Jumat, 03 Desember 2010

China Miliki Pangkalan Kapal Selam Nuklir Rahasia

Saturday, May 03, 2008

China Miliki Pangkalan Kapal Selam Nuklir Rahasia


Salah satu foto yang direlease DigitalGlobe

LONDON (SINDO) – China membangun pangkalan utama kapal selam bertenaga nuklir bawah tanah di Pulau Hainan.
Tuduhan itu diungkapkan kelompok kajian pertahanan Jane Intelligence Review kemarin. Menurut Jane,citra satelit dari DigitalGlobe menunjukkan keberadaan pangkalan tersebut. Jane memperingatkan, meskipun Beijing tidak membangun kekuatan militer agresif,namun pangkalan itu memiliki kemampuan strategis di Laut China Selatan dan wilayah lain.

”Jane dapat mengonfirmasi bahwa foto-foto satelit menunjukkan China membangun pangkalan kapal selam bertenaga nuklir yang sangat besar di dekat Sanya, di pantai selatan Pulau Hainan,” ungkap kelompok kajian terkemuka itu. Jane menyatakan,sumber militer di Asia telah mengungkapkan keberadaan pangkalan kapal selam itu pada 2002, namun foto-foto yang ada saat ini membutuhkan pembuktian independen.

”Foto-foto satelit menunjukkan letak pelabuhan dan sebuah kapal selam tipe 094 bertenaga nuklir berkemampuan rudal balistik di pangkalan tersebut,”ungkap Jane. Foto lain menunjukkan tiga rudal kendali perusak Luyang dan sebuah rudal Jiangwei 2 di sebuah dermaga.Diyakini ada 11 terowongan menuju pangkalan itu.

Setiap pintu masuk berupa gua menuju perbukitan. Tinggi terowongan itu sekitar 18 meter.Foto-foto juga menunjukkan dua terowongan yang menjadi pintu masuk. Foto lain menunjukkan kegiatan konstruksi yang melibatkan kapal keruk dan kapal tongkang.Konstruksi itu menunjukkan Pangkalan Sanya dapat menjadi pusat utama bagi kapal induk China dan kapal-kapal tempur lainnya.

”Angkatan Laut China telah menempatkan kapal selam tipe 094 di Sanya pada Desember 2007,”bunyi laporan Jane. Identifikasi keberadaan pangkalan kapal selam bawah tanah itu menegaskan kemampuan China dalam pertempuran bawah laut.Pangkalan itu memiliki implikasi pada kemampuan China mengontrol Laut China Selatan dan selatselat utama di kawasan itu.

”Bagi kekuatan regional dan ekstraregional, sulit mengabaikan fakta bahwa China kini membangun sebuah pangkalan angkatan laut utama di Sanya,mempersiapkan untuk melindungi kekuatan nuklirnya di sana,serta mengoperasikan dari pangkalan itu,”ujar Jane yang menyatakan, pangkalan itu sangat dekat dengan kekuatan ekonomi utama Asia.

Editor Jane’s Intelligence ReviewChristianLeMieremenjelaskan, pembangunan nuklir dan angkatan laut China di Sanya menunjukkan ambisi Beijing mengontrol kawasan itu. (AFP/AP/syarifudin)
http://alutsista.blogspot.com/2008/05/china-miliki-pangkalan-kapal-selam.html
Sumber : KORAN SINDO

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar