Minggu, 06 Maret 2011

MUI [Majelis Ulama Indonesia], yang meliputi para Ulama, Zuama, dan Cendekiawan Muslim Pilihan, seyogianya mencerminkan perilaku para Imam Ummat Islam Indonesia dan Contoh Teladan serta Pengayom dan Pemikir dan Pemelihara akhlaq Bangsa yang memegang teguh Wasiat dan Ajaran Rasulullah SAW yang bersumber kepada Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW secara kaffah [utuh, menyeluruh, murni dan bertanggung jawab]. Seyogianya para Pengurus MUI benar2 menjadi bentengnya Ummat Islam yang tangguh, berani dan memberikan arahan2 yang lurus, tegas, jelas dan membangun keyakinan yang mantap dan tidak ambivalesi. Benar2 dijalan Allah dan Rasulullah SAW dengan teguh dan Istiqomah...... Waspadalah akan adanya penyusupan2 para antek2 NEKOLIM yang senantiasa zhalim kepada Ummat Islam dan para Pembela Persatuan Bangsa. MUI seyogianya memberikan pencahayaan akan Persatuan Ummat Islam, Penguatan Silaturahim dan Membangunkan Karakter dan Keilmuan Islam secara menyeluruh. dan Menegakkan .Amar Ma'ruf dan Nahyi Munkar secara kaffah, berani dan tegas... Insya Allah Islam sebagai agama Allah akan semakin jaya dan bercahaya di Republik Indonesia...dan Berkah Allah semakin nyata dinegeri ini untuk segenap Umat dan Rakyat serta Kemanusiaan di negeri Republik Indonesia... ini... Amin...

Profil MUI

Jumat, 08 Mei 2009 12:44. http://www.mui.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=49&Itemid=53
Majelis Ulama Indonesia adalah wadah atau majelis yang menghimpun para ulama,zuama dan cendekiawan muslim Indonesia untuk menyatukan gerak dan langkah-langkah umat Islam Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bersama. Majelis Ulama Indonesia berdiri pada tanggal, 7 Rajab 1395 H, bertepatan dengan tanggal 26 Juli 1975 di Jakarta, sebagai hasil dari pertemuan atau musyawarah para ulama, cendekiawan dan zu'ama yang datang dari berbagai penjuru tanah air.
Antara lain meliputi dua puluh enam orang ulama yang mewakili 26 Propinsi di Indonesia, 10 orang ulama yang merupakan unsur dari ormas-ormas Islam tingkat pusat, yaitu, NU, Muhammadiyah, Syarikat Islam, Perti. Al Washliyah, Math'laul Anwar, GUPPI, PTDI, DMI dan al Ittihadiyyah, 4 orang ulama dari Dinas Rohani Islam, AD, AU, AL dan POLRI serta 13 orang tokoh/cendekiawan yang merupakan tokoh perorangan.
Dari musyawarah tersebut, dihasilkan adalah sebuah kesepakatan untuk membentuk wadah tempat bermusyawarahnya para ulama. zuama dan cendekiawan muslim, yang tertuang dalam sebuah "PIAGAM BERDIRINYA MUI", yang ditandatangani oleh seluruh peserta musyawarah yang kemudian disebut Musyawarah Nasional Ulama I.
Momentum berdirinya MUI bertepatan ketika bangsa Indonesia tengah berada pada fase kebangkitan kembali, setelah 30 tahun merdeka, di mana energi bangsa telah banyak terserap dalam perjuangan politik kelompok dan kurang peduli terhadap masalah kesejahteraan rohani umat.
Ulama Indonesia menyadari sepenuhnya bahwa mereka adalah pewaris tugas-tugas para Nabi (Warasatul Anbiya). Maka mereka terpanggil untuk berperan aktif dalam membangun masyarakat melalui wadah MUI, seperti yang pernah dilakukan oleh para ulama pada zaman penajajahan dan perjuangan kemerdekaan. Di sisi lain umat Islam Indonesia menghadapi tantangan global yang sangat berat. Kemajuan sains dan teknologi yang dapat menggoyahkan batas etika dan moral, serta budaya global yang didominasi Barat, serta pendewaan kebendaan dan pendewaan hawa nafsu yang dapat melunturkan aspek religiusitas masyarakat serta meremehkan peran agama dalam kehidupan umat manusia.
Selain itu kemajuan dan keragaman umat Islam Indonesia dalam alam pikiran keagamaan, organisasi sosial dan kecenderungan aliran dan aspirasi politik, sering mendatangkan kelemahan dan bahkan dapat menjadi sumber pertentangan di kalangan umat Islam sendiri.
Akibatnya umat Islam dapat terjebak dalam egoisme kelompok (ananiyah hizbiyah) yang berlebihan. Oleh karena itu kehadiran MUI, makin dirasakan kebutuhannya sebagai sebuah organisasi kepemimpinan umat Islam yang bersifat kolektif dalam rangka mewujudkan silaturrahmi, demi terciptanya persatuan dan kesatuan serta kebersamaan umat Islam.
Dalam perjalanannya, selama dua puluh lima tahun Majelis Ulama Indonesia sebagai wadah musyawarah para ulama, zu'ama dan cendekiawan muslim berusaha untuk memberikan bimbingan dan tuntunan kepada umat Islam dalam mewujudkan kehidupan beragama dan bermasyarakat yang diridhoi Allah Subhanahu wa Ta'ala; memberikan nasihat dan fatwa mengenai masalah keagamaan dan kemasyarakatan kepada Pemerintah dan masyarakat, meningkatkan kegiatan bagi terwujudnya ukhwah Islamiyah dan kerukunan antar-umat beragama dalam memantapkan persatuan dan kesatuan bangsa serta; menjadi penghubung antara ulama dan umaro (pemerintah) dan penterjemah timbal balik antara umat dan pemerintah guna mensukseskan pembangunan nasional; meningkatkan hubungan serta kerjasama antar organisasi, lembaga Islam dan cendekiawan muslimin dalam memberikan bimbingan dan tuntunan kepada masyarakat khususnya umat Islam dengan mengadakan konsultasi dan informasi secara timbal balik.
Dalam khitah pengabdian Majelis Ulama Indonesia telah dirumuskan lima fungsi dan peran utama MUI yaitu:
1. Sebagai pewaris tugas-tugas para Nabi (Warasatul Anbiya)
2. Sebagai pemberi fatwa (mufti)
3. Sebagai pembimbing dan pelayan umat (Riwayat wa khadim al ummah)
4. Sebagai gerakan Islah wa al Tajdid
5. Sebagai penegak amar ma'ruf dan nahi munkar
Sampai saat ini Majelis Ulama Indonesia mengalami beberapa kali kongres atau musyawarah nasional, dan mengalami beberapa kali pergantian Ketua Umum, dimulai dengan Prof. Dr. Hamka, KH. Syukri Ghozali, KH. Hasan Basri, Prof. KH. Ali Yafie dan kini KH. M. Sahal Maffudh. Ketua Umum MUI yang pertama, kedua dan ketiga telah meninggal dunia dan mengakhiri tugas-tugasnya. Sedangkan dua yang terakhir masih terus berkhidmah untuk memimpin majelis para ulama ini.
Demikianlah sekilas tentang Majelis Ulama Indonesia


Kegiatan MUI Bulan Maret 2011. http://www.mui.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=92&Itemid=69
1. Rapat Pimpinan Harian
  • Selasa,  1 Maret 2011, jam 11.00
Agenda : Menerima tamu MUI Kota Bogor
2. Rapat Komisi-komisi
  • Rapat Komisi Dakwah Khusus,Selasa, 1 Maret 2011, pkl. 13.00
  • Rapat Komisi Fatwa MUI, Rabu 2 Maret, 2011, pkl. 10.00
  • Rapat Tim TV Dan Tim Usaha Majalah Mimbar Ulama, Rabu, 2 Maret 2011, pkl. 12.30
3. Agenda LP POM MUI
  • Rapat Komisi Fatwa - LPPOM MUI, Kamis, 1 Maret 2011, Pkl. 10.00
  • Penyerahan Sertifikat Halal LPPOM MUI, Kamis, 3 Maret 2011 Pkl. 14.0
Munas MUI ke-8 Berakhir

Pengurus Baru MUI Terbentuk, Penutupan Dihadiri Wapres


logo MUImaiwanews – Wakil Presiden Indonesia Boediono mengatakan, umat Islam bergantung keputusan hasil Munas Majelis Ulama Indonesia (MUI) saat ini. Pemerintah akan cermati dengan seksama hasil putusan munas, dan ke depan, pemerintah senantiasa akan meminta masukan dari MUI.
Menurut Boediono, Munas MUI adalah sesuatu yang sangat penting, sebab, musyawarah ini merupakan permusyawaratan tertinggi para ulama di Indonesia.
Hal itu dikatakan Wapres Boediono dalam rangka penutupan Musyawarah Nasional (Munas) MUI ke-8 yang berlangsung di Hotel Twin Plaza, Grogol, Jakarta Barat, Rabu 28 Juli 2010.
Boediono juga tal lupa mengucapkan selama kepada pengurus baru MUI yang menurut Boediono masih diisi oleh nama-nama lama. “Saya atas nama pemerintah ucapkan selamat kepada pengurus baru,” kata Boediono.
Susunan kepengurusan MUI periode 2010-2015 ini ditetapkan dalam penutupan Munas. Dalam kepengurusan ini, MUI menetapkan 14 ketua yang membawahi 14 ketua bidang.
KH MA Sahal Mahfudh dipilih menjadi Ketua Umum, didampingi Prof DR Din Syamsuddin (Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah) sebagai Wakil Ketua Umum. Sementara posisi Sekretaris Jenderal akan diisi HM Ichwan Sam.

Berikut Susunan Pengurus MUI periode 2010-2015: http://www.mui.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=52&Itemid=54
Ketua Umum:
KH MA Sahal Mahfudh
Wakil Ketua Umum
HM Din Syamsuddin
Ketua-Ketua:
1. Ketua Bidang Fatwa                                                   : KH Ma’ruf Amin
2. Ketua Bidang Ukhuwah Islamiyah                               : H Umar Shihab
3. Ketua Bidang Dakwah                                                : H Amrullah Ahmad
4. Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi                     : KH Abdullah Syukri Zarkasyi
5. Ketua Bidang Pengkajian dan Penelitian                         : H Yunahar Ilyas
6. Kerua Bidang Hukum dan Perundang-undangan            : H Basri Barmanda
7. Ketua Bidang Perekonomian dan Produk Halal             : H Amidhan
8. Ketua Bidang Pemberdayaan Perekonomian                 : H Anwar Abbas
9. Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan Keluarga dan Perlindungan Anak                                                                                          : Hj Tutty Alawiyah
10. Ketua Bidang Remaja dan Seni Budaya                       : Cholil Ridwan
11. Ketua Bidang Kerukunan Umat Beragama                   : Slamet Effendy Yusuf
12. Ketua Bidang Hubungan dan Kerjasama Int.               :  KH Muhyidin Djunaedi
13. Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi                     : H Sinansari Ecip
14. Ketua Bidang Lingkungan Hidup dan SDA                   : KH Hafidz Usman
Sekretaris Jenderal
HM Ichwan Sam
Wakil Sekjen:
1. H Zainut Tauhid Sa’adi
2. Hj Welya Safitri
3. H Natsir Zubaidi
4. H Tengku Zulkarnaen
5. Amirsyah Tambunan
6. Noor Ahmad
7. Hj Amani Lubis
Bendarhara  Umum
Hj Yuniwati
Bendahara:
1. H Ahmad Djunaedi
2. H Nadzratuzzaman Hosen
3. H Chunaini Saleh
4. Tabri Husein
5. Hj Chairunnisa
Dewan Penasihat:
KH Tolchah Hasan, KH Kafrawi Ridwan, H Azwar Anas, KH Tarmizi Taher, H Chairul Tanjung, Hj Aisyah Amini, H Irsyad Djuwaili, Hj Mahfudzoh Ali Ubaid, dan H Abdul Rasya

Susunan Pengurus MUI Pusat http://www.mui.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=52&Itemid=54

Jumat, 08 Mei 2009 14:04
I. DEWAN PENASEHAT
Ketua : Prof. Dr. KH. Tolchah Hasan
Wakil Ketua : KH. Kafrawi Ridwan, MA
Wakil Ketua : Letjen TNI (Purn) Ir. H. Azwar Anas, DDR.
Wakil Ketua : Dr.dr. H. Tarmizi Taher
Wakil Ketua : Drs. KH.A. Nazri Adlani
Wakil Ketua : H. Chairul Tanjung
Wakil Ketua : Hj. Aisyah Amini, SH, MH.
Wakil Ketua : Drs. H. Irsyad Djuwaili
Wakil Ketua : Ny. Hj. Mahfudzoh Ali Ubaid
Sekretaris : Drs. H. Abdul Rosyad Saleh
Sekretaris : Drs.H. Irfan, SH, MPd
Sekretaris (ex officio) : Drs.H.M. Ichwan Sam
Anggota :
1. Drs. H. Suryadharma Ali, M.Si
2. Ir. H. M. Hatta Rajasa
3. Prof. Dr. H. Muhammad Nuh
4. Prof. Dr. Salim Segaf Al-Jufri
5. Dr. H.M. Maftuh Basyuni
6. Prof. Dr.H. Quraisy Shihab
7. Dr. KH. Hasyim Muzadi
8. Prof. Dr. Said Aqil Siradj
9. Prof. Dr. Asjmuni Abdurrahman
10. Drs. H. Bachtiar Chamsah
11. Dr.H. Sulastomo, MPH
12. Prof. Dr.Hj. Chamamah Suratno
13. Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si
14. Dra. Hj. Siti Nurjanah Djohantini, M.M
15. Drs. H.A. Chalid Mawardi
16. H. Ismael Hasan, SH
17. Prof. Dr.H. Muardi Chatib
18. Dra. Hj. Asmah Syahroni
19. Prof. Dr. KH. Hasan Shohib
20. KH. Syuhada Bahri, Lc.
21. KH. Cholid Fadlullah, SH
22. H. Yudo Paripurno, SH
23. Hj. Aisyah Hamid Baidlowi
24. KH. Ir. Salahudin Wahid
25. KH. Bunyamin
26. KH. Abdurrahman Nawi
27. KH. Maktub Effendi
28. KH. Mahrus Amin
29. KH. Abdur Rasyid AS
30. Prof. Dr. Amir Syarifuddin
31. Drs. H.A. Mubarok
32. Drs. H. Rusydi Hamka
33. Dr. Hj. Suryani Thaher
34. Prof. Dr.Hj. Aisyah Girindra
35. Prof. Dr. H. Azyumardi Azra
36. H. Margiono
37. Prof. Dr. H. Bachtiar Efendi
38. Dr. H. Wahiduddin Addams, MA
39. Prof. Dr. KH. Miftah Faridh
40. KH. Abd. Shomad Buchori
41. Drs. H. Djauhari Syamsuddin
42. H. M. Trisno Adi Tantiono
43. Geys Ammar, SH
44. Dr. H. Deding Ishak, SH, MH.
45. Prof. Dr. Hj. Nabilah Lubis
46. Prof. Dr. KH. Muslim Nasution, MA
47. Prof. Dr. H. Maman Abdurrahman
48. Drs. H. Zaidan Djauhari
49. Dr. Anwar Sanusi Adiwijaya
50. Prof. Dr. Husni Rahim
51. Dr. dr. Rofiq Anwar
52. KH.Nurhasan Zaidi
