Kamis, 08 September 2016

11 Lokasi Indah Paling Sunyi dan Tersembunyi di Dunia, Indonesia Salah Satunya

21 July 2016 by
http://www.boombastis.com/tempat-tersunyi-dunia/75872 

TOTAL SHARED 2

Wisata pada dasarnya bertujuan untuk mengembalikan diri pada kondisi yang lebih baik, berkembang, atau pulih dari kejenuhan. Kalau sekarang sih, wisata sudah jadi bagian dari eksistensi, di mana saat kita berada di tujuan, kita malah sibuk untuk foto-foto dan diunggah ke media sosial. Yang seperti ini, tidak sedikit jumlahnya. 

Tapi ada juga yang sengaja mencari tujuan wisata sepi pengunjung. Bahkan, yang belum terjamah oleh siapa-siapa. Umumnya traveler berjiwa petualang yang sering melakukannya. Semata-mata hal ini dilakukan demi lebih membumi dan menikmati suasana yang diberikan oleh alam.
Kali ini Boombastis akan mengulas beberapa lokasi indah di sudut bumi yang belum banyak dikunjungi orang. Kalau kamu tipe penjelajah yang menyukai ketenangan, mungkin tempat-tempat ini layak untuk jadi tujuan perjalananmu.

1.

Laguna Tersembunyi di Kepulauan Miniloc, Filipina

Secret Lagoon, Kepulauan Miniloc [image source]
Secret Lagoon, Kepulauan Miniloc [image source]
 
Adalah tempat yang punya spot renang indah dan menyenangkan dengan perairan sebening kaca. Untuk mencapai dan menjelajahi perairan yang tersembunyi di antara tebing raksasa ini, perlu sedikit perjuangan. Tapi itu artinya, tempat ini tidak mudah diakses banyak orang. Jadi masih sepi nih. Datang ke tempat ini disarankan pada musim panas dan kering, sehingga kamu bisa menikmati segarnya air lautan, atau langsung nyebur di antaranya.

2.

Sawah Padi Berundak-undak di Ubud, Bali, Indonesia

Lahan Sawah Berundak di Ubud, Bali
Lahan Sawah Berundak di Ubud, Bali [image source]
 
Di Indonesia memang sudah banyak sawah, tapi megahnya sawah padi berundak ini sampai ke luar negeri. Karena sawah umumnya bukan tempat wisata, jadi jarang pengunjung yang mau ke sini. Dan hanya pada spot tertentu saja kita bisa menikmati pemandangan tersebut. Pagi dan sore hari di musim panas adalah waktu yang paling kece, kalau kamu ingin melihat sawah ini merona keemasan di antara gunung dan bukit.

3.

Istana Megah di Bukit Tuscany, Italia

Tuscany
Castello di Sammezzano di Tuscany, Italia [image source]
 
Istana yang penuh warna ini sebenarnya bukan tempat wisata, melainkan milik pribadi. Tapi masih ada sedikit akses kalau kita mau mencoba datang ke sana. Cocok buat penggemar arsitektur dan sejarah. Sebenarnya lokasi ini tidak dibuka untuk umum, tapi kita jadi bisa menghayati detail serta riwayat bangunan yang sempat mangkrak dua dekade ini. Kalau kamu mau ke sini, sebaiknya segera. Karena ada info kalau istana di Tuscany Hills ini bisa jadi akan dijual.

4.

Lebih Dekat dengan Rimba di Safari Alam Liar Botswana

   

Wilderness Safari
Safari alam liar di Botswana [image source]
 
Alam rimba adalah yang paling sunyi tapi juga ganas di lautan. Tidak banyak orang yang rela mempertaruhkan nyawa cuma untuk melihat kehidupan liar yang cuma bisa ditonton di National Geographic. Tapi safari semacam ini sebenarnya dibuka untuk umum di Botswana. Yang membuatnya hanya dikunjungi kalangan tertentu adalah karena lokasi terpencil dan mahal. Lokasi terbaik untuk dikunjungi adalah Okavango Delta pada musim hujan, karena akan banyak binatang bermigrasi dan mencari perairan. Jadi kita bisa melihat satwa-satwa eksotis itu secara nayat dan masif. Yang jelas beda banget dengan kebun binatang.

5.

Hamparan Candi dan Kuil di Bagan, Myanmar

Bagan Myanmar
Kuil dan candi di Bagan, Myanmar [image source]

Tidak semua candi dibangun untuk dikunjungi. Beberapa sengaja dibiarkan tanpa akses yang mudah untuk didatangi turis. Kondisi politik di Myanmar membuat negara ini baru-baru saja terbuka untuk turis. Mungkin foto tempat di atas sudah sering dilihat, tapi masih jarang dikunjungi. Kalau kalian ingin melihat pemandangan menakjubkan yang masih bebas turis ini, segeralah ke sana, sebelum sektor pariwisata benar-benar digiring ke tempat ini dan mendatangkan lebih banyak manusia.

6.

Terpikat Padang Ilusi di Moravia, Ceko

Moravia
Padang Moravia di Ceko [image source]

Mungkin banyak di antara kita pengguna Laptop maupun PC, yang pakai wallpaper Padang Moravio di Ceko ini. Melihat foto di atas pun, akan membuat kita mengira itu hanya foto dengan sepuhan editing luar biasa. Tidak, tempat yang jarang dihuni manusia tersebut memang ada dan terlihat bagai ilusi, padahal keindahannya nyata. Moravia terhampar menjadi karpet bumi dengan warna yang harmonis, membuat kita ingat dengan perbukitan di serial Teletubbies. Agar lebih meyakinkan, pemandangan nyatanya bisa dilihat dalam video di bawah ini.

7.

Teduh dalam Surga Arsitektur Samarkand di Uzbekistan

Samarkand
Bagian dalam Samarkand yang terkenal di Uzbekistan [image source]

Uzbekistan punya sebuah tempat yang teduh dan megah, di kota tua Samarkand, bangunan ini berdiri dengan gagahnya. Kegiatan banyak berpusat di pemukiman warga, sehingga jarang turis yang menyentuh kawasan ini. Bangunan antik Samarkand ini menyimpan sejarah dan nilai artistik serta arsitektur yang kuat. Selain cocok untuk single traveler, setelah masuk ke dalamnya, kita bisa merasakan nuansa pikiran yang berbeda. Penasaran? Kunjungilah pada bulan Mei-Juni atau September-November, saat cuaca tidak sedang panas-panasnya.

8.

Danau Sebiru Gunung dan Langit di Moraine

Moraine Lake
Danau Moraine di Kanada [image source]

Negara tetangga Amerika ini memang bagaikan transisi dan perpaduan kedua tetangganya. Kanada bagai perpaduan Amerika dan Alaska, membuatnya indah secara kontemporer. Ya modern, tapi juga masih banyak tempat alami yang indah seperti Moraine Lake ini. Di sini, airnya benar-benar biru dan tempatnya jauh dari keramaian karena dipisah oleh Danau Louis. Cocok untuk tempat menyendiri atau bersolo traveling.

9.

Tempat paling Sunyi di Ujung Bumi, Antartika

Antartika
Antartika yang selalu sunyi dan dingin [image source]

Tidak banyak orang yang ingin menyepi ke Antartika, tapi lokasi ini menjadi salah satu tempat tersunyi di muka bumi. Kelestariannya tidak begitu diperhatikan manusia yang sibuk hidup di kota, padahal keseimbangan alam bergantung dengan salah satu kutub dunia ini. Kalaupun ada turis yang datang, tujuannya bukan cuma melihat beruang kutub atau pinguin, tapi juga keindahannya yang luar biasa, atau mungkin juga keadaannya yang mulai tampak mengenaskan.

10.

Menikmati Deru Air Terjun nan Megah di Havasu Falls

havasu falls
Air terjun kembar di Havasu [image source]

Sekarang ini, bahkan di Indonesia, banyak orang yang sengaja tidak menyebutkan lokasi air terjun-air terjun kecil tidak terkenal yang mereka datangi. Tujuannya adalah untuk mencegah banyak turis alay yang datang ke sana. Havasu Waterfalls terlalu megah untuk disembunyikan, meskipun begitu, belum banyak yang bisa mencapai area ini. Ternyata karena ijin masuknya yang susah luar biasa karena lokasi terpencil di Grand Canyon Arizona. Yah, sesuatu yang indah memang seringkali diawali dengan susah payah.

11.

Gurun Palem Per Aquum, Mencicipi Keindahan ala Dubai

Dessert Pal Aquum
Terowongan kebun di Gurun Palma, Dubai [image source]

Lokasinya satu jam saja dari kebisingan kota Dubai. Berada di dalam resort mewah di antara gurun. Yang menjadi primadona memang bukan gurun palmanya, melainkan taman bunga harum yang indah ini. Disebut sebagai tempat yang sunyi karena memang jauh dari keramaian, daaan untuk bisa ke sana kita harus merogoh kocek dalam-dalam. Maka dari itu tidak banyak orang yang bisa datang kemari.
 
Itulah 11 daftar lokasi paling sunyi di dunia. Tidak semuanya terpencil dan jauh dari peradaban. Kalau mau lebih jeli melihat ke negeri sendiri, kita juga punya yang tidak kalah kece dibanding 10 tempat luar negeri di atas. Lain kali Boombastis akan membahas tempat-tempat indah lain dari negeri sendiri. See you, Boombers. Next

5 Fakta Ngeri Titanoboa, Ular Purba Raksasa yang Ukurannya Bikin Merinding

21 July 2016 by
TOTAL SHARED 3
Dengan panjang hampir 5,1 meter, Anaconda Hijau mutlak memegang rekor sebagai ular paling panjang di dunia. Ditambah lagi dengan beratnya yang mencapai satu kuintal membuat ular ini makin mengerikan. Namun, jika dikomparasikan dengan deretan ular purba, maka Anaconda Hijau ini tidak ada apa-apanya. Misalkan melawan Gigantophis yang punya panjang 10 dan berat sampai ratusan kilogram. 

Gigantophis pernah memegang title sebagai ular paling panjang dan besar sepanjang masa. Hingga akhirnya gelar itu direbut oleh jenis ular lain bernama Titanoboa. Bagaimana tidak, soal ukuran, ular purba ini ternyata jauh lebih besar. Panjangnya sendiri hampir 15 meter serta memiliki bobot tubuh yang juga lebih besar.

Baca Juga :4 Fakta Thunderbird, Burung Raksasa Purba yang Dipercaya Masih Hidup Hingga Sekarang

Monster satu ini pernah hidup sangat lama hingga akhirnya punah bersamaan dengan hancurnya zaman Cretaceous. Masih tentang Titanoboa, berikut adalah fakta-fakta si ular terbesar itu yang mungkin belum kamu ketahui.

1.

Titanoboa Punya Diameter Tubuh yang Gila

Berbicara soal dimensi, sempat disinggung di bagian pembuka kalau ular satu ini punya ukuran tubuh yang luar biasa. Panjang tubuh normalnya sekitar 15 meter dengan berat tubuh hampir satu ton. Hal yang ngeri soal dimensi tubuh Titanoboa ini adalah ia bisa terus tumbuh sepanjang hidupnya.

Ukuran tubuh Titanoboa [Image Source]
Ukuran tubuh Titanoboa [Image Source]

Fosil yang ditemukan para arkeolog memang hanya sepanjang itu, namun mereka yakin Titanoboa bisa tumbuh lebih panjang lagi. Oh iya soal diameter tubuh, ular satu ini memiliki garis tengah badan setidaknya tiga kaki alias satu meter. Bisa dibayangkan betapa besarnya ular satu ini?

2.

Cara Berburu Titanoboa Ternyata Sangat Ekstrem

Dengan ukuran tubuh yang tak karuan seperti itu, kita mungkin berpikir jika Titanoboa bakal mencari makan dengan cara konvensional alias seperti ular pada umumnya. Meskipun kesannya seperti itu, tapi peneliti meyakini jika Titanoboa berburu dengan cara yang lain. Alih-alih menjerat, Titanoboa menyerang musuhnya seperti buaya.
Cara Titanoaboa berburu [Image Source]
Cara Titanoaboa berburu [Image Source]
Ya, Titanoboa lebih banyak berburu dengan cara menerkam musuhnya. Setelah menerkam, ular raksasa ini akan membuka mulutnya  lebar-lebar lalu dengan segera menelan mangsanya. Soal mangsa, Titanoboa sering berburu buaya atau kura-kura purba. Next

TOTAL SHARED 3

3.Titanoboa Hidup di Lingkungan yang Super EkstremMenurut para peneliti ular ini berhabitat di tempat yang sangat ekstrem cuacanya, yakni panas dan juga sangat lembab. Suhu panasnya sendiri tak kira-kira karena hampir sekitar 90 derajat celcius. Alasan kenapa Bumi bisa sepanas ini adalah karena ketika itu meteor-meteor baru saja menghantam.

Tempat tinggal Titanoboa [Image Source]
Tempat tinggal Titanoboa [Image Source]
Alih-alih tak bisa bertahan dan akhirnya mati, Titanoboa justru mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan. Bahkan gara-gara suhu yang lebih hangat seperti ini, tubuh mereka bisa tumbuh lebih gila lagi.

4.

Titanoboa Ternyata Satu Masa Dengan Kura-Kura Carbonemy

Titanoboa diketahui tidak hidup satu zaman dengan para dinosaurus. Ia bisa dibilang lebih muda beberapa juta tahun. Di masanya, para hewan-hewan sudah berbentuk evolusi baru kurang lebih seperti hari ini. Soal hewan yang hidup semasa dengannya, peneliti yakin jika Titanoboa berbagi tempat dengan Kura-Kura Carbonemy.

Kura-Kura Carbonemy [Image Source]

Kura-Kura Carbonemy [Image Source]Hal yang jadi alasan para peneliti meyakini ini adalah ditemukannnya fosil Carbonemy di tempat yang tak jauh dari penemuan tulang-tulang Titanoboa. Hal ini juga jadi bukti valid pula kalau Titanoboa juga memangsa Carbonemy untuk bisa terus hidup. Next 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar