Rabu, 31 Agustus 2011

Khotbah Idul Fitri 1432 H Mullah Muhammad Umar, Amir Imarah Islam Afghanistan Dibuat : Aug 29th, 2011 20:09:55...>>>

Khotbah Idul Fitri 1432 H Mullah Muhammad Umar, Amir Imarah Islam Afghanistan

Dibuat : Aug 29th, 2011 20:09:55
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tiada Ilah yang pantas disembah selain Allah. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Segala puji hanyalah untuk Allah (SWT).
Segala puji bagi Allah yang telah membantu hamba-Nya (Nabi saw), memuliakan tentara-Nya, dan mengalahkan pasukan sekutu sendirian. Semoga salam dan shalawat dilimpahkan kepada Nabi yang tiada nabi setelahnya (yang diutus). Amma ba’ d:
Pada kesempatan Idul Fitri ini, saya ingin menyampaikan beberapa hal berikut ini:
Saya menyampaikan (dari dalam hati saya) ucapan selamat kepada pada Mujahid Afghanistan dan untuk semua umat Islam pada kesempatan Idul Fitri ini. Saya mengucapkan selamat kepada Anda semua untuk kemenangan terus menerus di Afghanistan. Semoga Allah swt menerima dengan pengawasan-Nya puasa, jihad dan penderitaan Anda di jalan kebenaran.
Selanjutnya, saya ingin berbagi pandangan saya dengan Anda mengenai beberapa hal penting sebagai berikut:
Mengenai Situasi Jihad Saat Ini:
Musuh-musuh Islam dan Afghanistan telah membayangkan bahwa tahun ini akan menjadi penting bagi kekalahan Mujahidin dan tahun pencapaian tujuan jahat musuh. Bahkan mereka telah membangkitkan harapan mereka sendiri dan dunia terhadap mereka tentang perubahan mendasar dalam status quo. Segala puji bagi Allah, semua rencana mereka ditunjukkan oleh fakta yang terbukti bertentangan dengan perhitungan dan penilaian mereka. Musuh terus saja mengalami lebih banyak korban jiwa dan peralatan tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu. Seiring perjalanan hari, Mujahidin menjadi lebih akrab dengan taktik musuh, mereka mendapatkan akses ke perangkat keras yang berperan dalam menyebabkan kerugian yang lebih besar bagi musuh. Semua orang sekarang bisa menyaksikan korban jiwa yang luar biasa dari musuh serta jatuhnya pesawat mereka. Selanjutnya, kerja sama antara Mujahidin semakin luas. Infiltrasi Mujahidin di jajaran dan kantong-kantong musuh, perluasan area jihad ke setiap bagian negara; eskalasi pertumbuhan operasi harian, akumulasi taktik yang semakin jitu, dan pemusnahan pejabat tingkat tinggi dari musuh, baik di utara maupun selatan, semua ini memberi kita kabar baik tentang kemenangan  yang dekat dan masa depan yang cerah.
Jika kita membandingkan prestasi operasi selama satu tahun berjalan ini dengan tahun sebelumnya, jika kita merenungkan kekalahan secara terus-menerus dan posisi sekarat di pihak musuh yang belum pernah terjadi sebelumnya, kita bisa mencapai gambaran jelas yang menunjukkan ketinggian moral Mujahidin dan penurunan musuh pada semua sisi.
Di tingkat dunia, status quo tidak lagi pro-Amerika seperti dulu. Perekonomian Amerika sedang menghadapi masalah yang lebih mengerikan daripada sebelumnya. Orang-orang dari negara-negara anggota NATO selalu mendapatkan giliran untuk mengetahui realitas perang Afghanistan dengan berlalu hari-hari. Sebuah sikap oposisi yang kuat terhadap perang ini telah mengakar dalam pikiran masyarakat. Negara peserta koalisi telah menarik pasukan mereka (dari Afghanistan) satu demi satu. Negara-negara regional dan orang-orang telah muak dengan kebijakan kapal perang Amerika. Secara singkat, situasi ini menunjukkan kepada kita tentang kemenangan jihad suci.
Mengenai Penarikan Terbatas Pasukan Amerika dari Afghanistan:
Pertama-tama, saya ingin mengatakan bahwa penarikan terbatas pasukan invasi bukanlah jalan untuk memecahkan masalah Afghanistan. Jihad akan terus berlanjut, karena tindakan dangkal hanya akan memperumit masalah Afghanistan dan dapat menghasilkan konsekuensi yang berbahaya. Pasukan invasi harus mencari solusi yang langgeng dan yakin untuk segera menarik semua pasukan mereka.
Mengenai Basis Permanen Amerika di Afghanistan:
Bangsa Afghanistan tidak siap menerima pembentukan pangkalan permanen Amerika di sini. Afghan menganggap kehadiran militer penjajah, baik itu dalam ukuran yang lebih besar maupun lebih kecil, sebagai pendudukan asing. Jika Amerika bertahan untuk menampilkan kesombongannya dan tidak memperhatikan tuntutan perlawanan jihad dan rakyat Afghanistan, mereka akan menghadapi akibat yang sama seperti yang mereka hadapi sekarang; mengikuti dekade panjang dalam invasi Afghanistan dengan keadaan mereka yang tidak pernah bisa merasakan kegembiraan dan akan tertahan di Kabul dengan pengeluaran miliaran dolar dan korban ribuan tentara.
Semua orang, khususnya, akademisi, tokoh politik, dan orang berpengaruh di negeri ini (Afghanistan; red), harus memiliki pemahaman yang sama dengan Imarah Islam dalam rangka menentang pembentukan basis penjajah. Jadi, mereka harus membuktikan kepada Amerika bahwa semua bangsa serempak memiliki pandangan yang bertentangan tentang basis permanen asing di negara kita. Partisipasi apa pun yang mendukung pembentukan pangkalan asing permanen, apakah itu terjadi di bawah nama Dewan Jirga (nama DPR Afghanistan; red) atau parlemen, hanya akan memisahkan pengkhianat dari (baca: menimbulkan permusuhan) orang-orang berkomitmen untuk agama dan tanah kelahiran.
Mengenai Masa Depan Afghanistan:
Manifesto kami adalah bahwa Afghanistan harus memiliki sebuah pemerintahan Islam yang sesungguhnya dan diterima semua orang dari negara mana pun. Semua etnis akan memiliki partisipasi dalam pemerintahan itu dan jabatan akan diberikan atas dasar manfaat. Semua berkomitmen menjaga hubungan baik dengan negara-negara regional dan dunia atas dasar saling menghormati, kepentingan Islam dan nasional. Dispensasi tersebut sepenuhnya akan fokus pada program untuk memulihkan kerugian spiritual dan material yang telah disebabkan oleh perang tiga dekade panjang. Afghanistan memiliki lahan yang luas, tambang yang kaya dan potensi sumber daya energi yang tinggi, oleh karena itu, kita dapat melakukan investasi di sektor ini dalam kondisi damai dan stabil.
Kita bertarung untuk mengenyahkan kemiskinan, keterbelakangan pengangguran, dan kebodohan, yang menimbulkan masalah sosial dan ekonomi. Bertentangan dengan propaganda yang diluncurkan oleh musuh, kebijakan Imarah Islam tidak ditujukan untuk memonopoli kekuasaan. Karena Afghanistan adalah tanah air bersama semua warga Afghanistan, sehingga semua warga Afghanistan memiliki hak untuk melakukan tanggung jawab mereka di bidang perlindungan dan menjalankan negara. Setelah runtuhnya komunisme, transformasi masa depan dan perkembangan tidak akan menghasilkan apa pun bila setiap kekayaan negara dijarah dan dikorupsi oleh aparatur negara yang rusak seluruhnya. Sebaliknya, tindakan tegas akan diambil untuk menjaga semua instalasi nasional, departemen pemerintah dan kemajuan yang telah terjadi di sektor swasta. Kader profesional dan pebisnis nasional akan didorong lebih lanjut, tanpa diskriminasi, untuk melayani agama mereka dan negara.
Mengenai Negosiasi:
Imarah Islam menganggap kehadiran pasukan invasi asing di negara ini; penembakan membabi buta oleh mereka, serangan malam, kebrutalan, penyiksaan dan tirani, sebagai penyebab utama keruwetan yang terjadi saat ini di Afghanistan. Masalah ini akan berakhir ketika kebrutalan musuh telah diakhiri. Demikian pula, Imarah Islam menganggap pendirian pemerintahan Islam independen sebagai mekanisme yang kondusif bagi keberlanjutan kepentingan agama dan duniawi bagi negara dan bangsanya. Untuk tujuan ini, setiap pilihan yang sah dapat dipertimbangkan untuk mencapai tujuan ini. Kontak yang telah dibuat dengan beberapa pihak untuk pembebasan para tahanan tidak bisa disebut sebagai negosiasi komprehensif untuk solusi dari keruwetan negara saat ini. Namun, Imarah Islam, sebagai sebuah entitas politik dan militer yang efisien, memiliki agenda spesifik dan independen dalam hal ini yang telah dijelaskan berulang kali.
Mengenai Konferensi Bonne yang Akan Berlangsung:
Konferensi ini tidak akan berbeda dari konferensi yang diadakan sepuluh tahun yang lalu, karena wakil-wakil sejati rakyat Afghanistan tidak memiliki partisipasi di dalamnya, dan tidak ada pula perhatian yang menjurus kepada solusi yang komprehensif dan nyata untuk masalah Afghanistan. Seperti konferensi sebelumnya dan juga Jirgas, konferensi ini adalah dangkal dan miss-orientasi. Mereka ingin mengalihkan perhatian publik dunia dari solusi nyata atas isu Afghanistan untuk beberapa waktu saja. Mereka hanya akan berpidato untuk mengegolkan harapan yang sudah disetujui oleh Gedung Putih dan Pentagon.
Kami menyarankan semua aktor global yang terlibat dalam isu Afghanistan untuk mencari solusi nyata dan pragmatis tentang isu Afghanistan bukan berfokus pada solusi palsu dan dangkal. Mereka harus menyadari realitas tanah Afghanistan. Orang-orang Afghanistan memiliki tradisi yang bagus untuk memecahkan masalah dan lebih mengerti apa permasalahan mereka sendiri. Tapi, itu dalam kondisi ketika intervensi asing tidak ada. Menimbang bahwa itu merupakan kebenaran yang sah, Imarah Islam berkah secara legal untuk berjuang untuk mempertahankan agama, negara, dan tanah air. Itulah satu-satunya alasan untuk menolak kehadiran penyerbu asing di tanah kami. Jika koalisi penjajah yang menduduki tanah kami berakhir secara global, Imarah Islam, sebagai sebuah rezim yang cinta damai dan bertanggung jawab, akan memelihara hubungan positif dengan negara-negara kawasan dan dunia.
Kami menyarankan semua negara, termasuk tetangga untuk tidak menjadi bagian dari setiap permainan kolonialis tentang masa depan Afghanistan, karena akan melayani kepentingan siapa pun. Imarah Islam Afghanistan, sebagai ahli waris dari dua juta syuhada Afghanistan, bertekad untuk membuat keputusan yang independen mengenai masa depan Afghanistan terlepas dari intervensi asing. Keputusan tersebut akan menjadi perwujudan dari aspirasi para syuhada dan kepentingan nasional dan Islam, martabat dan kehormatan Afghanistan.
Kami ingin menjelaskan kepada semua pihak bahwa tidak ada rakyat Afghanistan yang mau menerima rezim yang dipaksakan dan dapat bertahan di sini.
Mengenai Pengendali Administrasi Pemerintahan Kabul:
Kami sekali lagi menyerukan kepada warga Afghanistan yang bekerja untuk Administrasi Kabul, hendaknya mereka menghentikan dukungan terhadap penjajah, berdiri di sisi Mujahidin, serta bahu membahu untuk melawan musuh-musuh Islam dan negara. Bila Anda bergabung dengan Mujahidin, langkah itu akan memaksa pasukan pendudukan untuk meninggalkan tanah kita. Jadi, pengorbanan orang-orang kami  akan membuahkan hasil dan negara kita akan dihiasi dengan ornamen kemerdekaan, kemakmuran dan pemerintahan Islam. Dan itu akan mekar dan berkembang. Ini adalah kepentingan semua.
Untuk Garda Depan Benteng Kebenaran:
  1. Mengingat sensitivitas kondisi yang berkembang saat ini, sangatlah penting bagi Anda untuk berkonsentrasi pada kewajiban jihad Anda, lebih dari sebelumnya. Banyak bagian dari negeri ini telah dibersihkan dari kehadiran musuh yang kotor. Terima kasih atas perjuangan Anda. Upayakan untuk membersihkan sisa bagian negara dari kehadiran musuh. Jangan mengabaikan urusan jihad. Bertekadlah yang kuat dan tuntaskan perencanaan yang efisien dan teliti. Jadikanlah kenikmatan dari Allah swt sebagai harapan Anda kepada-Nya.
  2. Hargai jihad sebagai prinsip utama. Tetaplah dalam ketaatan kepada Amir dan selalu komitmen untuk melaksanakan kode etik Mujahidin yang telah disampaikan kepada Anda. Para pemimpin jihad yang kami tempatkan di seluruh bagian negara ini pemimpin Anda berdasarkan syariat. Anda harus mematuhi mereka.
  3. Anda benar-benar harus memperhatikan tindakan pencegahan yang diinstruksikan kepada Anda oleh para pemimpin Anda. Jika Anda mengabaikan persoalan ini dan tidak peduli meskipun Anda mampu melakukannya, maka Anda akan dirugikan oleh musuh di dunia ini dan akan bertanggung jawab di hadapan Allah.
  4. Anda harus sangat berhati-hati dalam bergaul dengan orang umum. Dapatkanlah hati orang lain melalui perilaku baik dan kesantunan. Bangsa kita adalah bangsa Mujahid dan Muslim. Mereka telah membuat pengorbanan kolosal di jalan Islam lebih daripada orang lain dan telah melewati penderitaan dan kesulitan. Anda harus menghormati setiap individu umum, baik ia seorang pria tua, muda, anak maupun seorang wanita. Jika Anda menerima laporan apa pun tentang orang yang dekat dengan Anda, pertama, lakukanlah penyelidikan yang cermat tentang dia. Jangan pernah melecehkan orang berdasarkan laporan palsu dan bias. Perhatikan saran yang baik dan pandangan yang diungkapkan oleh orang biasa. Ketika Anda menghadapi orang biasa, berpikirlah bahwa Anda adalah biasa juga di tempatnya. Jika Anda punya punya senjata, apa yang akan Anda harapkan dari dia untuk berperilaku dengan orang-orang. Dengan kata lain, pikirkanlah jika orang yang Anda hadapi adalah orang-orang yang dekat dengan Anda. Jika ia adalah ayah Anda, saudara atau kerabat dekat yang lain, bagaimana Anda akan berperilaku dengannya? Mujahidin harus selalu memiliki kebaikan dan kelembutan dengan orang biasa. Mujahidin seharusnya tidak pernah menganggap dirinya di atas mereka.
  5. Jangan memberlakukan larangan atau mengeluarkan perintah kepada orang-orang dengan inisiatif Anda sendiri kecuali telah mendapatkan instruksi untuk melakukannya atau kepala divisi Anda mengizinkan Anda untuk melakukan tugas. Jika tidak, ini akan mencemarkan nama baik Mujahidin dan Jihad. Ini akan menjadi alasan bagi musuh untuk memulai propaganda negatif dan menciptakan keretakan antara rakyat dan Mujahidin. Demikian pula, Anda harus menerapkan instruksi yang diberikan kepada Anda dalam konsultasi dengan orang-orang daerah dan para ulama lokal.
  6. Tidak ada seorang pun yang berafiliasi dengan Imarah Islam diperbolehkan untuk memeras uang dari orang-orang secara paksa. Jika seorang Mujahid atau orang lain yang ditemukan memeras uang dari pengusaha nasional, tuan tanah dan orang-orang kaya lainnya dengan laras pistol atau jika mereka terlibat dalam penculikan untuk tebusan orang, mereka harus dilarang dari melakukannya. Jika Anda mampu, tahanlah mereka dan kelolalah mereka dengan hukuman sesuai aturan Syariah. Ingatlah, perlindungan hidup dan harta benda orang adalah salah satu tujuan utama dari jihad.
  7. Untuk mengakhiri, saya ingin mengatakan bahwa Anda harus alokasikan waktu untuk membaca guna meningkatkan pengetahuan dan mencoba untuk belajar sesuatu; berpartisipasi dalam kegiatan yang bertujuan untuk menarik perhatian orang-orang kepada agama, sering membaca doa dan ma’tsurat (wirid pagi dan petang; red); fokus pada olahraga, latihan fisik dan pelatihan jihad. Anda harus mengasah diri Anda luar dan dalam dengan cara yang sesuai dengan aturan Syariah yang suci,  orang-orang, menjalani kehidupan sebagai seorang selalu berupaya mensucikan diri, takut kepada Allah, dan dermawan.
  8. Buku kode etik Mujahidin telah menyebar di mana-mana. Jadi semua gubernur provinsi harus memastikan bahwa Mujahidin di bawah perintah mereka telah sepenuhnya menyerap isi buku dan mematuhi mereka.
Untuk pada profesor di perguruan tinggi, mahasiswa, para inteligensia dan penulis baik dalam dan luar negeri:
Tuan-tuan! Masa depan kita bergantung pada kemerdekaan penuh. Jika kita tidak memiliki negara yang merdeka, masa depan kita tidak akan lebih daripada budak. Seorang tuan tidak pernah memberikan kepada seorang budaknya apa yang ia pilih untuk dirinya sendiri. Tuan selalu menggunakan budak sebagai alat dan suruhan pertama. Dalam pandangan ini, dalam dekade terakhir, agresor tanah kami belum menyelesaikan mega proyek dan strategis (di negeri kita) yaitu bendungan air besar, jaringan listrik nasional dan industri berat lainnya. Proyek-proyek ini sangat penting bagi perekonomian kita. Sebaliknya, secara terbuka ataupun diam-diam, mereka telah mengobarkan konflik geografis dan rasial; mendorong pemuda untuk terlibat dalam kontroversi bahasa dan geografis. Tindakan inilah yang akan menghancurkan masa depan negara kita.
Ini adalah kewajiban kita bersama dengan semangat Islam untuk menyelamatkan generasi muda dari dampak perpecahan hasil orientasi propaganda musuh. Sebagai Mujahid kita harus melakukan perlawanan. Dengan jihad suci, kita melawan pendudukan militer dan politik negara kita oleh bangsa Barat. Dengan semangat yang sama, adalah sangat penting bahwa semua orang harus memblokir jalan penyebaran kebobrokan yang dipenuhi oleh budaya barat dan dampak ideologi berbahaya terhadap negara Muslim. Kita harus berusaha tekun, jujur ​​dan dengan karakteristik bangsa Afghanistan yang memiliki tekad yang kuat untuk menjamin bahwa generasi masa depan kita tinggal dalam pelukan budaya suci Islam. Allah melarang, jika kita lalai untuk melakukannya, orang-orang berani di antara kita akan menjadi asing bagi masa lalu Islam yang cerah karena dampak kerugian dari peradaban Barat. Guru, siswa, penulis dan kaum intelektual, secara individual dan kolektif, harus melancarkan perjuangan praktis untuk meraih kemerdekaan lengkap; untuk perlindungan nilai-nilai nasional dan Islam dan untuk solidaritas Afghanistan. Kita harus tetap bersatu demi tujuan bersama dan menghapus semua khayalan dan pikiran yang dangkal. Ini adalah nilai-nilai Islam yang dapat dilaksanakan oleh semua orang dengan perbedaan bahasa dan geografis di Afghanistan. Tetapi, itu membutuhkan pengorbanan untuk melakukan itu.
Untuk Publik Afghanistan dan Dunia:
Pertama-tama, saya berterima kasih kepada berbagai lapisan masyarakat Afghanistan yang menganggap Jihad Islam saat ini sebagai kewajiban agama mereka dan telah melewati kerja keras dan keseragaman di jalan jihad dan perjuangan dalam dekade terakhir ini. Mereka telah mengulurkan semua bentul kerjasama untuk mujahidin dan memenuhi kewajiban jihad mereka. Untuk menyelamatkan diri dari pengorbanan yang tidak efektif dalam dekade terakhir, Anda lebih lanjut harus terus kerjasama. Jika seseorang mampu berjihad secara fisik dan dengan senjata, ia harus melakukan kewajibannya. Para ahli pena harus meletakkan pena mereka untuk bekerja di jalan membela agama mereka meskipun untuk melakukan itu harus menghabiskan kekayaan dalam pengadaan kebutuhan jihad.
Kami mendesak seluruh Muslim di dunia untuk mendukung Mujahidin melalui materi dan dukungan spiritual. Demikian pula, kami mendesak orang-orang independen dan individu di seluruh dunia untuk mendukung perjuangan defensif yang sah dari Afghanistan. Jangan biarkan arogan tirani memaksa orang-orang tertindas di  dunia ini untuk menjadi budak motif-motif jahat dan tirani dari mereka hanya karena mereka menggunakan kekuatan dan kekerasan.
Untuk mengakhiri, sekali lagi saya mengucapkan ucapan selamat pada kesempatan Idul Fitri ini bagi seluruh Muslim dunia, untuk semua warga Afghanistan yang menderita, untuk pejuang di benteng-benteng, untuk tahanan Mujahidin, untuk keluarga para syuhada, kepada semua anak yatim karena jihad, kepada para janda dan semua orang berperan dalam jihad. Saya menyerukan kepada orang-orang kaya di masyarakat untuk tidak melupakan orang-orang yang membutuhkan dan fakir di hari ini. Pada akhirnya, saya memohon kepada Allah agar menganugerahkan pertolongan kepada kita dalam wujud kita hidup di bawah naungan pemerintah Islam yang damai, independen dan berbasis syariah. Amin. Semoga Anda semua dalam keadaan damai. (Translated by a.ahmad)

2 komentar:

  1. Mari kita mencoba menggunakan akal sehat dan juga pergaulan muslim sedunia
    01.09.2011, 21:18 WIB
    Komentator: arifin
    Dari Sidang isbath kalau tidak salah sudah diakui secara hisab, bahwa ijtima'artinya bahwa bulan telah mengitari bumi secara penuh jatuh pada 29.8.2011 jam 10.05 pagi.... jadi peredaran satu bulan ramadhan sudah penuh satu bulan.... Lalu ada jarak jam 10.05 ke jam 17.30-17.50 saat dimana kemungkinan bulan dapat dilihat secara Rukyat... diberbagai titik yang sudah ditetapkan sesuai kondisi geografi dan juga topografi...
    Diantara para petugas hilal yang telah dibentuk sesuai tim Pemerintah... konon tidak ada yang bisa melihat...
    Juga berdasarkan perhitungan para ahli astronomi konon katanya posisi bulan itu masih terlalu dekat dengan matahari jadi sangat mungkin akan adanya kesulitan untuk melihat secara langsung..terjadinya rukyat.. untuk menetapkan hilal...
    Walaupun demikian.. bahwa benar.. telah terjadi ijtima'artinya puasa ramadhan secara perhitungan maupun astronomi adalah sudah penuh satu bulan ... Jadi cukup mendapatkan validitas...
    Para tim isbath Depag sangat bersikukuh tentang ketidak-mungkinan dapat melihat hilal secara rukyat... walaupun kemungkinan bisa juga ada walaupun sedikit...
    Nah saat ada yang bisa melihat hilal secara rukyat... seperti apa yang dilaporkan di Cakung dan Jepara... para petugas Depag sepertinya enggan mengakomodasi... entah dengan alasan apa sebenarnya... kita tidak pernah tahu...
    Karena mereka tetap beralasan atas pendapat astronom yang konon menyatakan posisi bulan masih sangat dekat dengan matahari... yang kemungkinan besar sulit dilihat dengan mata telanjang...
    Seyogianya MUI dan Depag.. kembali kepada Tuntunan Syariah... bahwa walaupun satu orang yang bisa melihat hilal dan ia berani bersumpah maka sah dan valid.
    Nah.. barangkali kelalaian menerapkan kaidah Syari' secara kaffah ini ... menyebabkan kita muslimin awam menjadi terombang-ambing oleh keputusan Pemerintah yang notabene adalah kewajiban Depag dan MUI sebagai Imam umat... yang seyogianya membangun persatuan dan pergaulan umat Islam secara menyeluruh... dan kuat berdasarkan kaidah2 syari' secara kaffah dan juga dengan berkomunikasi dengan para ulama lain diberbagai negara Islam yang secara fakta memiliki hari-siang dan hari-malam pada tanggal yang sama.
    Contohnya Arab Saudi itu lebih lambat 4 jam dari Indonesia... tentu posisi bulan dan matahari semakin jelas dan semakin nyata... karena posisi saat terbenam matahari semakin lama dan peredaran bulan dan matahari berproses secara alami...
    Jadi hilal secara rukyat dapat dipantau secara mudah...
    Insya Allah kita harus belajar lagi dan merubah sikap kaku dalam pergaulan ilmu-perilaku dan juga penerapan syari' secara kaffah dan common sense... Amin

    BalasHapus