53. Drs. H. Kurdi Musthofa, M.Si
54. Prof. Dr. H. Hamka Haq, MA
55. Drs. H. Marwan Saridjo
56. Dra. Hj. Bariroh Uswatun Hasanah
II. DEWAN PIMPINAN HARIAN
Ketua Umum : K.H. Dr. M.A. Sahal Mahfudh
Wakil Ketua Umum : Prof. DR. H.M. Din Syamsuddin
K e t u a : KH Ma’ruf Amin
K e t u a : Prof. Dr. H. Umar Shihab
K e t u a : Dr. H. Amrullah Ahmad, S.Fil.
K e t u a : Dr. KH Abdullah Syukri Zarkasyi
K e t u a : Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc
K e t u a : Drs. H. Basri Barmanda, MBA
K e t u a : Drs. H. Amidhan
K e t u a : Dr. H. Anwar Abbas, MM
K e t u a : Prof. Dr. Hj. Tutty Alawiyah
K e t u a : KH. A. Cholil Ridwan, Lc
K e t u a : Drs. H. Slamet Effendy Yusuf, M.Si
K e t u a : KH. Muhyidin Junaidi, MA
K e t u a : Dr. H. Sinansari Ecip, M.Si.
K e t u a : Drs. KH. Hafidz Usman
Sekretaris Jenderal : Drs. H.M. Ichwan Sam
Wkl Sekretaris Jenderal : Drs. H. Zainut Tauhid Saadi, M.Si
Wkl Sekretaris Jenderal : Dra. Hj. Welya Safitri, M.Si
Wkl Sekretaris Jenderal : Drs. H. Natsir Zubaidi
Wkl Sekretaris Jenderal : Drs. KH. Tengku Zulkarnain, MA
Wkl Sekretaris Jenderal : Dr. Amirsyah Tambunan
Wkl Sekretaris Jenderal : Dr. Noor Ahmad
Wkl Sekretaris Jenderal : Prof. Dr. Hj. Amany Lubis
Bendahara Umum : Dra. Hj. Juniwati Maschjun Sofwan
Bendahara : Drs. H. Ahmad Djunaidi, MBA
Bendahara : Dr. H. M. Nadratuzzaman Hosen, PhD
Bendahara : Drs. H. Chunaini Saleh
Bendahara : H. Tabri Ali Husein
Bendahara : Dra. Hj. Chairunnisa, MA
III. KOMISI-KOMISI
1. Komisi Fatwa
Ketua : Prof. Dr. H. Hasanuddin AF, MA
Wakil Ketua : Prof. Dr. Hj. Khuzaemah T. Yanggo
Wakil Ketua : Prof. Dr. H. Fathurrahman Djamil, MA.
Wakil Ketua : Drs. KH. Asnawi Latief.
Wakil Ketua : Prof. Drs. H. Nahar Nahrawi, MM
Wakil Ketua : Dr. H. Maulana Hasanudin, M.Ag
Sekretaris : Dr. H. Asrorun Niam Sholeh, MA.
Wakil Sekretaris : Drs. H. Sholahudin Al-Aiyub, M.Si.
Wakil Sekretaris : Dr. H. Ma’rifat Iman KH
Wakil Sekretaris : Drs. H. Muhammad Faiz, MA
Anggota : 1. Dr. KH. Anwar Ibrahim
1. Prof. Dr. H. Muhammad Amin Suma, SH, MA
2. Dr. KH. Masyhuri Naim
3. Drs. KH. Ghazalie Masroeri
4. KH. Syarifudin Abdul Mughni, MA
5. Prof. Dr. H. Sutarmadi
6. Dr. Imam Ad-Daraquthni, MA
7. Dr. H. Abdurrahman Dahlan, MA
8. Dr. H.A. Fattah Wibisono, MA
9. Dr. KH. A. Malik Madani, MA
10. Dr. KH. A. Munif Suratmaputra, MA
11. Dra. Hj. Mursyidah Thahir, MA.
12. Drs. H. Aminudin Yakub, MA
13. Drs. H. Zafrullah Salim, SH, M.Hum
14. Dr. H. Umar Ibrahim, M.Ag
15. Drs. KH. Syaifudin Amsir, MA
16. Dr. KH. Hamdan Rasyid
17. KH. Arwani Faishol
18. Dr. H. Suhairi Ilyas, MA
19. KH. Drs. H. Ridwan Ibrahim Lubis
20. KH. Endang Mintarja
21. Prof. Dr. M. Najib, MA
22. KH. Dr. Ade Suherman
23. KH. Sulhan, MA
24. Dr. Hj. Isnawati Rais
25. Dr. Hj. Faizah Ali Syibromalisi, MA.
26. Dr. H. Ahmad Hasan Ridhwan
27. Prof. Dr. KH. Artani Hasbi
28. Dr. H. Sopa, MA
29. Drs. H. Tb. Abdurrahman Anwar, SH, MA
30. Prof.Dr.H. Salman Manggalatung, SH, MA
31. Prof. Dr. H. Syamsul Anwar
32. Drs. KH. Anwar Hidayat, SH
33. Dr. H. Ahmad Tholabi Kharlie
34. Prof. Dr. Hj. Uswatun Hasanah
35. Prof. Dr. H. Ahmad Syatori Ismail, MA
36. Dr. KH. Mukri Aji
37. Drs. KH. Nuril Huda
38. KH. Taufiq Rahman Azhar
39. Drs. H. Sirril Wafa, MA
40. Dr. H. Setiawan Budi Utomo
41. Abdullah Abdul Kadir, MA
2. Komisi Ukhuwah Islamiyah
Ketua : Drs. H. Adnan Harahap
Wkl. Ketua : H. Iing Solihin Noorgiana, SE, MBA
Wkl. Ketua : Dr. H. Khalid al-Walid, M.Ag
Sekretaris : Drs. H. Tasyrifin Karim, MM
Wakil Sekretaris : Drs. Tb. Ivan Prasetya
Anggota : 1. Drs. H. Alvis Chaniago
                      2. Drs. H. Syafrudin Amir, MM
                      3. Drs. H. Saiful Bahri
                      4. Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, MA
                      5. Hj. Atifah Hasan, Lc
                      6. Drs. H. Mas’ud HMN, MM
3. Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat
Ketua : Drs. H. Mas’adi Sultoni, MA
Wakil Ketua : Prof. Dr. H. Ali Maschan Musa
Wakil Ketua : Dr. H. Lukman Samra, Lc., MA.
Sekretaris : H. Khoirul Huda Basyir, Lc, M.Si
Wakil Sekretaris : Dr. H. Dailami Firdaus, SH, LLM, MBA
Anggota : 1. Bakhtiar Natsir, Lc
                      2. Dra. Hj. Nurdiati Akma
                      3. Marsono, SH
                      4. Drs. H. Khowasyi Mandala, MM
                      5. Drs. H. Faisal Mahmud, M.Ag
                      6. Drs. Ajmain Kombeng
4. Komisi Pendidikan dan Kaderisasi
Ketua : Prof. Dr. H. Qomari Anwar, MA
Wkl. Ketua : Prof Dr. H. Mansur Ramli, MA
Wkl. Ketua : Dra. Hj. Fadilah Suralaga, MA
Sekretaris : Drs. H. Ahmad Baidun, M.Si.
Wkl. Sekretaris : Drs. Arif Fakhrudin, M.Ag
Anggota : 1. H. Masyhuri AM, M.Pd
                      2. Rifqiyati Mujahid, MA
                      3. Dra. Hj. Kartini Fahmi Idris
                      4. Drs. H. Abdulghoffar Rozien, M.Ed
                      5. Dra. Hj. Fadliyah Parakasi, M.Si
                      6. Dra. Hj. Hizbiyah Rahim
5. Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat
Ketua : Faisal Badrun, SE, MBA
Wkl. Ketua : Dr. Ir. H. Aji Hermawan, MM
Wkl. Ketua : H. Fikri Bareno
Sekretaris : Azrul Tanjung, SE, M.Si
Wkl. Sekretaris : Ir. Muhamad Suaedi, MBA
Anggota : 1. Dr. Fakhri Nasution
                      2. H. Ali Karim Oei, SH
                      3. Dra. Delmenita
                      4. Drs. H. Masyhuril Khomis
                      5. Dra. Hj. Bau Masitah
                      6. Drs. Oyo Zakariya, MS
6. Komisi Informasi dan Komunikasi
Ketua : Drs. H.Imam Suharjo
Wakil Ketua : Prof. Dr. Ibnu Hamad
Wakil Ketua : Drs. H. Masduqi Baidhowi
Sekretaris : H. Asrori S. Karni, S.Ag., MH.
Wakil Sekretaris : Dra. Hidayati, M.Pd.
Anggota :                   1. Drs. H. Musthafa Helmy
2. Drs. H.M. Johan Tjasmadi
3. Drs. H. Taryono Asa
4. H. Usman Yatim, M.Pd.
5. Drs. H. Ahmadie Thaha
6. Hj. Evi Hudriyah, MA.
7. Komisi Perempuan, Remaja, dan Keluarga
Ketua : Dra. Hj. Ery Rosatria, M.Ag.
Wkl. Ketua : Dra. Hj. Netty Hartati, M.Sc.
Wkl. Ketua : Dra. Hj. Nurma Nugraha
Sekretaris : Dra. Hj. Zahrotun Nihayah
Wkl. Sekretaris : Hj. Sudaryani Soeyoed
Anggota :               1. Dra. Hj. Utari.
2. Dra. Hj. Laily Yudhoparipurno, SH
3. Dra. Hj. Mimin Austiana
4. Dra. Hj. Ratu Dian Hatifah
5. Hj. Titi Abidal
6. Dra. Hj. Rusydah Asmuni
8. Komisi Hukum dan Perundang-undangan
Ketua : Prof. Dr.H. Muhammad Baharun, SH, MH
  Wkl. Ketua : H. Sutito, SH, MH
      Wkl Ketua : Drs. Mukhtar Zarkasyi
  Sekretaris : H. Rofiqul Umam, SH, MH
   Wkl. Sekretaris : M. Luthfie Hakim, SH, MH
Anggota : 1. Prof. Dr. Zainuddin Ali
                    2. Hj. Neng Zubaidah, SH, MH
                    3. Hj. Siti Ma’rifah, SH, MH
                    4. Usni Hasanudin, SH, M.Si
                    5. Ahmad Yani, MH
                    6. H. Komarudin, SH, M.Hum
9. Komisi Pengkajian dan Penelitian
Ketua : Prof. Dr. Utang Ranuwijaya, MA.
Wkl. Ketua : Prof. Dr. H. Firdaus Nurul Huda
Wkl. Ketua : Dr. Syafi’i Mufid
Sekretaris : Dr. KH. Cholil Nafis
Wakil Sekretaris : Drs. M. Ziyad, MA
Anggota : 1. Ir. Ridha HR Salamah, M.Si.
                      2. Drs. Fakhrurrazi Reno Sutan, MA
                      3. Yusuf Asri, APU
                      4. Dr. Adnin Armas
                      5. Buchori, Lc, MA
                      6. Dr. Fahmi Salim, MA
10. Komisi Kerukunan Antar Umat Beragama
Ketua : Prof. Dr. H. Masykuri Abdillah, MA
Wkl. Ketua : Drs. H. Manajer Nasution, M.Ag
Wkl. Ketua : Drs. H. Saifullah Maksum
Sekretaris : Dra. Hj. Nilmayetti Yusri, M.Si
Wkl. Sekretaris : Dr. Mafri Amir
Anggota : 1. Dr. Zainudin Daulay
2. Dr. Ahmad Ridho
3. Drs. Makmun Bakri
4. Dra. Arofah, SH., M.Hum
5. Tan Gunawan Arief
6. KH. Al-Faraji
11. Komisi Pembinaan Seni Budaya Islam
Ketua : H. Chairul Umam
Wkl. Ketua : A. Rahman Yacob, S.Sn, M.Sn
Wkl. Ketua : Hj. Yenny Rahman
Sekretaris : Dr. Zastrow al-Ngatawi
Wkl. Sekretaris : Dr. Edi Sukardi, M.Pd
Anggota : 1. Hj. Eksanti
                         2. Hj. Ratih Sanggarwati
                         3. Dr. H. Muhaimin Zein, M.Ag
                         4. Habiburrahman As-Syirozi
                         5. Dra.Hj. Sriwahyuningsih (Cici Tegal)
                         6. Andrea Hirata
12. Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama
Internasional
Ketua : Dr. Saleh Daulay, MA, M.Hum. M.Ag
Wkl. Ketua : Dra. Hj. Machsanah Asnawi, M.Si
Wkl. Ketua : H. Nurul Iman, Lc, MA
Sekretaris : Dr. Nadjematul Faizah
Wkl. Sekretaris : Muhamad Zaitun Rasmin, Lc. MA
Anggota : 1. Dr. H. Nur Samad Kamba
               2. Drs. H. Sujono Suzanto
               3. Dra. Lena Mariyana Mukti
               4. Dr. Mukhtar Aziz, MM
               5. Dr. Fisher Zulkarnain
                      6. Dr. Muhbib Abdul Wahab



2 komentar:

  1. MUI menjadi Imam-nya Umat Islam yang memberikan arahan bagi Persatuan Umat, Penegakan dan Pengamalan Silaturahim, Pembangunan karakter dan akhlak Umat, Pengarah akan tujuan Mulia Umat, Perlindungan Umat dan Penasehat dan advisornya Ummat. Maka dari itu, sangat diharapkan bhw para anggota dan pimpinan MUI menunjukkan sikap kemandirian yang bermartabat, berakhlak Mulia dengan referensi Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW dan benar2 menunjukkan karakter muslimin dan mukminin yang dapat dijadikan contoh-tauladan Umat. Berani karena Benar berdasarka firman Allah SWT dan sunnah Rasululah SAW, dan takut akan Kemurkaan Allah semata. Apabila para ulamanya benar dan lurus kepada Allah dan Rasulullah SAW dan benar2 menegakkan amar ma'ruf nahyi munkar secara ikhlas dan kaffah untuk kejayaan Islam dan Kebenaran Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah, maka umat akan merasakan perlindungannya dan juga rasa keamanan keagamaannya. Kami mohon agar jangan ada anggota MUI yang ragu2 dan merasa rendah diri dalam berjihad menegakkan kebenaran Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW. Tunjukan keberanian sebagai Pemimpin dan Imam Umat dan tanggung jawab Sdr2ku yang sudah terpilih menjadi anggota MUI. Tegakan Persatuan Umat dan kehormatan Islam dengan menjaga kebenaran Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW. Jangan ada seorangpun yang plintat plintut, mancla-mencle, ambivalensi yang berpendirian setengah2. Istiqomah.... Sdrku Istiqomah...secara utuh..dan berjiwa merdeka...Kita yakini bhw ... Allah adalah Kebenaran...Ayat2 AlQur'an adalah syariah yang harus ditegakkan dengan benar, ikhlas dan lurus..dan utuh... Insya Allah ... Cahaya Islam yang terang benderang akan jaya dibumi Nusantara Raya... ini sebagai konsep hidup masyarakat yang aman sentausa, damai, adil makmur dan sejahtera bagi segenap rakyat, umat dan bangsa serta kemanusiaan secara utuh menyeluruh, dengan berkah pertolongan Allah Maha Kuat Maha Cinta Kasih..... Amin

    BalasHapus