Rabu, 18 Mei 2011

Protes Rakyat Afghanistan atas serangan NATO berubah Menjadi kekerasan, 11 Tewas>>>>

NATO SEMAKIN TERISOLIR DARI RAKYAT AFGHANISTAN

18 Mei. http://syariftambakoso.wordpress.com/2011/05/

Protes Rakyat Afghanistan atas serangan NATO berubah Menjadi kekerasan, 11 Tewas

Associated PressBy HEIDI Vogt – Associated Press, Rahim Faiez – Associated Press | AP – 15 menit yang lalu
Afghani people hold the lifeless body of one of the four Afghans, killed during a NATO raid in Taloqan, Takhar province, north of Kabul, Afghanistan on Wednesday, May 18, 2011. More than 1,000 protesters poured into a northern Afghan city Wednesday, shouting "Death to America!" and calling for justice as they clashed with security forces following an overnight NATO raid they claim killed four civilians.
# Orang Afghani memegang tubuh tak bernyawa salah satu dari empat Afghanistan, tewas dalam serangan NATO di Taloqan, provinsi Takhar, utara Kabul,
Lebih dari 1.000 pengunjuk rasa di dalam kota Afghanistan utara Rabu, berteriak “Matilah Amerika!” dan menyerukan keadilan karena mereka bentrok dengan aparat keamanan menyusul serangan NATO semalam yang mereka mengklaim menewaskan empat warga sipil. Ratusan demonstran, marah oleh serangan NATO semalam yang menewaskan empat warga sipil, bentrok pada hari Rabu dengan pasukan keamanan di jalan-jalan kota Afghanistan utara. Sebelas orang tewas dalam pertempuran itu, kata pejabat pemerintah.
Ada juga kekerasan mematikan di timur pada hari Rabu. Seorang pembom bunuh diri menabrakkan mobilnya ke dalam bus polisi, menewaskan 14 orang dan mencederai 16, kata Zemeri Bashary, juru bicara Kementerian Dalam Negeri. Sebagian besar korban adalah petugas polisi, katanya.
Tidak ada klaim tanggung jawab, tapi cocok dengan pola serangan Taliban terhadap pegawai pemerintah dan pasukan keamanan.
Bus itu bepergian ke sebuah akademi kepolisian di kota Jalalabad ketika dihantam ledakan itu, juru bicara pemerintah provinsi Nangarhar Ahmad Zia Abdulzai.
http://cache.daylife.com/imageserve/0ds4ed58Wqfoq/610x.jpgDalam demonstrasi di provinsi Takhar di utara, demonstran berjuang dengan polisi dan mencoba menyerang sebuah pos militer Jerman di kota Taloqan, ibukota provinsi, pejabat mengatakan, menambahkan bahwa sekitar 50 orang luka-luka.
Protes tersebut dipicu oleh serangan NATO semalam di pinggiran kota. Koalisi itu mengatakan empat gerilyawan tewas dalam operasi dan bahwa dua orang lainnya ditahan.
Malam penggerebekan penargetan pemberontak secara teratur menimbulkan kontroversi di Afghanistan, di mana warga marah pada hari berikutnya bahwa pasukan internasional pergi menangkap orang yang salah atau menganiaya warga sipil saat mereka dalam pencarian.
Pada hari Rabu, ratusan orang berkumpul di jalan dari Gawmal ke Taloqan dan membawa empat mayat – dua laki-laki dan dua perempuan – pada platform saat mereka berbaris ke kota. Mereka berteriak menghina  Hamid Karzai dan Presiden Amerika Serikat saat mereka mengepalkan  tinju mereka di udara.
“Kematian bagi Karzai! Kematian bagi Amerika!” mereka berteriak. Para pejabat memperkirakan ada sekitar 1.500 demonstran.
Orang-orang mulai menjarah toko-toko dan melemparkan batu di sebuah pangkalan Jerman di kota. Tembakan terdengar di beberapa lingkungan dan pasukan di pos terdepan Jerman menembak  dalam upaya untuk membubarkan kerumunan di luar dinding mereka.
Militer Jerman mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa para demonstran melemparkan granat tangan dan bom molotov ke pangkalan, melukai dua tentara Jerman dan empat penjaga Afghanistan. Para prajurit Jerman terluka  dalam kondisi stabil, kata militer.
Setidaknya 11 pengunjuk rasa tewas dalam pertempuran, dan 50 orang terluka, beberapa dari mereka petugas polisi, kata Faiz Mohammad Tawhedi, juru bicara pemerintah Takhar.
Serangan Selasa malam menewaskan dua laki-laki dan dua perempuan yang berada di dalam sebuah rumah di daerah yang dikenal sebagai Gawmal, kata Gubernur provinsi Abdul Jabar Taqwa . Dia mengatakan bahwa tidak seorangpun di pemerintahannya diberitahu tentang serangan itu dan bahwa NATO bertindak secara sepihak. 
NATO menegaskan hal itu menewaskan empat orang, dua di antaranya wanita.
Salah satu perempuan bersenjata dengan senapan serbu dan mencoba menembak pada pasukan, kata NATO. Wanita lainnya menunjuk an pistol pada pasukan keamanan saat ia mencoba untuk melarikan diri kompleks.
NATO mengatakan serangan itu dilakukan oleh “pasukan keamanan gabungan Afghanistan dan koalisi” dan juru bicara aliansi mengatakan bahwa gubernur dihubungi sebelum serangan itu.
“Ini merupakan praktik standar di provinsi Takhar untuk menghubungi kepemimpinan provinsi Afghanistan sebelum operasi. Dalam kasus ini, panggilan ditempatkan ke gubernur provinsi enam kali sebelum operasi,” kata Mayor Michael Johnson.
Presiden Hamid Karzai berpihak pada para pejabat Afghanistan. Dia mengeluarkan pernyataan mengutuk serangan malam telah membunuh empat anggota keluarga dan mengatakan hal itu tidak dikoordinasikan dengan pasukan Afghanistan.
NATO mengatakan bahwa serangan itu menargetkan seorang pekerja dengan Gerakan Islam Uzbekistan – sebuah kelompok pemberontak yang berkuasa di utara. Pria itu terlibat dalam perdagangan senjata dan bahan peledak , kata NATO. Aliansi tidak mengatakan apakah dia dibunuh atau ditangkap.
Di selatan, seorang anggota layanan NATO tewas Rabu dalam serangan pemberontak, koalisi militer mengatakan. NATO tidak memberikan rincian lebih lanjut atau kebangsaan anggota layanan.

News

05/18/11 DoD: Air Force Casualties Identified (4 of 4)
05/18/11 DoD: Air Force Casualties Identified (3 of 4)
05/18/11 DoD: Air Force Casualties Identified (2 of 4)
05/18/11 DoD: Air Force Casualties Identified (1 of 4)
05/18/11 Reuters: Suicide bomber kills 13 in attack on Afghan police
05/18/11 NATO: ISAF Casualty
05/18/11 Reuters: Over 70 militants attack Pakistani security post, 17 dead
05/18/11 Reuters: Al Qaeda names Adel as interim chief
05/18/11 LATimes: 11 Afghans killed as anti-U.S. protest turns violent
05/18/11 DoD: Army Casualty Identified
05/17/11 NYTimes: Sixth Soldier Charged in Afghan Killings
05/17/11 SkyNews: Soldier 'Played Dead' As Afghan Attacked
05/17/11 MoD: Marine Nigel Dean Mead killed in Afghanistan
05/17/11 DoD: Army Casualty Identified
05/17/11 AP: Raiders knew mission a one-shot deal
05/17/11 BBC: Rogue Afghan attack - Inquest for UK soldiers killed
05/17/11 Reuters: NATO incursion into Pakistan wounds two troops
05/16/11 AP: Pakistan officials say 2 US missile strikes kill 7 militants close to Afghan...
05/16/11 AP: 4 U.S. soldiers killed in Afghanistan blast
05/16/11 DoD: Marine Casualty Identified (2 of 2)
05/16/11 DoD: Marine Casualty Identified (1 of 2)
05/16/11 NATO: IED Attack Kills 4 NATO Troops
05/16/11 idahostatesman: Boise-based journalist turns activist to aid Afghan women

Tidak ada komentar:

Posting Komentar