Senin, 05 Desember 2011

"Sebuah pesawat mata-mata tak berawak canggih Amerika RQ-170 ditembak jatuh oleh pasukan bersenjata Iran.....>>> ...Seorang anggota parlemen Iran yang berpengaruh mengatakan bahwa negara itu telah menangkap 12 agen dari Badan Intelijen Amerika (CIA), kantor berita resmi negara IRNA melaporkan...>>



Iran Klaim Berhasil Tembak Jatuh Pesawat Mata-Mata AS

Senin, 05/12/2011 08:34 WIB 

Militer Iran mengklaim mereka telah menembak jatuh sebuah pesawat mata-mata tak berawak AS yang melanggar wilayah udara Iran di sepanjang perbatasan timur negara itu, kantor berita resmi Iran, IRNA melaporkan Minggu kemarin (4/12).
Seorang pejabat militer tak dikenal yang dikutip dalam laporan tersebut memperingatkan akan adanya respon yang kuat dan menghancurkan terhadap setiap usaha pelanggaran wilayah udara negara itu oleh pesawat tak berawak Amerika.
"Sebuah pesawat mata-mata tak berawak canggih Amerika RQ-170 ditembak jatuh oleh pasukan bersenjata Iran. Ia mengalami kerusakan ringan dan sekarang berada dalam pengawasan angkatan bersenjata Iran," dikutip IRNA dari pejabat militer Iran.
Tidak ada rincian lebih lanjut yang diterbitkan terkait insiden ini.
Koalisi pimpinan Amerika di Afghanistan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pesawat mungkin merupakan pesawat tak berawak Amerika yang operatornya telah kehi langan kontak minggu lalu pada saat melakukan misi di Afghanistan barat.
Seorang pejabat AS, yang berbicara dalam kondisi anonimitas, mengatakan bahwa sama sekali tidak ada indikasi bahwa pesawat itu ditembak jatuh.
Jenis pesawat yang ditembak jatuh Iran adalah sebuah RQ-170 Sentinel, yang dibuat oleh Lockheed Martin dan dilaporkan digunakan untuk mengawasi kompleks Usamah bin Ladin di Pakistan.
Pesawat pengintai ini dilengkapi dengan teknologi stealth, namun Angkatan Udara AS tidak membuat informasi publik apapun secara spesifik tentang pesawat drone ini.(fq/ap)

Lainnya (Arsip)

Iran Klaim Berhasil Menangkap 12 Agen CIA

Kamis, 24/11/2011 16:29 WIB | Arsip | Cetak
Seorang anggota parlemen Iran yang berpengaruh mengatakan bahwa negara itu telah menangkap 12 agen dari Badan Intelijen Amerika (CIA), kantor berita resmi negara IRNA melaporkan.
Parviz Sorouri, yang duduk di komite kebijakan luar negeri dan keamanan nasional, menegaskan bahwa agen-agen CIA diduga telah beroperasi berkoordinasi dengan agen Israel Mossad dan badan-badan regional lainnya, dan menargetkan militer dan program nuklir Iran.
"Agen AS dan mossad rezim Zionis berusaha untuk merusak Iran baik dari dalam dan luar dengan pukulan berat, menggunakan layanan intelijen lokal," Sorouri mengatakan pada hari Rabu kemarin (23/11).
"Untungnya, dengan reaksi cepat oleh departemen intelijen Iran, tindakan tersebut bisa digagalkan," kata Sorouri.
Anggota parlemen itu tidak menentukan kewarganegaraan dari agen yang ditangkap, atau kapan atau di mana mereka mereka telah ditangkap.
Iran secara berkala mengumumkan penangkapan atau menyidangkan mata-mata yang diduga agen Israel, dan sering tidak ada informasi lebih lanjut yang dirilis terkait hal tersebut.
Pengumuman ini menyusul penjelasan dari Hizbullah Lebanon bahwa jaringan mata-mata CIA di negara itu telah ditangkap. Hizbullah dilaporkan bekerja sama dengan Iran.(fq/ap)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar