Fremasonry : Kami Adalah Arsiteknya Tuhan, Maka Bergabunglah !
Redaksi – Senin, 6 Jumadil Awwal 1434 H / 18 Maret 2013 08:07 WIBhttp://www.eramuslim.com/konsultasi/konspirasi/fremasonry-kami-adalah-arsiteknya-tuhan-maka-bergabunglah.htm#.UUbHHjcyqSo
Pembedahan struktur Fremansonry
Struktur Fremasonry dibuat berdasarkan sangat ke-hati-hatian maka di dalam organisasi freemason dibuat 33 tingkatan yang berbeda, struktur tersebut memungkinkan untuk memfasilitasi keanggotaan Goyim (Non Yahudi) pada skala rendah selama bertahun-tahun, sehingga mereka dapat berpartisipasi tanpa mengetahui apa yang sesungguhnya terjadi, dengan gambaran atau ilusi yang mungkin mereka tahu atau akan diketahui nantinya.
Di dasar piramida freemason, adalah orang – yang kebanyakan
masyarakat umum – mereka diberikan gambaran atau ilusi bahwa freemason
adalah – ‘klub rahasia para pengusaha’ yang dirancang untuk membuat
hidup menjadi mudah dengan adanya koneksi yang instan dengan orang-orang
yang tepat dalam seluruh perjalanan hidupnya, serta bermacam-macam dan
beragam pemberian jasa untuk ‘amal’.
Selanjutnya untuk jenjang yang lebih tinggi dalam piramida freemason,
level para eksekutif top – apakah dia menjadi pimpinan perusahaan multi
nasional, atau berada di kehakiman, atau di dalam sistem perbankan,
atau di bidang jasa media, atau di dalam dunia hiburan, atau didalam
angkatan bersenjata, atau di dalam pemerintahan nasional, atau didalam
sistem pendidikan, atau berada didalam unit suatu gabungan perusahaan,
atau bahkan sebagai salah satu dari kaum bangsawan – seluruh kegiatan
freemason dalam tingkat ini menjadi kurang jelas bagi yang belum tahu.
Pada puncak piramida, dimana terdapat gambar mata yang sedang
melihat, hanya berisikan orang-orang yang berada di tingkat 33 yang
mengetahui apa yang mereka pikirkan dan yang mereka lakukan.
Pada
setiap tingkat utama didalam piramida, ada upacara pentahbisan dimana
para anggota baru mason tersebut ditahbiskan dan disumpah untuk
melakukan apa yang diperintahkan kepadanya dan tidak membocorkan rahasia
yang dia ketahui – sampai mati. Ini artinya beberapa posisi top dalam
piramida yang telah terpilih mempunyai posisi untuk menyaring
perintah-perintah yang diberikan kepada level yang dibawahnya melalui
para anggota pada beragam level didalam piramida sedemikian rupa
sehingga mereka dan orang-orang yang berada didasar piramida – termasuk
masyarakat umum – tidak menyadari keseluruhan dan dasar penetapan
strategi, yang membentang melampaui masa hidup mereka sendiri dari kedua
arah. Tindakan ini dikoordinasikan tanpa pernah mereka sadari apa yang
telah ditambahkan dalam perintah tersebut
Ketika Yahudi Eropa menguasai umat Kristen Eropa (hingga saat ini),
mereka mengizinkan bagi siapa yang masih mempunyai pengaruh, atau yang
mempunyai posisi dapat mempengaruhi, untuk bergabung dengan klub
freemason. – ‘Jika kamu tidak dapat mengalahkan kami, bergabunglah
dengan kami. Atau ‘Mengapa harus repot dengan mencoba untuk mengalahkan
kami ketika kamu dapat bergabung dengan kami?’ Atau, membujuk mereka
bagi yang mempunyai keinginan atas prestise, ‘Apakah anda ingin menjadi
orang yang berkuasa penuh?’ Atau, mencoba menarik hati bagi yang
beragama, ‘Kami sedang melakukan pekerjaan arsitek – Tuhan – maka
bergabunglah dengan kami. ‘ Dan kemudian, Kamilah si arsitek – Tuhan –
maka bergabunglah dengan kami.’
Proses yang sama juga diberlakukan terhadap umat Muslim dengan
beragam tingkat kesuksesan – tidak hanya untuk para pemimpin politik dan
pemimpin ekonomi, namun juga terhadap para pemimpin keagamaan,
contohnya, sistem perbankan Yahudi yang haram tersebut bisa secara resmi
diperkenalkan dan diterima diwilayah Muslim.
Adalah seorang Goyim
(Non Yahudi) anggota freemason berkebangsaan Inggris yang berada
dilingkaran kekuasaan – inilah, orang dalam Yahudi Khazar dalam
pemerintahan Inggris yang berpura pura seolah-olah beragama Kristen –
yang meyakinkan bahwa ‘Pemerintahannya yang agung’ bekerja sama dan
melayani kepentingan zionis. Level posisi ini dipegang oleh freemason
dalam pemerintahan Amerika dan Perancis dan pemerintahan Inggris untuk
mendukung secara ‘internasional’ atas kebijakan di Tanah Suci untuk
zionis. Tingkatan posisi khusus inilah yang dipegang oleh freemason
dalam semua pemerintahan negara-negara ‘berpengaruh’ dan juga membentuk
Liga Bangsa-Bangsa yang pertama, dan kemudian menjadi persatuan
bangsa-bangsa (PBB) yang bersatu, untuk memberikan dukungan supra
nasional – dan pada akhirnya pengakuan – terhadap penciptaan dan
kemudian pengakuan Negara Israel. (Ahmad Thomson)
Freemasonry
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Freemasonry adalah sebuah organisasi persaudaraan
yang asal-usulnya tidak jelas antara akhir abad ke-16 hingga awal abad
ke-17. Freemasonry kini ada dalam beragam bentuk di seluruh dunia dengan
jumlah anggota diperkirakan sekitar 6 juta orang, termasuk 150000 orang
di bawah yurisdiksi Loji Besar Skotlandia dan Loji Besar Irlandia, lebih dari seperempat juga orang di bawah yurisdiksi Loji Besar Bersatu Inggris[1] dan kurang dari dua juta orang di Amerika Serikat.[2]
Organisasi Freemasonry tidak memunyai pusat dan setiap negara
memunyai organisasi yang berdiri sendiri. Sekalipun demikian setiap
organisasi Freemasonry di mana pun akan memunyai nomor pendirian dan
berhubungan satu dengan lainnya. Freemasonry juga memunyai Master
tertinggi yang merupakan master tertinggi dari seluruh Master
Freemasonry yang bertugas melakukan koordinasi seluruh Freemasonry yang
ada di dunia.[3][4][5]
Organisasi ini diatur menjadi Loji-Loji Besar atau kadang-kadang Orient yang mandiri, yang masing-masing memiliki yurisdiksinya
tersendiri, yang terdiri atas Loji bawahan atau konstituen. Berbagai
Loji Besar dapat mengakui atau tidak mengakui satu sama lain berdasarkan
Prinsip Mason (sebuah Loji Besar bisanya menganggap Loji Besar lainnya yang memiliki prinsip yang sama sebagai Loji reguler, dan mereka yang tidak sama dianggap sebagai Logi "tak reguler" atau Loji "gelap").
Freemasonry merupakan organisasi yang tertutup dan ketat dalam
penerimaan anggota barunya. Organisasi ini bukan merupakan organisasi
agama dan tidak berdasarkan pada teologi
apapun. Tujuan utamanya adalah membangun persaudaraan dan pengertian
bersama akan kebebasan berpikir dengan standar moral yang tinggi.
Freemasonry sendiri adalah simbolisasi dari pengertian pekerja keras
yang memunyai kebebasan berpikir. Kata mason berasal dari bahasa Perancis, maçon, yang artinya "tukang batu".[6][7]
Sekalipun organisasi ini merupakan organisasi hanya bagi kaum laki-laki
namun kini sudah banyak pula kelompok Freemasonry wanita.[4]
Ada juga lembaga tambahan, yang merupakan organisasi yang terkait dengan cabang utama Freemasonry, namun dengan administrasinya sendiri.
Daftar isi |
Sejarah
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sejarah Freemasonry
Bagaimana terbentuk dan kapan mulai dibentuknya organisasi sekuler
ini, pihak Freemasonry sendiri masih belum bisa menentukan. Banyak
dugaan gerakan kebebasan berpikir dan anti dogma (terutama terhadap agama) ini sudah ada sejak sebelum abad pertengahan. Bukti ini didapatkan dari ditemukannya manuskrip dari sebuah perusahaan bangunan Inggris.
Manuskrip itu berisi konstitusi dan aturan-aturan organisasi, landasan
hukum, serta hak dan kewajiban anggota. Data-data ini yang di kemudian
hari merupakan dasar pembentukan organisasi yang digunakan oleh
Freemason, dan masih digunakan hingga saat ini.[3][4] Selain itu, terdapat pula sebuah puisi Inggris yang dikenal sebagai "manuskrip Regius" yang bertahun 1390 dan merupakan naskah Mason tertua.[8]
Dengan begitu secara resmi sejarah Freemasonry adalah berasal dari
Inggris, sekalipun banyak sekali publikasi yang ditulis oleh bukan dari
kelompok Freemasonry yang membuat spekulasi bahwa Freemasonry berasal
dari banyak tempat lain.[9]
Ada bukti yang menunjukkan bahwa ada Loji-Loji Mason yang berdiri di Skotlandia sejak awal abad ke-16[10] (contohnya Loji Kilwinning, Skotlandia, memiliki catatan sejak akhir abad ke-16, dan disebutkan dalam Statuta Schaw Kedua (1599) yang merinci bahwa "ye warden of ye lug of Kilwynning [...] tak tryall of ye airt of memorie and science yrof, of everie fellowe of craft and everie prenteiss according to ayr of yr vocations").[11] Ada sejumlah rujukan jelas mengenai keberadaan Loji-Loji di Inggris pada pertengahan abad ke-17.[12]
Loji Besar pertama, yaitu Loji Besar Inggris (bahasa Inggris: Grand Lodge of England atau GLE), didirikan pada 24 Juni 1717, ketika empat Loji yang sudah lebih dulu berdiri di London
berkumpul pada acara makan malam bersama. Loji ini degan cepat
berkembang menjadi badan regulator, dan banyak Loji Inggris bergabung ke
dalamnya. Akan tetapi, beberapa Loji tidak menyukai beberapa
modernisasi yang lakukan oleh GLE, misalnya pembuatan Derajat Ketiga.
Akhirnya Loji-Loji itu membentuk sebuah Loji Besar tandingan pada 17
Juli 1751, yang mereka sebut "Loji Besar Antient Inggris."
Dua Loji Besar ini saling bersaing demi supremasi – dikenal sebagai
"Modern" (GLE) melawan "Antient" (atau "Kuno") – hingga akhirnya mereka
bersatu pada 25 November 1813 dan membentuk Loji Besar Bersatu Inggris (bahasa Inggris: United Grand Lodge of England atau UGLE).[13]
Loji Besar Irlandia dan Loji Besar Skotlandia didirikan pada tahun
1725 dan 1736. Freemasonry kemudian menyebar ke daerah koloni Britania
di Amerika Utara
pada tahun 1730-an – dengan "Antient" dan "Modern" (selain juga Loji
Besar Irlandia dan Skotlandia) mendirikan sejumlah Loji bawahan atau
Loji "saudara", serta mendirikan Loji-Loji Besar Daerah. Loji pertama
Amerika berdiri di Philladelphia di bawah binaan dari Masonic Grand Lodge England dengan Benjamin Franklin sebagai master yang pertama.[14][15] Seusai Revolusi Amerika,
banyak Loji Besar AS yang berdiri di tiap negara bagian. Beberapa
gagasan dikemukakan untuk mendirikan "Loji Besar Amerika Serikat",
dengan George Washington
(yang merupakan anggota Loji Virginia) sebagai Master Besar pertama,
namun ide ini hanya muncul sebentar. Berbagai Loji Besar di
negara-negara bagian tidak bersedia mengurangi otoritas mereka dengan
menyepakati lembaga semacam itu.[16]
Meskipun tidak ada perbedaan besar dalam Freemansory yang
dilaksanakan oleh Loji-Loji yang dibawahi oleh Antient maupun Modern,
sisa-sisa pembagian ini masih dapat dilihat dalam nama dari sebagian
besar Loji, F.& A.M. merupakan Free and Accepted Masons ("Mason Bebas dan Diterima") dan A.F.& A.M. adalah Antient Free and Accepted Masons ("Mason Antient yang Bebas dan Diterima").
Yurisdiksi tertua di benua Eropa, yaitu Grand Orient de France (GOdF), didirikan pada tahun 1733.[17]
Akan tetapi, sebagian besar yurisdiksi berbahasa Inggris menghentikan
hubungan resmi dengan GOdF sekitar tahun 1877, ketika (menyusul Kongres Lausanne 1875) GOdF menghapuskan syarat bahwa anggotanya harus mempercayai tuhan atau dewa. Saat ini Grande Loge Nationale Française (GLNF)[18] adalah satu-satunya Loji Besar Prancis yang memiliki hubungan baik reguler dengan UGLE dan banyak yurisdiksi sesuainya di seluruh dunia.
Karena sejarahnya itu, Freemansory seringkali disebut memiliki dua cabang yang saling tidak memiliki hubungan baik reguler:
- UGLE dan tradisi yurisdiksi yang sesuai (sebagian besar disebut Loji Besar) dalam hubungan baik, dan
- GOdF, tradisi yurisdiksi Eropa Daratan (seringkali disebut Orient Besar) dalam hubungan baik.
Di kebanyakan negara Latin, Freemansory Kontinental bergaya GOdF lebih menonjol,[rujukan?] meskipun di sebagian besar negara Latin ini ada juga Loji Besar yang memiki hubungan baik reguler
dengan UGLE dan komunitas Loji Besar di seluruh dunia yang sama-sama
memiliki "hubungan persaudaraan" reguler dengan UGLE. Sedangkan yang
lainnya, dilihat dari sebagian besar Freemansory, cenderung lebih
mengikuti gaya UGLE, meskipun tetap ada sejumlah perbedaan kecil.
Struktur organisasi
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Loji Besar
Loji-Loji Besar dan Orient-orient Besar merupakan lembaga independen
dan mandiri yang mengelola kemasonan di negara, daerah, atau wilayah
yang bersangkutan (disebut yurisdiksi).[19]
Tidak ada bukti mengenai keberadaan satu lembaga tunggal yang menaungi
Freemasonry di seluruh dunia; hubungan antar yuridiksi yang berbeda
dilakukan hanya berdasarkan pengakuan bersama.[20]
Regularitas
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Yurisdiksi Mason Reguler
Regularitas adalah mekanisme konstitusional dimana Loji Besar
atau Orient Besar saling memberikan pengakuan bersama satu sama lain.
Pengakuan ini memungkinkan hubungan formal pada tingkat Loji Besar, dan
memberi kesempatan kepada para anggota Freemasonry untuk menghadiri
rapat Loji di yurisdiksi lain yang telah diakui. Sebaliknya, regularitas
melarang hubungan dengan Loji yang bukan Loji reguler. Sebuah
Loji Besar Mason biasanya memiliki daftar berisi yurisdiksi dan Loji
lain yang telah mereka akui dan dengan demikian mereka anggap sebagai
Loji reguler.[21]
Loji Besar dan Orient Besar yang saling memberikan pengakuan dan
mengizinkan intervisitasi dikatakan berada dalam hubungan persahabatan.
Sejauh yang diperhatikan oleh UGLE, regularitas didasarkan pada
kepatuhan terhadap sejumlah prinsip dasar ("Tanda"), yang ditetapkan
dalam Konstitusi UGLE dan Kontitusi dari Loji-Loji Besar yang dengannya
mereka memiliki hubungan persahabatan. Bahkan dalam definisi ini ada
beberapa variasi mengenai jumlah dan isi Tanda pada masing-masing
yurisdiksi. Sementara kelompok Mason lainnya dikelola secara berbeda.[22]
Masing-masing dari dua cabang utama Freemasonry menganggap Loji-Loji
yang berada di bawah cabang yang bersangkutan sebagai "reguler"
sedangkan Loji yang ada di cabang lainnya sebagai "tak reguler." Akan
tetapi, cabang UGLE sangat besar sehingga banyak Loji Besar dan Orient
Besar yang memiliki hubungan persahabatan dengan UGLE biasanya secara
umum dianggap sebagai kemasonan "reguler" (atau "Aliran Utama"),
sedangkan Loji Besar dan Orient Besar yang memiliki hubungan
persahabatan dengan GOdF biasanya dianggap sebagai kemasonan "liberal"
atau "tak reguler". Isu ini diperparah oleh fakta bahwa penggunaan
"Loji" versus "Orient" saja tidak langsung dapat dijadikan petunjuk ke
cabang manakah Loji atau Orient tersebut masuk, dan demikian tidak dapat
dijadikan indikator regularitas. Istilah "regularitas" juga secara
lebih luas digunakan untuk menyebur berbagai lembaga yang didirikan
secara terpisah dan menganggap diri mereka sebagai "Mason" namun tidak
diakui oleh kedua cabang utama Mason.
Loji Mason
Loji (kadang disebut juga Loji Pribadi atau Loji Konstituen dalam konstitusi Mason) adalah unit organisasi dasar Freemasonry. Setiap Loji baru harus memiliki Surat Izin atau Piagam yang dikeluarkan oleh sebuah Loji Besar, yang memberinya izin untuk berjalan dan menyelenggarakan rapat. Para anggota Mason yang berkumpul sebagai sebuah Loji tanpa memperlihatkan dokumen ini (misalnya, karena sedang dalam kamp tawanan perang) dianggap sebagai Loji" gelap" atau "tak reguler", terkecuali bagi sedikit Loji-Loji "abadi" yang didirikan sebelum pembentukan Loji-Loji Besar.
Sebuah Loji harus menggelar rapat di tempat yang telah ditetapkan dan
pada waktu yang dipublikasikan sebelumnya. Mereka akan memilih,
menginisiasi, dan mempromosikan anggota dan petugasnya; Loji itu akan
membangun dan mengelola harta dan asetnya, termasuk waktu dan catatan;
dan Loji yang bersangkutan juga dapat memiliki, menduduki, atau berbagi
propertinya. Seperti organisasi lainnya, Loji dapatmemiliki bisnis
formal untuk mengelola pertemuan dan acara, rapat umum tahunan serta komite, dana amal,
korespondensi dan laporan, keanggotaan dan langganan, rekening dan
pajak, acara khusus dan katering, dan sebagainya. Jumlah kegiatan adalah
tergantung pada masing-masing Loji, dan di bawah konstitusi serta
berbagai bentuk prosedur yang sama, Loji-Loji dapat mengembangkan
tradisi yang berbeda-beda.
Seseorang hanya dapat diinisiasi, atau dijadikan sebagai seorang
Mason, di dalam sebuah Loji. Orang dapat menjadi anggota tetap dalam
sebuah Loji seumur hidupnya. Seorang Mason Master dapat mengunjungi Loji
manapun yang memiliki hubungan persahabatan dengannya, dan sebuah Loji
dapat memberikan sambutan yang ramah kepadanya serta mengadakan rapat
formal dengannya. Pengunjung harus terlebih dahulu memeriksa regularitas
Loji tersebut dan dapat memastikan bahwa Loji tesebut sesuai dengan
tujuannya; namun dia dapat ditolak untuk masuk jika ada kemungkinan
bahwa dia akan menganggu keharmonisan Loji. Jika dia mau mengunjungi
Loji yang sama berulang kali, dia mungkin saja diharapkan untuk
bergabung dan membayar biaya langganan.
Sebagian besar Loji berisi para Freemason yang tinggal atau bekerja
di kota atau daerah di dekat Loji yang bersangkutan. Loji lainnya
diikuti oleh para Mason yang memiliki kesamaan minat, pekerjaan atau latar belakang. Loji semacam ini kadang mensyaratkan adanya kesamaan sekolah, universitas, unit militer, penunjukkan atau derajat Mason, seni, pekerjaan dan hobi.
Di beberapa Loji, pendirian dan namanya mungkin hanya tinggal sejarah,
karena seiring waktu, keanggotaan berkembang lebih luas dariapda yang
diharapkan oleh para "pendirinya"; dalam beberapa Loji lainnya,
keanggotaan tetap eksklusif.
Ada pula Loji spesialis Riset, yang anggotanya adalah para Master Mason, dengan ketertarikan pada Riset Mason (mengenai sejarah, filsafat,
dll.). Loji Riset sepenuhnya terjamin, namun biasanya tidak
menginisiasi anggota baru. Loji Instruksi di UGLE dapat dijamin oleh
Loji biasa manapun untuk dapat mempelajari dan berlatih Ritual Mason.
Para Freemason berkumpul sebagai sebagai Loji, bukan di dalam'
Loji, kata "Loji" lebih bermakna orang-orang yang berkumpul, bukan
tempat berkumpul. Akan tetapi, dalam penggunaan sehari-hari, premis
Mason sering disebut "Loji". Bangunan Mason kadangkala disebut "Kuil" ("Filsafat dan Art)"). Di banyak negara, digunakan istilah Pusat atau Gedung Mason dan bukannya Kuil.
Ini untuk menghindari prasangka dan kecurigaan. Beberapa Loji berbeda,
selain juga kelompok Mason dan non-Mason lainnya, sering menggunakan
premis yang sama pada waktu yang berbeda.
Menurut tradisi Mason, mason batu Eropa Abad Pertengahan sering
berkumpul, makan bersama, dan tinggal selepas jam kerja di sebuah Loji
di sisi selatan sebuah situs bangunan, dimana matahari menghangatkan
batunya pada siang hari. Bagian Lembaga Pesta sosial (atau Lembaga Sosial)[23] dari pertemuan ini dengan demikian sering disebut Selatan.[24] Loji-Loji awal berkimpul di kedai atau tempat umum tetap lainnya dengan ruangan khusus.
Pengurus Loji
Setiap Loji Mason memilih pengurus tertentu untuk melaksanakan
tugas-tugas khusus dalam kerja Loji. Master Terhormat (pada dasarnya
Presiden Loji) selalu menjadi pengurus terpilih. Sebagian besar
yurisdiksi juga memilih Petugas Senior dan Junior (Wakil Presiden),
Sekretaris dan Bendahara. Semua Loji memiliki Tyler, atau Tiler, (yang
menjaga pintu ruangan Loji ketika sedang ada sesi di Loji yang
bersangkutan), terkadang dipilih oleh Master. Selain pengurus yang
dipilih, Loji juga meiliki banyak pengurus yang ditunjuk – misalnya
Diakon, Penatalaya, dan Chaplain (ditunjuk untuk memimpin doa di
konvokasi rapat atau kegiatan – seringkali, tapi tak harus, merupakan
seorang rohaniwan). Jabatan khusus dan tugas mereka berbeda-beda pada
tiap yurisdiksi.
Banyak jabatan direplikasi pada tingkat Loji Daerah dan Loji Besar
dengan tambahan 'Tinggi' pada jabatannya, misalnya setiap Loji memiliki
'Petugas Junior', maka Loji Besar memiliki 'Petugas Junior Tinggi' (atau
terkadang 'Petugas Tinggi Junior'). Selain itu, ada sejumlah jabatan
yang hanya terdapat pada tingkat Loji Besar.[25]
Prinsip
Pada dasarnya Freemasonry lebih mengedepankan masalah-masalah kemanusiaan atau humanisme sekuler.
Dalam kelompok persaudaraan tersebut, manusia akan dilihat sebagai
mahluk individu dan pemikirannya menjadi titik sentral pandangan.
Pekerjaan dan spirit kerja dalam Freemasonry ditujukan pada menemukan
bagaimana harapan-harapan utama manusia dalam menempuh kehidupan ini.
Dalam upaya kebersatuan anggota sebagai ikatan persaudaraan, adalah
dengan cara melihat segi positif pemikiran setiap individu, dan
meninggalkan segi negatifnya. Berkumpul dalam Loji adalah merupakan
tradisi sejak awal dimana para anggota akan saling bertukar pikiran, dan
yang lebih penting adalah tetap membina ikatan persaudaraan atau brotherhood. Masing-masing anggota harus mampu bekerja
untuk diri sendiri agar menjadi manusia yang lebih baik, berguna,
berdasarkan ikatan persaudaraan, serta membangun kebebasan berpikir
dalam kehidupannya di tengah masyarakat. Secara ideal dapat dikatakan
bahwa: membangun sebuah kuil kemanusiaan.[3]
Dalam praktiknya, Freemasonry tidak menyajikan suatu doktrin maupun
dogma, dan juga tidak memunyai program yang kaku. Bagaimana peraturan
kebebasan berpikir yang dikembangkan oleh setiap anggota komunitas
adalah secara sadar atau tidak apabila pemikiran seorang anggota itu
dapat diterima secara umum oleh anggota komunitas. Kebenaran spirit
dalam filosofi yang dikembangkan Freemasonry akan terus berkembang
sebagai wujud dari bagaimana cara pandang melihat kebenaran yang
dipercayai, bagaimana kekuatan sistem nilai, norma, adat dan tradisi
yang ada dalam masyarakat, serta adanya kompromi penerimaan sesuatu
pandangan atau pemikiran yang baru.[26]
Freemasonry pada dasarnya menghormati semua agama dan kepercayaan
yang dianut oleh anggotanya. Freemasonry sebagai organisasi persaudaraan
tidak terlibat pada suatu agama dan kepercayaan yang dianut para
anggotanya. Dengan demikian setiap anggota juga perlu menghormati
kebebasan setiap individu dalam menentukan pilihan agama dan
kepercayaannya masing-masing. Sekalipun demikian Freemasonry memercayai
bahwa Tuhan adalah kreator dari alam raya. Secara prinsip Freemasonry memunyai tiga pilar filosofi yang harus selalu dipegang yaitu: rasionalitas, ketuhanan, dan etika.[9]
Pada dasarnya Freemasonry mengajarkan sebuah filosofi baru dalam kehidupan ini. Filosofi baru tersebut yaitu sekularisme
yang artinya memisahkan berbagai sektor kehidupan dengan agama yaitu
pada sektor-sektor pendidikan, hukum, politik, ekonomi, kesehatan, dan
ilmiah. Dalam hal ini agama menjadi kebutuhan individu, dan mengurangi
fungsi agama dalam kehidupan sosial. Dengan demikian sekularisasi dalam
Freemasonry adalah sebuah proses dimana semua yang mengatur segi
kehidupan sosial berupa sistem nilai, norma, dan ide-ide, landasannya
adalah empirik, rasional, dan pragmatik. Filosofi baru inilah yang
kemudian dalam perjalanan kehidupan Freemasonry telah menarik begitu
banyak pertentangan dengan prinsip-prinsip yang sudah ada.[6]
Sekalipun Freemasonry tidak ada sangkut pautnya dengan peperangan,
ataupun perkembangan politik suatu negara, namun dalam praktiknya
nilai-nilai yang diajarkan oleh Freemasonry telah memberikan sumbangan
yang besar dalam setiap individu Freemasonry dalam membangun masyarakat
yang diidamkan yaitu bebas dari tirani dan dogma.[9]
Kegiatan
Hingga kini Freemasonry tetap menjaga tradisi ritual, yang merupakan simbol bahwa setiap anggota adalah pekerja bangunan (maçon)
yang dapat disimbolkan sebagai batu bata yang harus disusun menjadi
sebuah bangunan kuil. Bagunan kuil Freemasonry merupakan simbol dari
sebuah masyarakat yang besar. Dalam menerima anggota baru dari sebuah Loji
atau rumah Freemason, maka ritual ini akan diperkenalkan kepada setiap
anggota baru tersebut. Ia kemudian memunyai kewajiban untuk juga
berfungsi sebagai pekerja membangun kuil secara bersama-sama dengan
anggota yang lain. Freemasonry meletakkan visi bahwa bekerja membangun
kuil adalah sebuah seni yang tinggi agar nampak indah baik di bagian
luar, di bagian dalam maupun di bagian pusat bangunan . Sebagai anggota
suatu Loji, komunitas Freemasonry memunyai hierarki tiga tingkatan dari
yang terrendah hingga yang tertinggi yaitu murid, pekerja, dan master.
Setiap master memunyai tugas untuk membimbing murid-muridnya dan
membantu para pekerja agar dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.
Para Master memunyai hierarki dengan tingkatan yang tertinggi adalah
tingkat 33 yang merupakan Grand Master untuk suatu negara.[3][4]
Simbol
Simbol kuil yang digunakan oleh Freemasonry adalah Bait Salomo
sebagai simbolik kerja manusia dalam membangun kehidupan masyarakat
yang majemuk yang permasalahannya tak pernah selesai. Pengambilan Bait Salomo ini sebab Bait Salomo di Yerusalem
selalu menjadi polemik antar agama dengan sengketa yang tak pernah
selesai – di atas pondasi yang ada ingin selalu dibongkar oleh kelompok
agama yang menang mendudukinya dan dibangun kembali sebagai kuil agama
yang lain.[4] Diduga, Bait Salomo berada di bawah Masjid Al-Aqsa yang merupakan masjid besar kedua setelah Masjid Al-Haram di Mekkah.[27][28]
Namun penggunaan Bait Salomo sebagai simbol kerja Freemasonry dalam
masyarakat majemuk telah diartikan oleh kelompok anti Freemasonry bahwa
Freemasonry identik dengan Yahudi dan Zionisme.[rujukan?]
Kerahasiaan
Freemasonry adalah organisasi yang tertutup dan memegang rahasia apa
yang tengah dibicarakan di dalamnya. Berbagai upacara ritual yang
dilaksanakan hanya boleh dilihat oleh anggota komunitas Freemason.
Perilaku atau peraturan seperti ini sudah berlangsung beratusan tahun.
Awalnya adalah demi perlindungan para anggota Freemasonry itu sendiri
dari tekanan pihak yang bertentangan dengan prinsip berkebebasan
berpikir dan anti dogma di tiga ratus tahun lalu di Inggris, dimana
agama Katolik
masih kuat memegang kendali hukum. Namun dengan tidak terbukanya
kelompok Freemasonry ini telah membawa pergunjingan di luar yang
dilakukan oleh berbagai kelompok yang berseberangan prinsip.[3][4]
Karena begitu banyak pergunjingan dan spekulasi, baik dari kelompok
agama maupun politik garis keras yang semakin banyak muncul di media
massa, maka akhir-akhir ini Freemasonry mulai membuka diri, kecuali
berbagai ritual yang dilaksanakan di dalam kelompok. Keterbukaan ini
dilakukan guna membantah berbagai pergunjingan dan spekulasi tersebut .[3][4]
Anggota
George Washington, presiden
Menurut Harun Yahya, Freemasonry adalah kelompok Yahudi yang menjalankan perintah rahasia dari Ordo Bait Allah[27][34] serta dari kelompok Zionis internasional.[7][35]
Tuduhan lainnya adalah bahwa Freemasonry memunyai agenda tersembunyi
(salah satunya untuk menghancurkan Islam), melakukan kontrol terhadap
pejabat-pejabat Arab dalam masalah Palestina, menggunakan nama-nama lain (seperti Rotery and Lion Club) sebagai kamuflase, serta melakukan kegiatan mafia dan korupsi. Selain itu, Harun Yahya juga menuding bahwa Freemasonry menggunakan prinsip dan menjalankan upacara Kabbalah serta melakukan kegiatan sihir, dan melaksanakan serta menyebarkan ajaran Yudaisme, ateisme, paganisme, komunisme, dan nazisme.[35]
Anggota Freemasonry yang umumnya dari kalangan intelektual dan
tokoh-tokoh politik akhirnya juga menjadikan negara-negara yang dipimpin
para Freemasonry menjadi negara sekuler. Contoh yang paling jelas
adalah Amerika Serikat. Saat adanya perang saudara di Amerika antara Utara dan Selatan,
banyak kalangan tinggi militer dan politik yang menjadi anggota
Freemason. Presiden pertama Amerika sebagai sebuah negara republik yaitu
George Washington
adalah juga anggota Freemason. Amerika kemudian menjadi negara sekuler
sebagaimana negara-negara di Eropa setelah revolusi Perancis.[4]
Pembesar dan orang terkenal Freemasonry tercatat 14 orang Presiden Amerika antara lain George Washington, Gerald Ford, James Monroe, Franklin Delano Roosevelt, Theodore Roosevelt, dan Harry Truman. Dari Inggris tercatat antara lain Raja Edward VII, Raja Edward VIII, Raja George VI, dan Winston Churchil .[29] Musikus terkenal antara lain Mozart dan Beethoven, serta ahli politik terkenal antara lain Montesquieu.[30] Nama-nama dari Indonesia antara lain Pangeran Aryo Suryodilogo, Raden Saleh, Abdul Rachman (dari Kesultanan Pontianak), Paku Alam V, Paku Alam VI, Paku Alam VII, Pangeran Adipati Ario Notokoesoemo, dan Hamengku Buwono VIII.[31]
Anti Freemasonry
Sepanjang sejarah selama 250 tahun, organisasi persaudaraan sekuler
ini memunyai pengalaman konflik dengan baik kelompok agama maupun aliran
politik garis keras seperti fasisme dan komunisme. Dalam kehidupan politik garis keras fasisme yaitu pada saat kekuasaan Hitler, Grand Master Loji Jerman mati dibunuh oleh Hitler dan anggota Loji ini telah dimasukkan ke kamp-kamp konsentrasi.[3]
Sampai dua ratus tahun lalu, Katolik Roma memberlakukan hukuman mati
bagi orang-orang Katolik yang masuk menjadi anggota Loji Freemason.[4] Berkuasanya politik komunisme di Indonesia juga telah melarang dan menutup organisasi Freemasonry di Indonesia.[6]
Kesalahpahaman
Kekristenan
Berikut ini adalah beberapa kesalahpahaman sejumlah penganut Kristen terkait kelompok Freemasonry:
- Freemansory mengajarkan agama pagan dan melakukan ritual berasal dari agama-agama pagan. Pada kenyataannya, Freemasonry melakukan ritualnya bukanlah sebagai ritual keagamaan, melainkan sebagai ritual kehidupan sekuler.[32] Selain itu, ritual yang dilakukan oleh Freemasonry sebetulnya hanya sebuah sandiwara. [32]
- Freemansory menerapkan mistisisme Yahudi (Kabbalah) dan memiliki simbol berupa pentagram. Pada kenyataannya, Freemasonry tidak mempunyai hubungan dengan Kabbalah, dan simbol Freemasonry bukanlah pentagram.[32]
- Freemasonry memunyai wahyu. Padahal, sekalipun Freemasonry tidak menyangkal adanya wahyu dari Tuhan, namun Freemasonry bukanlah sebuah agama, sehingga Freemasonry sebenarnya tidak memunyai wahyu. [33]
- Freemasonry melakukan praktik spiritisme, okultisme, medium, tarot, dan astrologi. Freemasonry memang banyak diinspirasi oleh perkembangan ilmu pengetahuan seperti astronomi dan aljabar, sehingga Freemasonry menyukai angka-angka dan pengetahuan tentang alam raya. Namun Freemasonry adalah sebuah organisasi sekuler yang lebih banyak memperhatikan rasionalitas, bukti empirik, dan pragmatik. Sehingga Freemasonry tidak memunyai hubungan dengan spiritisme, okultisme (perdukunan) maupun medium dan peramalan. [32]
- Freemasonry tergabung dalam sebuah kelompok Illuminati Bavaria. Pada kenyataannya, hingga kini tidak pernah tercatat ada tokoh-tokoh maupun kelompok yang secara nyata berkaitan dengan kelompok Illuminati Bavaria. [32]
- Freemasonry bertentangan dengan agama Kristen. Sudah banyak larangan yang dikeluarkan oleh pihak gereja agar menjauhi kelompok Freemason, karena pihak gereja melihat ajaran Freemasonry tidak sesuai dengan ajaran agama. Sebegitu jauh, kelompok Freemasonry memang bukan ajaran agama. Freemasonry mengajarkan berkebebasan berpikir dan anti dogma. [32]
- Freemasonry mengajarkan ateisme. Pada kenyataannya, Freemasonry tidak memiliki hubungannya dengan ateisme karena Freemasonry tidak memunyai kaitan dengan sistem kepercayaan dan agama. Freemasonry adalah organisasi sekuler yang mengajarkan tentang humanisme sekuler. Fremason sendiri menghargai anggotanya yang memunyai kepercayaan agama apapun, dan dalam filosofinya menghormati Tuhan sebagai sang pencipta.[33]
- Freemasonry menghancurkan gereja. Pada kenyataannya, Freemasonry membantah bahwa tidak pernah ada deklarasi bahwa Freemasonry memunyai tujuan untuk menghancurkan gereja.[33]
- Freemasonry memunyai buku suci yaitu Moral dan Dogma buatan Albert Pike (seorang Master Freemasonry Amerika yang sangat terkenal) yang menyebutkan bahwa Lucifer adalah Tuhan Freemasonry. Pada kenyataanya, di dalam buku tersebut tidak pernah disebutkan bahwa Lucifer adalah Tuhan dari Freemason. Prasangka ini sendiri muncul akibat kesalah pengutipan oleh Leo Taxil.[33]
- Freemasonry adalah sekte Gerakan Zaman Baru. Gerakan Zaman Baru adalah gerakan spiritual yang mempercayai bahwa Tuhan berada di dalam diri setiap manusia. Karena pada dasarnya kelompok Freemasonry bukanlah organisasi penganut agama Kristen, sekalipun tidak pernah menyatakan bahwa organisasi ini menentang gereja, namun diartikan oleh anti Freemasonry bahwa organisasi ini merupakan organisasi gereja dunia dimana anggotanya bersatu dengan Kristus. [33]
Harun Yahya
Konspirasi
- Konspirasi pembunuhan John F. Kennedy. Ada spekulasi bahwa JF Kennedy dibunuh oleh komplotan Freemasonry karena banyak orang di sekitar JF Kennedy adalah anggota organisasi Freemason. Namun teori konspirasi ini tidak pernah terbukti.[36]
- Konspirasi dengan Yahudi dan Zionis merupakan tudingan yang sangat terkenal dan sudah berlangsung beratusan tahun. Tudingan konspirasi dengan Yahudi dan Zionis ini berasal dari sebuah buku yang sangat terkenal, Protokol Para Tetua Sion. Namun sebetulnya buku ini ditulis oleh seorang Rusia Sergei Alexandrovich Nilus (1862-1930) dan isinya plagiat serta palsu yang berasal dari berbagai tudingan terhadap Freemasonry dan anti semit yang sudah tersebar di belahan Eropa sebelumnya. Sekalipun demikian buku ini menjadi seolah-olah buku dokumen bagi mereka yang anti semit maupun yang anti Freemason.[37]
Catatan kaki
- ^ "Frequently Asked Questions". United Grand Lodge of England. Diakses pada 28 September 2009.
- ^ Hodapp, Christopher. Freemasons for Dummies. Indianapolis: Wiley, 2005. p. 52.
- ^ a b c d e f g Akkerman,WJM (1989): Vrijmetzelaarij een levenshouding, AO – actuele Onderwerpen Stichting IVIO, Lelystad.
- ^ a b c d e f g h i Baigent,M & Leigh R (1989): The Temple and The Lodge, Jonathan Cape Ltd. London.
- ^ Halleran, MA (2000): The Better Angle of Our Nature – Freemasonry in the civil war, University of Alabama Press, Tuscaloosa – Alabama.
- ^ a b c Heydanus, R (2006): Verschuivingen in het maçonnieke landschap 1950 -2005, dalam Vrijmetselarij vandaag en morgen, Stichting de Vrijmetselaar
- ^ a b Layiktez, C (2008): Freemasonry in the Islamic world, The Masonic Magazine Grand Lodge of Turkey, diunduh 19-3-2011 http://www.freemasons-freemasonry.com/layiktez1.html#_ftnref5
- ^ "The Regius Manuscript". Masonicsites.org.
- ^ a b c Jasper,JE (1956): Geestelijke waarden der vrijmetselarij, ’S-Gravenhage.
- ^ Stevenson, David (November 1988). The Origins of Freemasonry: Scotland's Century 1590-1710. Cambridge: Cambridge University Press. ISBN 978-0-521-35326-7. OCLC 17546610.
- ^ Second Schaw Statutes, 1599.
- ^ Coil, Henry Wilson (1961). Coil's Masonic Encyclopedia (Revised and Updated by Allen E. Roberts, 1995). Ed. William M. Brown, William L. Cummings, Harold Van Buren Voorhes. Richmond, Va: Macoy Pub. & Masonic Supply Co..
- ^ S. Brent Morris (2006). The Complete Idiot's Guide to Freemasonry. Alpha/Penguin Books. hlm. 27. ISBN 1-59257-490-4.
- ^ Van Horne, John C. "The History and Collections of the Library Company of Philadelphia," The Magazine Antiques, v. 170. no. 2: 58–65 (1971).
- ^ Lemay, J. A. Leo. "Franklin, Benjamin (1706–1790)," Oxford Dictionary of National Biography. ed. H. C. G. Matthew and Brian Harrison (Oxford: OUP, 2004).
- ^ Bullock, Steven C. (1996). Revolutionary brotherhood: Freemasonry and the transformation of the American social order, 1730-1840. Chapel Hill: University of North Carolina Press. ISBN 978-0-8078-4750-3. OCLC 33334015.
- ^ Achille Godefroy Jouaust, Histoire du Grand Orient de France (Rennes and Paris, 1865). Available from Google Books [1]
- ^ "GLNF: Grande Loge Nationale Francaise" (dalam bahasa French). Grande Loge Nationale Francaise (GLNF). Diakses pada 6 Februari 2006.
- ^ "Constitution". Grand Lodge of North Carolina. 28 Februari 2007. Diarsipkan dari yang asli pada 22 Februari 2007. Diakses pada 9 April 2007. See Preamble.
- ^ "Form letter to request mutual recognition". Grand Lodge FAAM (Free And Accepted Masons) of Washington, D.C. (the District of Columbia), Committee on Masonic Recognition. Diakses pada 9 April 2007. Example letter to request recognition.
- ^ Campbell, Donald G.. "The Master Mason; Irregular and Clandestine Lodges" (excerpt). Handbook for Candidate's Coaches. Grand Lodge
- F.&A.M. of California. Diakses pada 8 Mei 2007. "The solution of the problem [of irregular Masonry] lies in the publication furnished every California lodge. Entitled "List of Regular Lodges Masonic," it is issued by the Grand Lodge of California to its constituent lodges, with the admonition that this book is to be kept in each lodge for reference in receiving visitors and on applications for affiliation. There may well be an old copy which you can use, for it is re-issued every year."
- ^ "Report From The United Grand Lodge of England: Prince Hall Masonry and the Prince Hall Grand Lodge of Massachusetts" (Annex A: Regularity). Joseph A. Walkes Jr. Commission on Bogus Masonic Practices, Phylaxis Society. 3 Oktober 2006. Diarsipkan dari yang asli pada 8 Oktober 2007. Diakses pada 7 April 2007.
- ^ Bourne, W.J. (1997). "The Festive Board" (abridged portion). Godolphin Lodge No. 7790. Diarsipkan dari yang asli pada 6 Mei 2006. Diakses pada 9 April 2007.
- ^ Mackey, Albert Gallatin (2004). "South". Lexicon of Freemasonry. New York: Barnes & Noble. hlm. 445. ISBN 0-7607-6003-9. OCLC 58654158. "...but when [the sun] reaches the south, the hour is high twelve, and we are summoned to refreshment."
- ^ Hodapp, Christopher. Freemasons for Dummies. Indianapolis: Wiley, 2005. pp. 97-104.
- ^ Broeckx, J.L (1961): Op zoek naar de spirituele grondslagen van vrijmetselarij, Maçonnieke Levensbeschouwing, Uitgeversmaatschappij C.A.J van Dishoeck, Bussum.
- ^ a b The History Channel, Decoding the Past: The Templar Code, 7 November 2005, dokumenter ditulis oleh Marcy Marzuni.
- ^ Barber, The New Knighthood, hal. 7.
- ^ Grand Lodge of Louisiana: The Famous Mason, diunduh 19-3-2011. http://www.la-mason.com/famous.htm
- ^ Grand Lodge of British Columbia and Yukon : A famous Freemasons, diunduh 9-3-2011, http://www.freemasonry.bcy.ca/textfiles/famous.html
- ^ Stevens, Th (1994): Vrijmetselarij en samenleving in Nederlands-Indië en Indonesië 1764-1962, Uitgeverij Verloren, Hilversum
- ^ a b c d e f De Hoyos, A & Morris, SB (2004): Freemasonry in context. History- Ritual-Controvesy, Lexington Books, Maryland – USA.
- ^ a b c d e Grand Lodge of British Columbia and Yukon : The BC Catholic false witnes, diunduh 19-3-2011, http://www.freemasonry.bcy.ca/anti-masonry/bc_catholic.html
- ^ Grand Lodge of British Columbia and Yukon : Notes on the Knight Templars, diunduh 19-3-2011 http://www.Freemasonry .bcy.ca/anti-masonry/templars.html#myth.
- ^ a b Harun Yahya ( ): Global Freemasonry , The Masonic Philosophy,Unveiled and Refuted, Global Publishing, diunduh 19 – 3 - 2011. http://www.harunyahya.com/globalFreemasonry _introduction.php
- ^ Grand Lodge of British Columbia and Yukon : Did Freemasonry kill John F Kennedy? diunduh 19-3-2011 http://www.freemasonry.bcy.ca/anti-masonry/anti-masonry07.html#kennedy
- ^ Grand Lodge of British Columba and Yukon: History of the Protocols of the Learned Elders of Zion, diunduh 19-3-2011 http://www.freemasonry.bcy.ca/texts/protocols.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar