Takhrij Hadis Ruwaibidhah : Kedudukannya Dhaif
Posted on Maret 26, 2017 by secondprince
https://secondprince.wordpress.com/2017/03/26/takhrij-hadis-ruwaibidhah-kedudukannya-dhaif-2/#more-4568
Takhrij Hadis Ruwaibidhah : Kedudukannya Dhaif
Hadis Ruwaibidhah termasuk hadis yang
masyhur di telinga para da’i dan sebagian orang awam. Memang benar bahwa
hadis ini telah dikuatkan oleh sebagian ulama hadis kontemporer seperti
Syaikh Al-Albani, Syaikh Ahmad Syakir, Syaikh Syu’aib Al-Arnauth dan
Syaikh Mustafa Al-Adawiy. Hanya saja setelah kami pelajari dengan
seksama kami lebih merajihkan bahwa kedudukan hadis ini sebenarnya
dhaif. Tidak ada satupun jalan sanad yang selamat dari cacat dan
semuanya tidak bisa dianggap saling menguatkan.
Hadis Ruwaibidhah secara marfu’ diriwayatkan dengan tiga jalur sahabat yaitu
- Hadis Abu Hurairah
- Hadis Anas bin Malik
- Hadis Auf bin Malik
Berikut pembahasan semua jalur hadis tersebut secara rinci beserta illat (cacat) masing-masing jalurnya.
.
.
.
Hadis Abu Hurairah
Hadis Abu Hurairah memiliki dua jalan sanad dimana keduanya dhaif dan tidak bisa saling menguatkan. Kedua jalan tersebut adalah
- Jalan Sa’iid bin Ubaid dari Abu Hurairah
- Jalan Sa’iid Al-Maqburiy dari Ayahnya dari Abu Hurairah
.
Jalan Sa’iid bin Ubaid
حَدَّثَنَا يُونُسُ وَسُرَيْجٌ قَالَا حَدَّثَنَا فُلَيْحٌ عَنْ سَعِيدِ بْنِ عُبَيْدِ بْنِ السَّبَّاقِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قال رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْلَ السَّاعَةِ سِنُونَ خَدَّاعَةٌ يُكَذَّبُ فِيهَا الصَّادِقُ وَيُصَدَّقُ فِيهَا الْكَاذِبُ وَيُخَوَّنُ فِيهَا الْأَمِين وَيُؤْتَمَنُ فِيهَا الْخَائِنُ وَيَنْطِقُ فِيهَا الرُّوَيْبِضَةُ قَالَ سُرَيْجٌ وَيَنْظُرُ فِيهَا الرُّوَيْبِضَة
Telah menceritakan kepada kami Yuunus
dan Suraih, keduanya berkata telah menceritakan kepada kami Fulaih dari
Sa’iid bin ‘Ubaid bin As-Sabbaaq dari Abu Hurairah yang berkata
Rasulullah [shallallahu ‘alaihi wasallam] bersabda “Sebelum
hari kiamat akan ada tahun-tahun yang penuh tipu daya, ketika itu
orang-orang yang jujur didustakan dan para pendusta dibenarkan,
orang-orang yang dapat dipercaya dikhianati, orang-orang yang berkhianat
dipercaya, dan berbicaralah pada saat itu Ar-Ruwaibidhah. Suraih
berkata (dengan lafaz) “dan melihatlah pada saat itu Ar-Ruwaibidhah” [Musnad Ahmad bin Hanbal 2/338 no 8459 (versi tahqiq Syaikh Syu’aib Al-Arnauth) atau no 8440 (versi tahqiq Syaikh Ahmad Syakir)]
Sanad ini mengandung dua kelemahan yaitu Fulaih bin Sulaiman
dia diperbincangkan dari sisi dhabitnya dan berdasarkan pendapat yang
rajih kedudukannya adalah perawi yang dhaif tetapi bisa dijadikan
i’tibar. Kemudian Sa’iid bin Ubaid tidak mendengar dari Abu Hurairah.
Fulaih bin Sulaiman
dilemahkan oleh Yahya bin Ma’in dimana terkadang ia berkata “dhaif” dan
terkadang berkata “tidak kuat dan tidak bisa dijadikan hujjah
hadisnya”. Abu Hatim berkata “tidak kuat”. An-Nasa’iy terkadang berkata
“dhaif” dan terkadang berkata “tidak kuat”. Ibnu Adiy mengatakan bahwa
hadis-hadis Fulaih shalih (baik), ia meriwayatkan dari syuyukh penduduk
Madinah hadis-hadis lurus dan gharib, dia dijadikan pegangan oleh
Al-Bukhariy dalam kitab Shahihnya dan disisi Ibnu Adiy Fulaih tidak ada
masalah dengannya. Abu Ahmad Al-Hakim berkata “tidak kuat di sisi mereka
(para ulama)”. Daruquthni berkata “mereka berselisih tentangnya dan
tidak ada masalah padanya”. Ali bin Madini menyatakan dhaif. As-Saji
mengatakan ia tergolong orang yang jujur dan terkadang keliru. Ibnu
Hibban memasukkannya dalam Ats-Tsiqat. Abu Daud berkata “tidak ada
apa-apanya”. [Tahdzib At-Tahdzib Ibnu Hajar 5/280-281 no 6418]. Abu
Zur’ah mengatakan bahwa Fulaih dhaif al-hadits [Adh-Dhu’afa Abu Zur’ah
hal 366]
Ibnu Hajar dalam Taqrib At-Tahdzib
menyimpulkan bahwa Fulaih “perawi yang shaduq banyak melakukan
kesalahan”. Menurut penulis Tahrir Taqrib At-Tahdzib (Syaikh Syu’aib
Al-Arnauth dan Syaikh Basyar Awwad Ma’ruf) kedudukan Fulaih bin Sulaiman
adalah dhaif dapat dijadikan i’tibar. [Tahrir Taqrib At-Tahdzib 3/165
no 5443].
Kesimpulannya Fulaih bin Sulaiman pada
dasarnya seorang yang shaduq hanya saja ia memiliki kelemahan pada sisi
dhabitnya (hafalannya) sehingga ia melakukan banyak kesalahan dalam
riwayat. Maka sudah tepat pendapat yang menyatakan bahwa ia dhaif jika
tafarrud (menyendiri) dalam riwayatnya tetapi hadisnya bisa dijadikan
i’tibar dan menjadi hasan dengan adanya penguat.
Fulaih bin Sulaiman dalam riwayatnya dari
Sa’iid bin Ubaid memiliki mutaba’ah yaitu Yaziid bin ‘Iyaadh
sebagaimana disebutkan Nu’aim bin Hammad dalam kitab Al-Fitan dengan
sanad lengkap berikut
حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ عَنْ يَزِيدَ بْنِ عِيَاضٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ عُبَيْدِ بْنِ السَّبَّاقِ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Telah menceritakan kepada kami Ibnu
Wahb dari Yaziid bin ‘Iyaadh dari Sa’iid bin ‘Ubaid bin As-Sabbaaq yang
berkata aku mendengar Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu yang mengatakan
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda …[Al-Fitan Nu’aim bin Hammad no 1470]
Hanya saja mutaba’ah ini tidak kuat
karena dua alasan. Alasan pertama, kitab Al-Fitan Nu’aim bin Hammad
sendiri tidak bisa dijadikan hujjah. Kitab Al-Fitan ini diriwayatkan
dari ‘Abdurrahman bin Haatim Al-Muradhiy dari Nu’aim bin Hammad.
- Abdurrahman bin Haatim dikatakan Ibnu Yunus bahwa Ia diperbincangkan oleh para ulama [Tarikh Ibnu Yunus no 810]. Ibnu Jauzi berkata “matruk al-hadits” [Adh-Dhu’afa Ibnu Jauzi no 1859]. Adz-Dzahabi menanggapi perkataan Ibnu Jauzi dengan berkata “dia termasuk guru Ath-Thabraniy dan aku tidak mengetahui ada masalah padanya”[Mizan Al-I’tidal no 4844] tetapi anehnya dalam tempat yang lain Adz-Dzahabi dengan jelas menyatakan Abdurrahman bin Haatim dhaif [Diwan Adh-Dhu’afa no 2430].
- Nu’aim bin Hammad sendiri diperbincangkan kedudukannya dan pendapat yang rajih ia perawi yang dhaif tetapi bisa dijadikan i’tibar. Kami sudah pernah membahas tentangnya dalam tulisan disini.
Alasan kedua, Yaziid bin ‘Iyaadh
adalah perawi yang dhaif jiddan. Imam Malik medustakannya. Ibnu Ma’in
berkata “tidak ada apa-apanya”. Abu Hatim berkata “dhaif al-hadits
mungkar al-hadits”. Abu Zur’ah berkata “dhaif al-hadits”. Imam Bukhari
dan Muslim berkata “mungkar al-hadits”. Nasa’iy terkadang berkata
“matruk al-hadits” dan terkadang berkata “dusta”. Al-Ijliy, Ali bin
Madini dan Daruquthniy berkata “dhaif”. Al-Falaas berkata “dhaif
al-hadits jiddan” [Tahdzib At-Tahdzib 7/176 no 9069].
.
.
Dalam kitab Rijal disebutkan bahwa Sa’iid
bin ‘Ubaid As-Sabbaaq meriwayatkan dari Abu Hurairah dan tidak
ditemukan ulama mutaqaddimin yang menyatakan riwayat Sa’iid dari Abu
Hurairah mursal. Dalam kondisi seperti ini, jika Sa’iid terbukti semasa
dengan Abu Hurairah maka periwayatan darinya dianggap muttashil
(bersambung). Masalahnya adalah dalam kitab Rijal tidak ditemukan tahun
lahir dan tahun wafat Sa’iid bin ‘Ubaid sehingga tidak bisa ditetapkan
apakah memang betul ia semasa dengan Abu Hurairah.
Sa’iid bin ‘Ubaid bin As-Sabbaaq disebutkan Ibnu Hajar dalam Taqrib At-Tahdzib no 2373
سعيد بن عبيد بن السُبّاق الثقفي أبو السباق المدني ثقة من الرابعة
Sa’iid bin ‘Ubaid bin As-Sabbaaq Ats-Tsaqafiy Abu As-Sabbaq Al-Madaniy, tsiqat termasuk thabaqat keempat.
Thabaqat keempat disebutkan Ibnu Hajar
untuk para perawi yang kebanyakan riwayat mereka adalah dari tabiin
kibar, dan contoh perawi yang termasuk thabaqat ini adalah Az-Zuhri dan
Qatadah.
Az-Zuhri disebutkan wafat tahun 125 H dan
dikatakan juga ia wafat setahun atau dua tahun sebelum itu [Taqrib-At
Tahdzib no 6336]. Dan Abu Hurairah disebutkan wafat tahun 57 H atau 58 H
atau 59 H [Taqrib At-Tahdzib no 8493]. Jadi antara wafat Az-Zuhri dan
Abu Hurairah terpisah lebih dari 60 tahun. Imam Tirmidzi menegaskan
bahwa Az-Zuhri tidak mendengar dari Abu Hurairah
والزهري لم يسمع من أبي هريرة
Az-Zuhri tidak mendengar dari Abu Hurairah [Sunan Tirmidzi 1/242 no 201]
Fakta ini bisa dijadikan petunjuk bahwa
Sa’iid bin ‘Ubaid sebagai perawi thabaqat keempat kuat dugaan riwayatnya
mursal dari Abu Hurairah karena Sa’iid hidup semasa dengan Az-Zuhri dan
Az-Zuhri riwayatnya mursal dari Abu Hurairah.
Al-Hafizh As-Sakhawiy dalam kitab
At-Tuhfatul Latifah Fii Tarikh Al-Madinah 2/153 no 1531 menyatakan bahwa
riwayat Sa’iid dari Abu Hurairah mursal.
.
.
سعيد بن عبيد بن السباق الثقفي المدني من أهلها يروي عن أبيه ومحمد بن أسامة بن زيد وأرسل عن أبي هريرة
Sa’iid bin ‘Ubaid bin As-Sabbaaq
Ats-Tsaqafiy Al-Madani termasuk penduduk Madinah, meriwayatkan dari
Ayahnya dan Muhammad bin Usamah bin Zaid dan meriwayatkan secara mursal
dari Abu Hurairah
.
.
Jalan Sa’iid Al-Maqburiy
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ قُدَامَةَ الْجُمَحِيُّ عَنْ إِسْحَاق بْنِ أَبِي الْفُرَاتِ عَنْ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَيَأْتِي عَلَى النَّاسِ سَنَوَاتٌ خَدَّاعَاتُ يُصَدَّقُ فِيهَا الْكَاذِبُ وَيُكَذَّبُ فِيهَا الصَّادِقُ وَيُؤْتَمَنُ فِيهَا الْخَائِنُ وَيُخَوَّنُ فِيهَا الْأَمِينُ وَيَنْطِقُ فِيهَا الرُّوَيْبِضَةُ قِيلَ وَمَا الرُّوَيْبِضَةُ ؟ قَالَ الرَّجُلُ التَّافِهُ فِي أَمْرِ الْعَامَّةِ
Telah menceritakan kepada kami Abu
Bakr bin Abi Syaibah yang berkata telah menceritakan kepada kami Yaziid
bin Haarun yang berkata telah menceritakan kepada kami ‘Abdul Maalik bin
Qudaamah Al-Jumahiy dari Ishaaq bin Abi Furaat dari Al-Maqburiy dari
Abu Hurairah yang berkata Rasulullah [shallallahu ‘alaihi wasallam]
bersabda “akan datang pada manusia
tahun-tahun penuh tipu daya, dimana para pendusta dibenarkan,
orang-orang jujur didustakan, orang-orang yang berkhianat dipercaya,
orang-orang yang dapat dipercaya dikhianati, , dan berbicaralah pada
saat itu Ar-Ruwaibidhah. Dikatakan “apa itu Ar-Ruwaibidhah?”. Beliau
bersabda “orang bodoh yang berbicara urusan orang banyak” [Sunan Ibnu Majah 5/162 no 4036]
Abu Bakr bin Abi Syaibah dalam
periwayatannya dari Yazid bin Harun memiliki mutaba’ah dari Abu Ubaid
Qaasim bin Salaam dalam Ghariib Al-Hadiits 2/623-624 no 311.
Ahmad bin Hanbal dalam Musnad-nya no 7912
(versi tahqiq Syaikh Syu’aib Al-Arnauth) meriwayatkan dari Yaziid bin
Haruun dengan sanad berikut
حَدَّثَنَا يَزِيدُ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ قُدَامَةَ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ بَكْرِ بْنِ أَبِي الْفُرَاتِ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Telah menceritakan kepada kami Yaziid
yang berkata telah mengabarkan kepada kami ‘Abdul Malik bin Qudaamah
yang berkata telah menceritakan kepada kami Ishaaq bin Bakr bin Abi
Furaat dari Sa’iid bin Abi Sa’iid dari Ayahnya dari Abu Hurairah yang
berkata Rasulullah [shallallahu ‘alaihi wasallam] bersabda…
Ahmad bin Hanbal memiliki mutaba’ah dari
Sa’iid bin Mas’ud Al-Marwaziy dengan jalan sanad Yaziid dari ‘Abdul
Malik dari Ishaaq dari Sa’iid Al-Maqburiy dari Ayahnya dari Abu Hurairah
secara marfu’, sebagaimana disebutkan Al-Hakim dalam Mustadrak
Ash-Shahihain 4/466 no 8439
Abu Bakr Asy-Syafi’i dalam Al-Ghailaaniyaat no 331 menyebutkan jalan sanad Yazid bin Harun sebagai berikut
حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ سَهْلِ بْنِ كَثِيرٍ أنبا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ أنبا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ قُدَامَةَ عَنِ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Telah menceritakan kepada kami Muusa
bin Sahl bin Katsiir yang berkata telah memberitakan kepada kami Yaziid
bin Haruun yang berkata telah memberitakan kepada kami ‘Abdul Maalik bin
Qudaamah dari Al-Maqburiy dari Ayahnya dari Abu Hurairah dari Nabi
[shallallahu ‘alaihi wasallam]
Nampak disini seolah-olah terjadi
idhthirab dalam periwayatan Yaziid bin Haruun. Kalau diringkas
sanad-sanad di atas adalah sebagai berikut
- Ibnu Abi Syaibah dan Abu Ubaid meriwayatkan dari Yaziid bin Haruun dengan jalan sanad “Abdul Malik bin Qudaamah dari Ishaaq dari Al-Maqburiy dari Abu Hurairah”
- Ahmad bin Hanbal dan Sa’iid bin Mas’ud meriwayatkan dari Yaziid bin Haruun dengan jalan sanad “Abdul Malik bin Qudaamah dari Ishaaq dari Al-Maqburiy dari Ayahnya dari Abu Hurairah”
- Muusa bin Sahl bin Katsiir meriwayatkan dari Yaziid bin Haruun dengan jalan sanad “Abdul Malik bin Qudaamah dari Al-Maqburiy dari Ayahnya dari Abu Hurairah”
Muusa bin Sahl bin Katsir
adalah perawi yang dhaif. Ia dinyatakan dhaif oleh Daruquthniy dan
Al-Barqaniy berkata “dhaif jiddan” [Tarikh Baghdad 15/45-46 no 6966].
Maka jalan sanad ketiga tertolak
Jalan sanad pertama dikuatkan oleh riwayat Al-Kharaithiy dalam Makaarim Al-Akhlaaq no 185
حدثنا علي بن زيد الفرائضي ثنا أبو يعقوب الحنيني ثنا عبد الملك بن قدامة الجمحي عن إسحاق بن أبي الفرات عن سعيد بن أبي سعيد المقبري عن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم
Telah menceritakan kepada kami Aliy
bin Zaid Al-Fara’idhiy yang berkata telah menceritakan kepada kami Abu
Ya’qub Al-Hunainiy yang berkata telah menceritakan kepada kami ‘Abdul
Maalik bin Qudaamah Al-Jumahiy dari Ishaaq bin Abi Furaat dari Sa’iid
bin Abi Sa’iid Al-Maqburiy dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu yang berkata Rasulullah [shallallahu ‘alaihi wasallam] bersabda
Hanya saja riwayat ini dhaif karena ‘Aliy bin Zaid Al-Faraidhiy disebutkan Ibnu Yuunus bahwa mereka (para ulama) membicarakannya [Tarikh Baghdad 13/379 no 6268]. Abu Ya’qub Al-Hunainiy adalah Ishaaq bin Ibrahim seorang yang dhaif [Taqrib At-Tahdzib no 339].
Jalan sanad kedua dikuatkan oleh riwayat Al-Hakim dalam Mustadrak Ash-Shahihain 4/512 no 8564
حدثنا أبو بكر إسماعيل بن محمد بن إسماعيل الفقيه بالري ثنا أبو بكر بن الفرج الأزرق ثنا حجاج بن محمد ثنا عبد الملك بن قدامة الجمحي عن إسحاق بن أبي بكر عن سعيد بن أبي سعيد عن أبيه عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم
Telah menceritakan kepada kami Abu
Bakr Ismaiil bin Muhammad bin Ismaiil Al-Faqih di Ray yang berkata telah
menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Al-Faraj Al-Azraq yang berkata
telah menceritakan kepada kami Hajjaaj bin Muhammad yang berkata telah
menceritakan kepada kami ‘Abdul Maalik bin
Qudaamah Al-Jumahiy dari Ishaaq bin Abi Bakr dari Sa’iid bin Abi Sa’iid
dari Ayahnya dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dari Nabi [shallallahu ‘alaihi wasallam]
Riwayat ini sanadnya jayyid sampai
Hajjaaj bin Muhammad. Abu Bakr Ismaiil bin Muhammad Al-Faqih adalah
seorang yang tsiqat [Rijal Al-Hakim Fii Al-Mustadrak no 462] dan Abu
Bakr Muhammad bin Faraj Al-Azraq adalah seorang yang shaduq hasanul
hadis [Tahrir Taqrib At-Tahdzib no 6220]. Hajjaj bin Muhammad adalah
seorang imam hafizh hujjah [Siyar A’lam An Nubalaa’ 9/447 no 169] dan
dia menjadi mutaba’ah bagi riwayat Yaziid bin Haruun dengan jalan sanad ‘Abdul Malik dari Ishaaq dari Al-Maqburiy dari Ayahnya dari Abu Hurairah secara marfu’.
Maka dapat disimpulkan bahwa jalan sanad yang rajih adalah jalan sanad ‘Abdul Malik bin Qudaamah dari Ishaaq bin Abi Furaat dari Sa’iid Al-Maqburiy dari Ayahnya dari Abu Hurairah secara marfu’.
Kedudukan riwayat ini sanadnya dhaif karena kelemahan ‘Abdul Maalik bin Qudaamah dan Ishaaq bin Abi Furaat seorang yang majhul ‘ain.
- ‘Abdul Maalik bin Qudaamah Al-Jumahiy dinyatakan tsiqat oleh Yahya bin Ma’in dan Al-Ijliy. Al-Bukhariy berkata “dikenal dan diingkari”. Abu Hatim berkata “dhaif al-hadiits, tidak kuat dan ia meriwayatkan hadis-hadis mungkar dari perawi tsiqat”. Daruquthniy berkata “ditinggalkan”. Nasa’iy berkata “tidak kuat”. Al-Uqailiy mengatakan “di sisinya ia meriwayatkan dari ‘Abdullah bin Diinar riwayat-riwayat mungkar”. Ibnu Hibban mengatakan ia shaduq hanya saja ia melakukan banyak kesalahan maka tidak boleh berhujjah dengannya. [Tahdzib At-Tahdzib 4/258-259 no 4921]. Abu Zur’ah Ar-Raziy berkata “mungkar al-hadiits” [Adh Dhu’afa Abu Zur’ah hal 356]. Ibnu Hajar menyimpulkan “dhaif” [Taqrib At-Tahdziib no 4232].
- Ishaaq bin Abi Furaat seorang yang majhul, perawi yang meriwayatkan darinya hanya ‘Abdul Maalik bin Qudaamah. Ibnu Hajar berkata “majhul” [Taqrib At-Tahdziib no 382].
.
.
Apakah kedua jalur di atas yaitu Jalur
Sa’iid bin Ubaid dan Jalur Sa’iid Al-Maqburiy dapat saling menguatkan?.
Jawabannya tidak karena kedua riwayat tersebut tidak hanya mengandung
kelemahan perawinya dari segi dhabit tetapi juga mengandung kelemahan
lain yang memperberat kedhaifannya.
- Jalur Sa’iid bin Ubaid selain Fulaih bin Sulaiman yang dhaif dari segi dhabitnya juga mengandung kelemahan lain yaitu riwayat tersebut terputus sanadnya karena riwayat Sa’iid dari Abu Hurairah mursal.
- Jalur Sa’iid Al-Maqburiy selain ‘Abdul Maliik bin Qudaamah dhaif dari segi dhabitnya juga mengandung kelemahan lain yaitu Ishaaq bin Abu Furaat perawi yang majhul ‘ain. Dan telah dikenal bahwa perawi majhul ‘ain hadisnya tidak bisa dijadikan i’tibar.
.
.
.
Hadis Anas bin Malik
Hadis Anas bin Malik tentang Ruwaibidhah
diriwayatkan melalui dua jalan yang semuanya dhaif dan tidak bisa saling
menguatkan yaitu jalur Ibnu Lahii’ah dan Jalur Ibnu Ishaaq.
حدثنا بكر قال نا عبد الله بن يوسف قال نا أبن لهيعة قال نا عبد الله بن عبد الرحمن بن معمر عن عبد الله بن ابي طلحة عن أنس بن مالك عن النبي صلى الله عليه وسلم قال بين يدي الساعة سنون خداعة يتهم فيها الأمين ويؤتمن المتهم وينطق فيها الرويبضة قالوا وما الرويبضة قال السفية ينطق في أمر العامة
Telah menceritakan kepada kami Bakr
yang berkata telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Yuusuf yang
berkata telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahii’ah yang berkata telah
menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman bin Ma’mar dari
‘Abdullah bin Abi Thalhah dari Anas bin Malik dari Nabi [shallallahu
‘alaihi wasallam] yang berkata sebelum hari
kiamat ada tahun-tahun penuh tipu daya dimana orang-orang terpercaya
dituduh, orang-orang tertuduh dipercaya, maka berbicaralah pada saat itu
Ar-Ruwaibidhah. Mereka berkata “apa itu Ar-Ruwaibidhah?”. Beliau
berkata “orang bodoh yang berbicara tentang urusan orang banyak” [Mu’jam Al-Awsath Ath-Thabraniy no 3258]
Sanad riwayat ini dhaif karena Bakr bin Sahl Ad-Dimyaathiy telah didhaifkan oleh An-Nasa’iy [Lisan Al-Mizan 2/344 no 1582] dan Abdullah bin Lahii’ah
perawi yang dhaif tetapi bisa dijadikan i’tibar dimana hadisnya shahih
jika meriwayatkan darinya para perawi yang mendengar darinya sebelum
kitabnya terbakar yaitu Abdullah bin Mubarak, Abdullah bin Wahb,
Abdullah bin Yazid Al-Muqriy, Abdullah bin Maslamah Al-Qa’nabiy [Tahrir
Taqrib At-Tahdziib no 3563].
.
.
حَدَّثَنَا أَبُو جَعْفَرٍ الْمَدَائِنِيُّ وَهُوَ مُحَمَّدُ بنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا عَبَّادُ بنُ الْعَوَّامِ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بنُ إِسْحَاقَ عَنْ مُحَمَّدِ بنِ الْمُنْكَدِرِ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَال قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أَمَامَ الدَّجَّالِ سِنِينَ خَدَّاعَةً يُكَذَّبُ فِيهَا الصَّادِقُ وَيُصَدَّقُ فِيهَا الْكَاذِبُ وَيُخَوَّنُ فِيهَا الْأَمِينُ وَيُؤْتَمَنُ فِيهَا الْخَائِنُ وَيَتَكَلَّمُ فِيهَا الرُّوَيْبِضَةُ قِيلَ وَمَا الرُّوَيْبِضَةُ؟ قَالَ الْفُوَيْسِقُ يَتَكَلَّمُ فِي أَمْرِ الْعَامَّةِ
Telah menceritakan kepada kami Abu
Ja’far Al-Mada’iniy dan dia Muhammad bin Ja’far yang berkata telah
menceritakan kepada kami ‘Abbaad bin ‘Awwaam yang berkata telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin Ishaaq dari Muhammad bin
Al-Munkadir dari Anas bin Maalik yang berkata Rasulullah [shallallahu
‘alaihi wasallam] bersabda “sesungguhnya
sebelum datangnya Dajjal akan ada tahun-tahun penuh tipu daya, dimana
orang-orang jujur didustakan dan para pendusta dibenarkan, orang-orang
yang dapat dipercaya dikhianati, orang-orang yang berkhianat dipercaya,
dan berbicaralah pada saat itu Ar-Ruwaibidhah. Dikatakan “apa itu
Ar-Ruwaibidhah?”. Beliau menjawab “orang-orang fasiq yang berbicara
tentang urusan orang banyak” [Musnad Ahmad bin Hanbal no 13298 tahqiq Syaikh Syu’aib Al-Arnauth]
Hadis dengan matan yang serupa juga
diriwayatkan Ahmad bin Hanbal dalam Musnad-nya no 13299 (tahqiq Syaikh
Syu’aib Al-Arnauth), Abu Ya’la dalam Musnad-nya 6/378 no 3715,
Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykil Al-Atsar 1/405 no 466, Musnad Al-Bazzar
7/174 no 2740 dengan jalan sanad dari ‘Abdullah bin Idriis dari Muhammad bin Ishaaq dari ‘Abdullah bin Diinar dari Anas bin Malik secara marfu’.
‘Abdullah bin Idriis memiliki mutaba’ah
dari Yunus bin Bukair sebagaimana disebutkan Ath-Thahawiy dalam Syarh
Musykil Al-Atsar 1/405 no 465, Ar-Ruuyaniy dalam Musnad-nya 1/389 no
593, Ibnu Adiy dalam Al-Kamil 7/257 dan Al-Bazzar dalam Musnad-nya 7/174
no 2740 yaitu dengan jalan sanad dari Muhammad bin Ishaaq dari
‘Abdullah bin Diinar dari Anas bin Malik secara marfu’.
Jadi ada tiga perawi yang meriwayatkan
dari Muhammad bin Ishaq yaitu ‘Abbad bin ‘Awwaam, ‘Abdullah bin Idriis
dan Yunus bin Bukair.
- ‘Abbad bin ‘Awwam meriwayatkan dari Ibnu Ishaaq dari Muhammad bin Munkadir dari Anas bin Malik
- Abdullah bin Idriis dan Yunus bin Bukair meriwayatkan dari Ibnu Ishaaq dari Abdullah bin Diinar dari Anas bin Malik.
‘Abbad bin ‘Awwaam seorang yang tsiqat
[Taqriib At-Tahdziib no 3155] dan disini ia menyelisihi ‘Abdullah bin
Idriis seorang yang tsiqat faqiih ahli ibadah [Taqriib At-Tahdziib no
3224] dan Yunus bin Bukair seorang yang shaduq sering keliru [Taqriib
At-Tahdziib no 7957].
Perawi yang meriwayatkan dari ‘Abbad bin ‘Awwaam adalah Muhammad bin Ja’far Abu Ja’far Al-Madainiy
dia perawi yang diperselisihkan. Ahmad bin Hanbal dan Abu Dawud berkata
“tidak ada masalah padanya”. Abu Hatim berkata “ditulis hadisnya tetapi
tidak bisa dijadikan hujjah”. Ibnu Hibbaan memasukkan dalam Ats-Tsiqat.
Ibnu Qaani’ berkata ‘dhaif”. Ibnu Abdil Barr berkata “tidak kuat di
sisi mereka (para ulama)”. Al-Uqailiy memasukkannya dalam Adh-Dhu’afa
[Tahdziib At-Tahdziib 5/520-521 no 6833]. