di Hulu.
[Note-sekedar berbagi info: Kang Kabayan,..zaman itu masih terlalu awal dihubungkan dengan Cina..kalaw dengan India..sangat mungkin... karena Hindu dan Budha itu dari India.. menyebar ke Nusantara dan juga ke Cina... Jadi... Pandeglang/ Dahulu ada Kerajaan Mandalawangi itu bukan Merak... tetapi di pegunungan- yakni G. Pulosari dan G. Karang...-disana ada puncak Cupumanik..dan juga Sumurtujuh...dan Batu Qurán....dan ada Pemandian...[lupa namanya] ? Zaman dahulu agak dikramatkan oleh para pemangku adat sunda buhun/ sunda wiwitan.. Konon Pandeglang -itu adalah asal kata pandai/ pembuat gelang.. semacam ahli kerajinan membuat gelang..bisa dari logam emas-perak-suasa-besi-tembaga ataw logam lainnya...
Peninggalan disana banyak yang hilang dan konon hanya hunjuran2.. yah seperti juga gunung padang-cibedug-cugenang-karena mungkin yang lainnya mudah dipindahkan ataw dibawa oleh para penjajah ataw pedagang setelah leluhurnya pindah....
Bukan kemudian..dihubungkan dengan sastra dan sasakala....ataw kedatangan pedagang Cina.. yang mungkin saja demikian tetapi jauh kemudiannya... Memang perlu penelitian sejarah yang lebih akurat... Tetapi menafsir demikian saja...juga bisa keliru... Karena pada abad2 selanjutnya... Kerajaan Pakuan itu.. batasnya adalah +/- Cianjur hingga daerah Sumatera Selatan... Sedang Kerajaan Galuh itu Bandung hingga perbatasan Jogya Banjarnegara.. -Dahulu belum ada Jawa Tengah-yang ada Kerajan Majapahit... dimana di bagian barat ada Kerajaan Pajajaran yakni gabungan Pakuan dan Galuh-Kemudainnya lagi masuknya Islam.. berubah lagi tatanan Kerajaan... aykni Cirebon dan Banten..
Nah sekarang ditemukan situs purbakala... di Gunung Padang, Cianjur-Cibedug, Rangkasbitung-Cugenang, Cilacap.. Ini masih sedang dieliti... Konon ... malahan ini peninggalan pra sejarah..yang ribuan bahkan puluhan ribu tahun sebelum Masehi...?? Wah Ini dahsyaat...betul ]
Kalau Argyre/ Salaka Nagara itu Merak/ Pandeglang, rasanya
rada kurang masuk akal, tidak ada catatan sejarah relasi khusus/ dekat
antara China Tiongkok dengan Pandeglang/Merak. Yang ada relasi khusus
China dgn Jawa itu ada di Semarang dan Cirebon. Semarang terlalu jauh
nyambung ke Tarumanagaranya. Karena Salaka Nagara yg menurunkan raja-2
besar Tarumanagara yg terus secara kontinue melakukan hubungan dagang
dengan China. Tarum/Citarum adalah Mandala Utara Simbol Warnanya Hitam.
Di Gunung Salak Pura Jagatkarta ada Simbol Macan Putih dan Macan Hitam
yg menjaga Siliwangi, konon Kabarnya menurut Kang Saleh Danasasmita
Hitam Putih itu adalah simbol Tarumanagara Hitam dan Salakanagara/ Sunda
Putih. Kelihatannya Simbol Hitam itu terus dipakai disepanjang Pantai
Utara dari Subang, Karawang, dan Bekasi.
Menurut buku Prof. Edi S Ekadjati, Dewawarman pun ternyata memiliki Gelar Prabu Dharmalokapala Dewawarman HAJI Raksagapurasagara. Sebutan Dharmalokapala dan juga HAJI erat kaitannya dengan Dharmaraja dan Eyang Haji Aji Putih . Dewawarman Manusia sejarah pertama yang bergelar HAJI dan kemudian diikuti oleh anak n’ cucu serta cicitnya termasuk Sribaduga Maharaja Ratu Haji di Pakuan Pajajaran mengikuti leluhurnya memakai gelar Eyang Haji.
Para ahli sejarah yang selama ini berkutat meneliti Salakanagara itu di Pandeglang perlu mencoba merubah paradigma berfikir dan mencoba meneliti kemungkinan Salakanagara itu adalah Situs Aji Putih Cipaku Darmaraja Jatigede .
Skenario Resi Guru Aji Putih sebagai Aki Tilem/ Aki Luhur Mulya yang agama/ keyakinannya masih Sunda/ Aslinya dan kemudian Dewawarman menantunya yang dari India membawa pengaruh Hindu menikah dengan anaknya Aki Tirem yg perempuan, Dewawarman ini mirip dengan karakter Gajah Agung anaknya Resi Guru Aji Putih, mungkin maksudnya anak mantu, dari Gajah Agung (Nama Gajah menunjukan pengaruh Hindu) itulah kemudian menurunkan raja-2 besar di Salakanagara dan sampai kemudian berlanjut ke Tarumanagara.
Jadi menurut pendapat Mamang Salakanagara itu adalah Mandala Perak/ Putih/ Timur Cipaku Jatigede Sumedang, Aki Tirem/ Tilem / Luhur Mulya itu adalah Resi Guru Aji Putih dan Gajah Agung adalah Menantu Resi Guru Aji Putih yang mendirikan Kerajaan Salakanagara di Darmaraja Sumedang.
Wallohualam bishawab… Perlu penelitian lebih lanjut secara ilmiah dan sebagai warisan peradaban dunia apalagi Argyre/ Cladius Ptelemous ini lah yang mencetuskan The Lost Atlantis.
Menurut buku Prof. Edi S Ekadjati, Dewawarman pun ternyata memiliki Gelar Prabu Dharmalokapala Dewawarman HAJI Raksagapurasagara. Sebutan Dharmalokapala dan juga HAJI erat kaitannya dengan Dharmaraja dan Eyang Haji Aji Putih . Dewawarman Manusia sejarah pertama yang bergelar HAJI dan kemudian diikuti oleh anak n’ cucu serta cicitnya termasuk Sribaduga Maharaja Ratu Haji di Pakuan Pajajaran mengikuti leluhurnya memakai gelar Eyang Haji.
Para ahli sejarah yang selama ini berkutat meneliti Salakanagara itu di Pandeglang perlu mencoba merubah paradigma berfikir dan mencoba meneliti kemungkinan Salakanagara itu adalah Situs Aji Putih Cipaku Darmaraja Jatigede .
Skenario Resi Guru Aji Putih sebagai Aki Tilem/ Aki Luhur Mulya yang agama/ keyakinannya masih Sunda/ Aslinya dan kemudian Dewawarman menantunya yang dari India membawa pengaruh Hindu menikah dengan anaknya Aki Tirem yg perempuan, Dewawarman ini mirip dengan karakter Gajah Agung anaknya Resi Guru Aji Putih, mungkin maksudnya anak mantu, dari Gajah Agung (Nama Gajah menunjukan pengaruh Hindu) itulah kemudian menurunkan raja-2 besar di Salakanagara dan sampai kemudian berlanjut ke Tarumanagara.
Jadi menurut pendapat Mamang Salakanagara itu adalah Mandala Perak/ Putih/ Timur Cipaku Jatigede Sumedang, Aki Tirem/ Tilem / Luhur Mulya itu adalah Resi Guru Aji Putih dan Gajah Agung adalah Menantu Resi Guru Aji Putih yang mendirikan Kerajaan Salakanagara di Darmaraja Sumedang.
Wallohualam bishawab… Perlu penelitian lebih lanjut secara ilmiah dan sebagai warisan peradaban dunia apalagi Argyre/ Cladius Ptelemous ini lah yang mencetuskan The Lost Atlantis.
Apakah The Lost Atlantis itu
diceritakan Aki Tilem/ Aji Putih ke Ptelemous di Cipaku Cirebon Girang
tentang Gunung Sunda Purba yang meletus lalu kemudian dari tadinya Sunda
sebagai satu hamparan tiba-2 tenggelam menjadi bernusa-2 dan
Cekungannya pun menjadi Danau Bandung?
[Attachment(s) from
mang kabayan included below]Wooow thanks to Gan Gugel Cipaku Garut
akhirnya ketemu juga ada Pesantren Cipaku nih di Tarogong Wanaraja
.http://wikimapia.org/27647694/pesntren-cipaku
Terlampir
juga ada list situs yg mana di Garut nama Situsnya Mbah Braja Sakti dan
Braja Mukti ~ BRAJA = Api/ Panas/ Merah kalau di pewayangan mah yang
punya ajian Brajamusti mah Gatot Gaca .
Nah jadi di Garut ada Cipaku + Nama Situsnya BRAJA / Api/ Merah . Di Garut juga banyak ditemukan naskah-2 salah satunya adalah Naskah Ciburuy/ Sewaka Darma ini yg ditulis di daun lontar .
Jadi lengkap sudah leluhur Sunda bisa membuat Papat Kalima Pancer dengan Sempurna . Sesuai Naskah Sewaka Darma yg diterjemahkan oleh Drs. Saleh Danasasmita, Sundanologi
. Kalau Mamang bacanya dari Disertasinya S3 di ITB Doktor Boboko Mang
Jamal Dekan FSRD Itenas yg gaul hehehe. Disitu dijelaskan mengenai 4
penjuru mata angin dengan 1 pusatnya serta simbol warnanya.
1. Pusat ~ Terang, Cahaya Warna Warni . Sunda artinya terang . Cipaku Gunung Sunda Bandung .
2. Barat ~ Kuning, Material Emas. Bokor Emas . Situs Mbah Dalem Cipaku Bokor/ Bogor .
3. Timur ~ Putih, Material Perak. Situs Aji Putih Cipaku Sumedang .
4. Utara ~ Hitam, Material Besi. Cipaku Subang, Situs Tarum Jaya .
5. Selatan ~ Merah, Material Tembaga. Cipaku Garut, Situs Eyang Braja Musti .
Itulah 5 Mandala Nusantara yang luar biasa
. Candi alami yang dibuat sangat sederhana dengan menggunakan kontur
alami, sungai dan hutan lindung yang masih terjaga sampai sekarang .
Kalau bangsa kita tidak cerdas tidak
mungkin bisa membuat pola papat kalima pancer ini secara akurat tanpa
bantuan GPS dan maping modern, mungkin hanya menggunakan Rasi Bintang
dilangit aja .
Naskah Sewaka Darma ini ditulis Abad
Ke-15 asumsi saja misalnya Situs-2 itu dibangun pada saat itu tapi kalau
melihat bentuk situs yg menggunakan batu mah menurut Prof. Dr. Nina
Herlina Lubis mah dari sejak jaman prasejarah dan merupakan transisi .
Sebagai warisan peradaban dunia sudah seharusnya dilestarikan .Cipaku Jejak Monotheisme Nusantara Purba
Alhamdulillah sudah terjawab Teka-teki Jatigede Sasakala Sangkuriang .
Jadi yang selama ini Bendungan ~ Bandung itu ada yang terbendung
rupanya yaitu Jejak Monoteismeu Nusantara Purba yang selama ini menjadi
pertanyaan Para Ahli Filsafat, Ilmuwan, Spiritualis, dlsb. Terlampir
Bahan Presentasi Hipotesa Mamang tentang Jejak Monoteismeu Nusantara
Purba di Gunung Sunda Purba yang konon menurut Ahli Geologi sekitar
20.000 thn yang lalu.
Gunung Sunda Purba ternyata merupakan Pusat 5
Mandala Dunia, Mandala Pusat Cipaku Bandung, Mandala Barat Cipaku Bogor,
Mandala Timur Cipaku AJI PUTIH JATIGEDE Sumedang, Mandala Utara Cipaku
Subang, Mandala Selatan Cipaku Garut . Gunung Sunda Purba Menurut Dr. J.
A. Katili & Dr. P. Marks ada 20.000 tahun yang lalu.
Luar biasa
ternyata Karuhun/ Leluhur Sunda Sudah Mengenal Adanya Tuhan YME sejak
20.000 tahun yang lalu. Karuhun Sunda sudah mengenal ilmu Geodesi
Pemetaan membuat Sumbu-sumbu arah mata angin yang canggih tanpa GPS dan
berhasil meletakan ke-5 Mandala itu tepat persis di sumbu/ axis-nya,
karuhun sudah mengenal Geologi Ilmu Bebatuan & Tanah, Ilmu Tata
Ruang, Ilmu pertanian, dan lainnya. Mengutip Kata Prof. Dr. Nina Herlina
Lubis UNPAD, sebagai Warisan Peradaban Dunia seharusnya JATIGEDE
sebagai Mandala Terakhir Yang Masih Terjaga Kelestariannya harus
dilestarikan dan dikembangkan sebagai Pusat Pendidikan Moral &
Spiritual sebagai solusi permasalahan Bangsa Indonesia dan Dunia.
Bangsa Indonesia dan Dunia saat ini
sedang sakit . Krisis Moral & Spiritual tidak percaya akan adanya
TUHAN YANG MAHA ESA, In God We Trust hanya terbatas pada tataran
normative Pancasila Sila ke-1 dan tertulis dalam mata uang Dollar
Amerika serikat saja. Alhamdulillah Teka-teki Jatigede Sasakala
Sangkuriang sudah terungkap. Ilmu yang selama ini ini terbendung bisa
terbuka. Semoga bisa menjadi Boeh Rarang/ Pencerahan buat kita semua,
bahwa TUHAN itu ada dan sesuai yang Mamang tuliskan Tanda- tanda
Kebesaran Tuhan itu adalah ketika ALAM dirusak maka ALAM pula lah yang
akan membalas. Apa yang ditanam itu yang dituai. Perbuatan sekecil
apapun baik/ buruk pasti ada balasan dari Alloh SWT.
Semoga Nu Kawasa Nu Ngersakeun Nu Maha
Murbeng alam memberkati kita semua dan Nusantara yang dulu jaya bisa
kembali lagi diberkahi dengan kemakmuran dan kesejahteraan. Apabila
tidak bisa menerima file presentasinya silahkan Japri ke Mamang nanti
Mamang kirimkan file-nya cukup besar PDF 4MB.
Ada Kepercayaan Masyarakat “Keuyeup Apu
Anu Bisa Meulah Gunung Jeung Muka Bendungan”, Hanya Kepiting Putih yang
bisa membelah Gunung dan membuka Bendungan, tafsirnya yang dimaksud
membelah gunung adalah membelah pengetahuan tentang Gunung dalam hal ini
Gunung Sunda sebagai Pusat 5 Mandala Dunia yang sudah ada sejak 20.000
tahun yang lalu dan membuka bendungan adalah membuka ilmu pengetahuan
secara akal sehat yang terbendung selama ini. Kepiting Putih maksudnya
sifat yang tekun dan bersih yang mengedepankan Akal Sehat dan Ilmu
Pengetahuan sebagai dasar berfikirnya. Sifat tekun dan gigih tidak
pernah menyerah terdapat pada Rasi Bintang Kepiting/ Cancer, dalam
Zodiak individu yang memiliki bintang Cancer, terlahir pada 22 Juni
hingga 22 Juli, ketika matahari ada pada bintang Cancer.
Pun sapun kaluluhuran .
Nuhuuuns,Mang Asep Kabayan
NEO-LIBERALISME RINTANGAN BAGI NASIONALISME
NEO-LIBERALISME RINTANGAN BAGI NASIONALISME
Abdul Hadi W. M.
http://ahmadsamantho.wordpress.com/neo-liberalisme-rintangan-bagi-nasionalisme/
SepertI sistem pemerintahan dan politik lain, sebuah sistem ekonomi
kemasyarakatan senantiasa didasarkan atas pemikiran atau dasar falsafah
tertentu. Demikian neo-liberalisme yang sering diperdebatkan selama
beberapa tahun terakhir ini dan dipandang menggerogoti dasar-dasar
falsafah bangsa kita Pancasila serta sistem sosial, politik, ekonomi dan
pemerintahan dicita-citakan Mukadimah UUD 45 dan batang tubuhnya.
Oleh
sebab itu neo-liberalisme tidak hanya bisa diperdebatkan hanya dalam
lingkup ilmu ekonomi, tetapi juga dari perspektif sejarah pemikiran
filsafat. Sebagai aliran pemikiran kemasyarakatan, neo-liberalisme
sering dikaitkan dengan sistem ekonomi pasar bebas dan berakar dari
perpaduan pemikiran sosial, politik dan ekonomi, serta anthropologi
falsafah seperti liberalisme, utilitarianisme, individualisme,
materialisme, kapitalisme, hedonisme, dan lain sebagainya. Yang kedua
lahir dari paham seperti altruisme, kolektivisme, dan sosialisme, baik
sosialisme bercorak secular maupun keagamaan.
Liberalisme dan Neo-Liberalisme
Istilah neo-liberalisme sebenarnya telah lama diperkenalkan di
Indonesia, yaitu oleh Mohammad Hatta dalam bukunya Ekonomi Terpimpin
(1959). Sebutan ini merujuk kepada pemikiran tiga filosof ekonomi
terkemuka pasca-Perang Dunia II – Walter Euchen, Friedrich von Hayek,
dan Wilhelm Ropke. Mereka menuntut adanya peraturan yang menjamin
lancarnya persaingan bebas dapalm kehidupan ekonomi seperti ketetapan
nilai mata uang, adanya pasar terbuka di banyak negara, pemilikan swasta
atas sarana produksi, kebebasan membuat perjanjian yang tepat mengenai
tanggung jawab perusahaan dan politik perekonomian sesuai.
Secara umum paham ini lahir dari rahim aliran filsafat liberalisme
atau paham serba bebas. Pencetusnya dua filosof Inggeris abad ke-17 M,
Thomas Hobbes dan John Locke. Aliran ini berkembang pasat pada abad
ke-18 M. Menurut dua filosof ini dalam kodratnya manusia bukanlah mahluk
altruistik atau cinta kepada masyarakat.
Karena itu cenderung pula
tidak kooperatif atau bekerja sama dengan sesama anggota masyarakat.
Bawaan manusia sebagai hewan berakal (animal rationale) adalah
mengutamakan kepentingan pribadi. Dalam bukunya Leviathan Thomas Hobbes
mengatakan bahwa “manusia adalah serigala bagi manusia lainnya” (homo
homini lopus). Semboyannya yang lain yang terkenal ialah “a war of all
against all”.
Untuk mengatasi situasi hukum rimba yang serba kejam itu
harus ada negara yang dikuasai oleh satu orang secara mutlak, yaitu
monarki absolute. Bentuk kekuasaan absolut ini dijumpai dalam pribadi
Raja Louis IX yang terkenal dengan semboyannya “Le`etat est moi” (negara
adalah saya). Dengan jalan piikiran yang sama John Locke membawa
liberalismenya ke tempat lain.
Kebebasan, menurutnya, tak punya nilai instrinsik. Nilai ditambahkan
manusia dalam kehidupan sosialnya. Ia menunjuk property sebagai sumber
nilai yang membawa manusia mau hidup bermasyarakat. Hanya hal-hal yang
bersifat kebendaan yang dapat dijadikan dasar untuk membangun suatu
masyarakat. Lebih jauh baginya kehidupan sosial tak lebih daripada
gelanggang persaingan bebas antar individu. Sebaik-baiknya cara agar
masyarakat maju dan berkembang ialah dengan membiarkan persaingan itu
berlangsung tanpa campur tangan negara. Berdasarkan pemkiran dua
fiolosof abad ke-17 itu Adam Smith (1723-1790) mengembangkannya menjadi
aliran pemikiran ekonomi. Menurutnya pusat kehidupan sosial yang ideal
adalah pasar.
Di sini liberalisme, dalam pengertian ekonomi, ia artikan sebagai
pemeliharaan kebebasan individu untuk berjual beli dan saling bersaing
dengan bebas di pasar. Motivasi jual beli bukan kerjasama, melainkan
kepentingan pribadi. Hasil akhir persaingan yang fair ialah keadilan,
asal saja setiap orang diberi kesempatan yang sama untuk bersaing (Mead
1972:14-6). Dalam bukunya An Enquiry into the Nature and Causes of the
Wealth of Nations (1776) Adam Smith mengatakan bahwa sebagai mahluk
ekonomi manusia cenderung memburu kenikmatan dan keuntungan
sebesar-besarnya bagi dirinya. Jika tabiat bawaan manusia yang
individualistik, egosentrik dan condong pada kebebasan ini dibiarkan
berkembang tanpa campur tangan pemerintah/negara, dengan sendirinya akan
terjadi alokasi yang memadai dari faktor-faktor produksi, pemerataan
dan keadilan, kebebasan, dan dengan demikian inovasi dan kreativitas
dapat berkembang.
Bersumber dari pemikiran Adam Smith, pada akhir abad
ke-18 bersamaan dengan berkobarnya Revolusi Perancis dan lahirnya
Revolusi Industri di Inggeris, lahir pula dua aliran pemikiran yang
dominan. Yaitu individualisme di bidang hukum dan anthropologi filsafat,
dan ide psar terbuka yang berkaitan dengan perkembangan industri.
Menurut paham inidividualisme, manusia yang lahir dengan bawaan bebas
dan hidup bebas, tidak boleh dikekang kebebasannya.
Paham ini sangat dominant pada abad ke-20 dalam kehidupan politik,
ekoomi, dan seni. Aliran kedua berkenaan dengan berpindahnya pusat usaha
dari kaum merkantilis (pedagang) ke tangan kaum industrialis. Kaum
industri yang menguasai modal ini pantang berkoalisi seperti
partai-partai politik, dan hanya bisa membuat persekutuan modal dalam
bentuk perseroan terbatas. Semakin lama persekutuan ini kian kuat dan
mengancam kehidupan kaum pekerja yang dilarang berserikat. Dari
perkembangan inilah lahir badan-badan monopoli atau oligopoly yang
begitu berkuasa.
Tetapi sebagai hasil dari perjuangan kaum sosialis,
negara-negara industri di Eropa memperkenankan kaum buruh membentuk
serikat pekerja untuk memperjuangkan nasibnya. Pada awal abad ke-20
zaman keemasan individualisme ekonomi mulai pudar. Perag Dunia I
(1914-1918) mendorong negara-negara kapitalis memberlakukan banyak auran
yang mengekang sistem pasar bebas.
Krisis ekonomi pada decade 1920an juga mendorong negara-negara Eropa
untuk menyusun industrinya masing-masing dengan berbagai proteksi. Pada
tahun 1929 krisis hebat melanda kapitalisme disusul dengan bayangan
bangkitnya kembali Fascisme Jerman dan Italia. Berbagai regulasi
diberlakukan agar ekonomi rakyat tidak ambrug. Pada masa inilah gagasan
Ekonomi Terpimpin atau yang semacam itu mulai diterapkan di beberapa
negara Eropa.
Menjelang berakhirnya Perang Dunia II, seorang ahli
ekonomi terkenal Karl Polanyi menerbitkan buku yang kemudian masyhur The
Great Transformation (1944). Dia mengecam keras masyarakat industri
kaplitalis yang mendasarkan perkembangan ekonominya pada sistem pasar
bebas. “Dengan mengakui mekanisme pasar sebagai satu-satunya penentu
nasib manusia dan kondisi alam lingkungannya,” kata Polanyi, “kerusakan
besar akan menimpa masyarakat.” (hal 73). “Kerusakan itu tidak akan
terjadi jika kepentingan masyarakat tidak diabaikan di atas kepentingan
individu.” Pandangan Polanyi dan lain-lain berpengaruh besar di dunia,
ditopang lagi dengan Perang Dingin antara Blok Barat yang kapitalis
dengan Bolok Timur yang sosialis-komunis. Neo-liberalisme untuk
sementara waktu harus bertiarap.
Memasuki dekade 1970-an sistem sosialisme mulai memperlihatkan
kegagalan dan negara-negara industri mulai mengalami krisis. Keyakinan
akan keunggulan sistem pasar bebas mulai bertunas kembali. Pada tahun
1974 Robert Nozick, seorang filosof politik Amerika, menerbitkan buku
Anarchy, State and Utopia yang kemudian masyhur dan dianggap sebagai
tanda nyata lahirnya kembali liberalisme dalam bentuknya baru. Dalam
bukunya itu Nozick mengatakan bahwa tugas negara bukanlah memaksakan
sistem dan pola tertentu bagi kehidupan warna negara, termasuk kehidupan
sosial, ekonomi, dan kebudayaannya.
Menurutnya, gagasan tentang
keadilan dan pemerataan bertentangan dengan kodrat manusia yang
menginginkan kebebasan penuh. Negara karenanya tidak boleh melakukan
intervensi atas apa yang berlalu di pasar. Biarkan pemodal dengan
modalnya saling bersaing. Peranan negara dengan demikian harus ditekan
seminimal mungkin dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan kebudayaan.
Urusan negara yang terpenting adalah menentukan kebijakan luar negeri.
Berdasar pemikiran Nozick, seorang ahli ekonomi terkenal dari
Universitas Chicago Friedrich von Hayek dan para pengikutnya seperti
Milton Friedman mengembangkan pemikiran yang dikenal dengan sebutan
ekonomi pasar bebas atau neo-liberalisme Pada akhir 1970an gagasan
neo-liberalisme mulai tersebar luas dan diterima banyak sarjana dan
pemimpin negara maju.
Antara lain Ronald Reagan dan Margareth Tatcher.
Tatcher sendiri adalah seorang pengikut von Hayek, yang meyakini
kebenaran teori Darwin tentang survival of the fittest. Begitu terpilih
jadi PM Inggeris pada tahun 1979, ia mencanangkan doktrin
neo-liberalismenya yang dikenal dengan sebutan TINA (There is No
Alternative). Dalam doktrinnya itu dikemukakan keutamaan persaingan
bebas dalam kehidupan manusia, termasuk persaingan antar bangsa, negeri,
perusahaan besar, dan umat berbeda agama, serta persaingan antar
individu dalam masyarakat (Susan George 1999). Persaingan bagi Tatcher
adalah kebajikan tertinggi. Akibat-akibat daripadanya tidak boleh
dipandang buruk.
Pasar adalah pusat kebijakan dan kebajikan tertinggi,
menggantikan peranan Tuhan. Sebagaimana Tuhan pula ia dapat menelorkan
kebaikan dari sesuatu yang tampaknya jahat dan buruk. Melalui
kebijakannya itu sector public dihancurkan. Akibatnya antara tahun
1979-1995 jumlah pekerja di Inggris dikurangi dari 7 juta menjadi 5
juta. Sementara itu income yang diperoleh negara dari pajak bukannya
digunakan untuk kepentingan public, melainkan untuk menutupi hutang
perusahan-perusahaan besar dan memberikan suntikan modal baru agar
bangkit kembali dari kebangkrutan.
Ciri-ciri Neo-liberalisme Seperti
liberalisme klasik, neo-liberalisme menolak nilai-nilai moral dan agama
yang diangkapkan dalam slogan Hak Asasi Manusia. Masyarakat tidaklah
penting, sebab yang asasi adalah kebebasan individu. Pendek kata sebagai
doktrin ekonomi, neo-liberalisme menghendaki perluasan perdagangan
bebas tanpa kontrol dan regulasi. Idea utamanya ialah persaingan bebas
antara pemilik modal yang satu dengan yang lain. Tujuannya menciptakan
keuntungan sebesar-besarnya bagi penguasa pasar, yaitu pemilik modal
besar.
Seperti dikatakan Marcos, pemimpin gerakan Zapatista di Meksiko,
“Kaum neo-liberalis ingin menciptakan seluruh dunia menjadi Mall raksasa
sehingga dengan mudah dapat membeli penduduk pribumi, wanita dan
anak-anak mereka dengan harga murah sebagai tenaga kerja, berikut tanah
milik dan sumber kekayaan alam mereka.” Sebagai paham ekonomi jelas
neo-liberalisme bukan suatu yang baru. Kebaruannya disebabkan
penyebarannya yang begitu luas ke seluruh dunia,.
Walau kata-kata
tersebut jarang terdengar di AS, kata Elizabeth Martinez dan Arnoldo
Garcia (2005), dampak buruknya pada akhirnya dirasakan di negeri asalnya
sendiri. Di sana yang kaya (20%) bertambah kaya, dan yang miskin (80%)
bertambah-tambah miskinnya. Di seluruh dunia kebijakan neo-liberalis
dipaksakan melalui tangan lembaga-lembaga keuangan dan perdagangan dunia
seperti IMF, ADB, WTO, IGGI (untuk Indonesia), Bank Dunia, dan
lain-lain.
Yang memicu lahirnya kembali liberalisme konomi ini ialah
krisis kapitalis sepanjang 25 tahun terakhir, berupa anjlognya
keuntungan yang mereka peroleh sejak awal dekade 1970an yang menyebabkan
meningkatnya jumlah pengagguran. Istilah neo-liberalisme untuk pertama
kali memang muncul di Amerika Latin, anak benua yang paling awal
merasakan dampak buruknya. Sejak itu kaum intelektual negeri itu
berkeyakinan bahwa kendati neo-liberalisme merupakan fenomena negara
Barat kapitalis, namun yang paling menderita disebabkan dampaknya ialah
negara-negara berkembang. Secara garis besar pendirian neo-liberalisme
dapat digambarkan sebagai berikut:
Pertama, ia merupakan paham yang
menekankan pada kekuasaan pasar. Menurut paham ini adanya pasar bebas
tanpa pengawasan dan regulasi yang ketat akan memungkinkan pesatnya
pertumbuhan ekonomi. Reagan menyebutnya sebagai kebijakan ekonomi suply
side, yaitu suatu kebijakan yang dapat mengucurkan kemakmuran secara
cepat dan meluas dari atas ke bawah. Dalam perkembangannya terbukti
bahwa kemakmuran menumpuk di atas, sedangkan milik yang di bawah semakin
terkuras. Kesenjangan kaya dan miskin semakin menjadi-jadi. Jika
terjadi krisis ekonomi, maka yang menanggung beban ialah mayoritas
penduduk yang miskin,
Kedua, untuk meminimalkan peranan negara dilakukan
pemotongan besar-besaran anggaran negara untuk sektor-sektor seperti
pelayanan sosial termasuk kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, dan juga
kebudayaan dan keagamaan. Suplai dan subsidi bahan bakar dan air juga
dikurangi, sehingga beban masyarakat bertambah berat. Biaya pendidikan
dan kesehatan bertambah mahal.
Ketiga, deregulasi. Perusahan-perusahaan
besar wajib mengenyampingkan regulasi dari pemerintah apabila keuntungan
yang mereka peroleh berkurang. Dalam kaitan ini pasar mempunyai
kekuasaan untuk mengatur opini dan pemikiran masyarakat, yaitu melalui
media yang mereka miliki atau kuasai. Termasuk selera seni atau budaya.
Pasar juga berusaha melakukan hegemoni penafsiran terhadap konstitusi,
wacana keagamaan, politik, dan falsafah. Misalnya melalui LSM dan
lembaga pendidikan yang mereka danai.
Keempat, privatisasi. Dengan
privatisasi perusahaan negara terbuka peluang bagi investor asing untuk
menguasai dunia perbankan , sarana transportasi, media informasi dan
komunikasi, bahkan media cetak, elektronik, dan penerbitan buku,
sekolah, lembaga penelitian sosial dan keilmuan, lembaga keagamaan, dan
lain sebagainya. Tidak mengherankan di banyak negeri berkembang seperti
Indonesia, Filipina, Thailand, dan lain-lain neo-liberalisme sanggup
menjadikan negara sebagai benar-benar sebuah pasar bebas.
Kelima, tak
kalah penting ialah apa yang disebut penciutan komunitas-komunitas besar
dalam masyarakat menjadi komunitas-komunitas kecil yang terpecah belah
serta sukar terintegrasikan.
Neo-liberalisme lihai menciptakan
komunitas-komunitas kecil di bidang pendidikan, kebudayaan, ekonomi,
keuangan, politik, bahkan dalam bidang keagamaan, seni, dan lain
sebagainya. Dengan demikian masyarakat kian terpecah belah. Pada
peringkat internasional, neo-liberalisme dapat disebut sebagai paham
yang memberi tekanan kepada:
(1) Keleluasan perdagangan barang komoditi
dan jasa, termasuk film, hiburan, senjata, dan lain-lain kendati
komoditi-komoditi tersebut menimbulkan kerusakan moral. Biasanya ini
ditamengi dengan hiruk pikuknya wacana seperti kebebasan berekspresi,
pluralisme, multikulturalisme, relativisme nilai, dan lain sebagainya;
(2) Perputaran modal yang lebih bebas, dengan akibat hancurnya modal
kecil dan menengah dibawah kekuatan modal besar;
(3) Kebebasan
menanamkan investasi dalam berbagai sektor kehidupan asal saja
mendatangkan keuntungan berlipat ganda. Termasuk di dalamnya sektor
pendidikan, kesehatan, penerbitan buku, massmedia, telekomunikasi,
transportasi, dan lain sebagainya.
Dalam bukunya La Mondialisation du
capital (Penduniaan Modal) Dumeil dan Levy mengatakan bahwa
neoliberalisme telah merebut kekuasaan negara di dunia melalui modal
finansial. Tujuan kudeta itu ialah untuk merintangi negara-negara lain
di dunia menjalankan kebijakan ekonomi yang memihak rakyat. Karena itu
ia juga menghalangi bangkitnya kembali nasionalisme, yang di dalamnya
kebudayaan nasional dimungkinkan tumbuh dengan subur melalui kebijakan
yang mandiri. (2008)
Nusantara pada periode prasejarah
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
http://id.wikipedia.org/wiki/Nusantara_pada_periode_prasejarah
Nusantara pada periode prasejarah mencakup suatu periode yang
sangat panjang, kira-kira sejak 1,7 juta tahun yang lalu, berdasarkan
temuan-temuan yang ada. Pengetahuan orang terhadap hal ini didukung oleh
temuan-temuan fosil hewan dan manusia (hominid), sisa-sisa peralatan dari batu, bagian tubuh hewan, logam (besi dan perunggu), serta gerabah.
Daftar isi
Geologi
Wilayah Nusantara merupakan kajian yang menarik dari sisi geologi karena sangat aktif. Di bagian timur hingga selatan kepulauan ini terdapat busur pertemuan dua lempeng benua yang besar: Lempeng Eurasia dan Lempeng Indo-Australia.
Di bagian ini, lempeng Eurasia bergerak menuju selatan dan menghunjam
ke bawah Lempeng Indo-Australia yang bergerak ke utara. Akibat hal ini
terbentuk barisan gunung api di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa, hingga pulau-pulau Nusa Tenggara. Daerah ini juga rawan gempa bumi sebagai akibatnya.
Di bagian timur terdapat pertemuan dua lempeng benua besar lainnya, lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik. Pertemuan ini membentuk barisan gunung api di Kepulauan Maluku bagian utara ke arah bagian utara Pulau Sulawesi menuju Filipina. g
Wilayah barat Nusantara moderen muncul kira-kira sekitar kala Pleistosen terhubung dengan Asia Daratan. Sebelumnya diperkirakan sebagian wilayahnya merupakan bagian dari dasar lautan. Daratan ini dinamakan Paparan Sunda ("Sundaland") oleh kalangan geologi. Batas timur daratan lama ini paralel dengan apa yang sekarang dikenal sebagai Garis Wallace. anjing berguguk di tengah tengah hutan yang rimba sam Wilayah timur Nusantara, di sisi lain, ilgeografis terhubung dengan Benua Australia dan berumur lebih tua sebagai daratan. Daratan ini dikenal sebagai Paparan Sahul dan merupakan bagian dari Lempeng Indo-Australia, yang pada gilirannya adalah bagian dari Benua Gondwana.
Di akhir Zaman Es
terakhir (20.000-10.000 tahun yang lalu) suhu rata-rata bumi meningkat
dan permukaan laut meningkat pesat. Sebagian besar Paparan Sunda
tertutup lautan dan membentuk rangkaian perairan Selat Malaka, Laut Cina Selatan, Selat Karimata, dan Laut Jawa. Pada periode inilah terbentuk Semenanjung Malaya, Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, dan pulau-pulau di sekitarnya. Di timur, Pulau Irian dan Kepulauan Aru
terpisah dari daratan utama Benua Australia. Kenaikan muka laut ini
memaksa masyarakat penghuni wilayah ini saling terpisah dan mendorong
terbentuknya masyarakat penghuni Nusantara moderen.
Tumbuhan, hewan dan hominid
Sejarah geologi Nusantara memengaruhi flora dan fauna, termasuk
makhluk mirip manusia yang pernah menghuni wilayah ini. Sebagian daratan
Nusantara dulu merupakan dasar laut, seperti wilayah pantai selatan
Jawa dan Nusa Tenggara. Aneka fosil hewan laut ditemukan di wilayah ini.
Daerah ini dikenal sebagai daerah karst yang terbentuk dari endapan kapur terumbu karang purba.
Endapan batu bara di wilayah Sumatera dan Kalimantan memberi indikasi pernah adanya hutan dari masa Paleozoikum.
Laut dangkal di antara Sumatera, Jawa (termasuk Bali), dan Kalimantan, serta Laut Arafura dan Selat Torres
adalah perairan muda yang baru mulai terbentuk kala berakhirnya Zaman
Es terakhir (hingga 10.000 tahun sebelum era moderen). Inilah yang
menyebabkan mengapa ada banyak kemiripan jenis tumbuhan dan hewan di
antara ketiga pulau besar tersebut.
Flora dan fauna di ketiga pulau tersebut memiliki kesamaan dengan daratan Asia (Indocina, Semenanjung Malaya, dan Filipina). Harimau, gajah, tapir, kerbau, babi, badak, dan berbagai unggas yang hidup di Asia daratan banyak yang memiliki kerabat di ketiga pulau ini.
Makhluk mirip manusia (hominin) yang menghuni Nusantara yang diketahui adalah manusia Jawa. Fosil dari satu bagian tengkorak Pithecanthropus erectus ditemukan pada tahun 1891 oleh Eugene Dubois di Trinil, Kabupaten Ngawi. Sejak 1934, G.H.R. von Koenigswald beserta timnya menemukan serangkaian fosil hominin di lembah sepanjang Bengawan Solo, yaitu di Sangiran dan Ngandong serta di tepi Sungai Brantas di dekat Mojokerto. Para ahli paleontologi sekarang kebanyakan berpendapat bahwa semua fosil temuan dari Jawa adalah Homo erectus dan merupakan bentuk yang primitif. Semula diduga berumur 1.000.000 sampai 500.000 tahun (pengukuran karbon tidak memungkinkan), kini berdasarkan pengukuran radiometri terhadap mineral vulkanik pada lapisan penemuan diduga usianya lebih tua, yaitu 1,7-1,5 juta tahun.[1][2]
Homo sapiens moderen pertama masuk ke Nusantara diduga sekitar 100.000 tahun lalu, melalui India dan Indocina. Fosil Homo sapiens pertama di Jawa ditemukan oleh van Rietschoten (1889), anggota tim Dubois, di Wajak, dekat Campurdarat, Tulungagung, di tepian Sungai Brantas.[3] Ia ditemukan bersamaan dengan tulang tapir, hewan yang pada masa kini tidak hidup di Jawa. Fosil Wajak dianggap bersamaan ras dengan fosil Gua Niah di Sarawak dan Gua Tabon di Pulau Palawan. Fosil Niah diperkirakan berusia 40.000-25.000 tahun (periode Pleistosen) dan menunjukkan fenotipe "Australomelanesoid".[4] Mereka adalah pendukung budaya kapak perimbas (chopper) dan termasuk dalam kultur paleolitikum (Zaman Batu Tua).
Pengumuman pada tahun 2003 tentang penemuan Homo floresiensis yang dianggap sebagai spesies Homo
primitif oleh para penemunya memantik perdebatan baru mengenai
kemungkinan adanya spesies mirip manusia yang hidup dalam periode yang
bersamaan dengan H. sapiens, karena hanya berusia 20.000-10.000 tahun sejak era moderen dan tidak terfosilisasi. Hal ini bertentangan dengan anggapan sebelumnya yang menyatakan bahwa hanya H. sapiens yang bertahan di Nusantara pada masa itu. Perdebatan ini belum tuntas, karena penentangnya menganggap H. floresiensis adalah H. sapiens yang menderita penyakit sehingga berukuran katai.
Migrasi manusia
Bukti-bukti Homo sapiens pertama diketahui dari tengkorak dan sisa-sisa tulang hominin di Wajak, Gua Niah (Serawak), serta temuan-temuan baru di Pegunungan Sewu sejak awal paruh kedua abad ke-20 hingga sekarang, membentang dari Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, hingga kawasan Teluk Pacitan, Kabupaten Pacitan.
Temuan di Wajak, yang pertama kali ditemukan sulit ditentukan
penanggalannya, namun fosil di Gua Niah menunjukkan usia sekitar 40.000
tahun yang lalu. Usia fosil utuh di Gua Braholo (Gunungkidul, ditemukan
tahun 2002) dan Song (Gua) Keplek dan Terus (Pacitan) berusia lebih muda
(sekitar 10.000 tahun sebelum era moderen atau tahun 0 Masehi).
Pendugaan ini berasal dari bentuk perkakas yang ditemukan menyertainya.
Walaupun berasal dari masa budaya yang berbeda, fosil-fosil itu menunjukkan ciri-ciri Austromelanesoid, suatu subras dari ras Negroid yang sekarang dikenal sebagai penduduk asli Pulau Papua, Melanesia, dan Benua Australia. Teori mengenai asal-usul ras ini pertama kali dideskripsikan oleh Fritz dan Paul Sarasin, dua sarjana bersaudara (sepupu satu sama lain) asal Swiss di akhir abad ke-19. Dalam kajiannya, mereka melihat kesamaan ciri antara orang Vedda yang menghuni Sri Lanka dengan beberapa penduduk asli berciri sama di Asia Tenggara kepulauan dan Australia.
Kronologi
Paleolitik
Homo erectus diketahui menggunakan alat batu kasar khas paleolitik dan juga alat yang terbuat dari cangkang kerang, hal ini berdasarkan temuan di Sangiran dan Ngandong.
Analisis bekas irisan pada fosil tulang mamalia yang berasal dari era
Pleistosen mencatat 18 luka bekas irisan akibat alat serpihan cangkang
kerang saat menyembelih lembu purba, ditemukan pada formasi Pucangan di
Sangiran yang berasal dari kurun 1,6 sampai 1,5 juta tahun lalu. Tanda
bekas irisan pada tulang ini menunjukkan penggunaan alat batu pertama
yang menunjukkan bukti tertua penggunaan alat serpihan cangkang kerang
yang ditajamkan di dunia.[5]
Neolitik
Batu yang diasah adalah bukti peradaban neolitik, misalnya mata kapak batu dan mata cangkul batu yang diasah. Batu yang diasah dan dihaluskan ini dikembangkan oleh orang-orang Austronesia yang menghuni kepulauan Indonesia. Pada periode ini pula berkembang struktur batu besar atau megalitik di Nusantara.
Megalitik
Nusantara adalah rumah bagi banyak situs megalitik bangsa Austronesia pada masa lalu hingga masa kini. Beberapa struktur megalitik telah ditemukan, misalnya menhir, dolmen, meja batu, patung nenek moyang, dan piramida berundak yang lazim disebut Punden Berundak. Struktur megalitik ini ditemukan di Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Kepulauan Sunda Kecil.
Punden berundak dan menhir ditemukan di situs megalitik di Pagguyangan, Cisolok dan Gunung Padang, Jawa Barat. Situs megalitik Cipari yang juga ditemukan di Jawa Barat menunjukkan struktur monolit, teras batu, dan sarkofagus.[6] Punden berundak ini dianggap sebagai strukstur asli Nusantara dan merupakan rancangan dasar bangunan candi pada zaman kerajaan Hindu-Buddha Nusantara setelah penduduk lokal menerima pengaruh peradaban Hindu-Buddha dari India. Candi Borobudur dari abad ke-8 dan candi Sukuh dari abad ke-15 tak ubahnya adalah struktur punden berundak.
Di Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah, ditemukan beberapa relik megalitik yang menampilkan patung nenek moyang. Kebanyakan terletak di lembah Bada, Besoa, dan Napu.[7]
Tradisi megalitik yang hidup tetap bertahan di Nias, pulau yang terisolasi di lepas pantai barat Sumatera, Kebudayaan Batak di pedalaman Sumatera Utara, pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur, serta kebudayaan Toraja di pedalaman Sulawesi Selatan. Tradisi megalitik ini tetap bertahan, terisolasi, dan tak terusik hingga akhir abad ke-19.
Zaman Perunggu
Kebudayaan Dong Son
menyebar ke Indonesia membawa teknik peleburan dan pembuatan alat logam
perunggu, pertanian padi lahan basah, ritual pengorbanan kerbau,
praktik megalitik, dan tenun ikat.
Praktik tradisi ini ditemukan di masyarakat Batak dan Toraja serta
beberapa pulau di Nusa Tenggara. Artifak peradaban ini adalah gendang
perunggu Nekara yang ditemukan di seantore Nusantara serta kapak perunggu upacara.kufvg
Sistem kepercayaan
Warga Indonesia purba adalah penganut animisme dan dinamisme
yang memuliakan roh alam dan roh nenek moyang. Arwah Leluhur yang telah
meninggal dunia dipercaya masih memiliki kekuatan spiritual dan
mempengaruhi kehidupan keturunannya. Pemuliaan terhadap arwah nenek
moyang menyebar luas di masyarakat kepulauan Nusantara, mulai dari
masyarakat Nias, Batak, Dayak, Toraja, dan Papua. Pemuliaan ini misalnya
diwujudkan dalam upacara sukuran panen yang memanggil roh dewata
pertanian, hingga upacara kematian dan pemakaman yang rumit untuk
mempersiapkan dan mengantar arwah orang yang baru meninggal menuju alam
nenek moyang. Kuasa spiritual tak kasat mata ini dikenali sebagai hyang di Jawa dan Bali dan hingga kini masih dimuliakan dalam agama Hindu Dharma Bali.
Penghidupan
Mata pencaharian dan penghidupan masyarakat prasejarah di Indonesia
berkisar antara kehidupan berburu dan meramu masyarakat hutan, hingga
kehidupan pertanian yang rumit, dengan kemampuan bercocok tanam
padi-padian, memelihara hewan ternak, hingga mampu membuat kerajinan
tenun dan tembikar.
Kondisi pertanian yang ideal memungkinkan upaya bercocok tanam padi lahan basah (sawah) mulai berkembang sekitar abad ke-8 SM.[8]
memungkinkan desa dan kota kecil mulai berkembang pada abad pertama
Masehi. Kerajaan ini yang lebih mirip kumpulan kampung yang tunduk
kepada seorang kepala suku, berkembang dengan kesatuan suku bangsa dan
sistem kepercayaan mereka. Iklim tropis Jawa dengan curah hujan yang
cukup banyak dan tanah vulkanik memungkinkan pertanian padi sawah
berkembang subur. Sistem sawah membutuhkan masyarakat yang terorganisasi
dengan baik dibandingkan dengan sistem padi lahan kering (ladang) yang
lebih sederhana sehingga tidak memerlukan sistem sosial yang rumit untuk
mendukungnya.
Kebudayaan Buni berupa budaya tembikar berkembang di pantai utara Jawa Barat dan Banten sekitar 400 SM hingga 100 M.[9] Kebudayaan Buni mungkin merupakan pendahulu kerajaan Tarumanagara, salah satu kerajaan Hindu tertua di Indonesia yang menghasilkan banyak prasasti yang menandai awal berlangsungnya periode sejarah di pulau Jawa.
Peninggalan masa prasejarah
Peninggalan masa prasejarah Nusantara diketahui dari berbagai
temuan-temuan coretan/lukisan di dinding gua atau ceruk di tebing-tebing
serta dari penggalian-penggalian pada situs-situs purbakala.
Beberapa lokasi penemuan sisa-sisa prasejarah Nusantara:
- Situs Gua Putri, Baturaja, Sumatera Selatan
- Lembah Sangiran, sekarang menjadi Taman Purbakala Sangiran
- Situs Purbakala Wajak, Tulungagung
- Liang Bua, Pulau Flores
- Gua Leang-leang, Sulawesi
- Situs Gua Perbukitan Sangkulirang, Kutai Timur
- Situs Pasemah di Lampung
- Situs Cibedug, Banten[10]
- Situs Pangguyangan, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat
- Situs Cipari, Kuningan, Jawa Barat
- Situs Goa Pawon, Bandung, Jawa Barat
- Situs Gunungpadang, Cianjur, Jawa Barat
- Situs Gunungpadang Cilacap, Cilacap, Jawa Tengah[11]
- Situs Dusun Mbolu, Desa Ngepo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur[12]
- Situs Gilimanuk, Jembrana, Bali
- Situs Desa Keramas, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali[13]
- Situs Gua-gua Biak, Papua (40.000-30.000 SM)[14]
- Situs Lukisan tepi pantai di Raja Ampat, Papua Barat
- Situs Tutari, Kabupaten Jayapura, (periode Megalitikum)[15]
- Gua Babi di Gunung Batu Buli, desa Randu, Muara Uya, Tabalong
Catatan kaki
- ^ The First Humans: Java Man
- ^ Java Man di Encyclopaedia Brittanica.
- ^ Foto H. sapiens wadjakensis
- ^ M.D. Poesponegoro dan N. Notosusanto. 1992. Sejarah Nasional Indonesia 1: Jaman Prasejarah di Indonesia. Balai Pustaka. p.92.
- ^ Shell tool use by early members of Homo erectus in Sangiran, central Java, Indonesia: cut mark evidence
- ^ [1]|Cipari archaeological park discloses prehistoric life in West Java.
- ^ [2]|Lore Lindu National Park, Central Sulawesi.
- ^ Taylor, Jean Gelman. Indonesia. New Haven and London: Yale University Press. hlm. 8–9. ISBN 0-300-10518-5.
- ^ Zahorka, Herwig (2007). The Sunda Kingdoms of West Java, From Tarumanagara to Pakuan Pajajaran with Royal Center of Bogor, Over 1000 Years of Propsperity and Glory. Yayasan cipta Loka Caraka.
- ^ Ada Lagi Situs Megalitikum, Kali Ini di Cibedug Banten
- ^ Ada Lagi Mirip “Gunung Padang” di Cilacap
- ^ Ratusan Fosil Purba Berusia 40.000 SM Ditemukan di Tulungagung
- ^ Ditemukan Benda Purbakala Sarkofagus & Rangka Manusia Megalitikum di Bali
- ^ Papua Kaya Situs Arkeologi Kuno. Kompas daring. Edisi 17-04-2009.
- ^ Papua Kaya Situs Arkeologi Kuno. Kompas daring. Edisi 17-04-2009.
Pranala luar
- P. M. Alhamidi Kerajaan Kandis "Atlantis Nusantara": Antara Cerita dan Fakta (Sebuah Hipotesa Lokasi Awal Peradaban di Indonesia). Makalah Seminar.
- Kenedi Nurhan. Memburu Jejak Manusia Purba di Tepi Kali Baksoka. Mirror dari Artikel di Kompas daring Edisi 8 Desember 2000
|
http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/media-asing-ingatkan-indonesia-soal.html
BalasHapushttp://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/terjebak-erupsi-wisatawan-asing-gratis.html
http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/prihatin-soal-rudal-china-ajak-korut.html
Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At murnivip .com ^^
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
- WHATSAPP : +62813-2938-6562
- LINE : DOMINO1945.COM
- No Hp : +855-8173-4523
Gk trbukti
BalasHapus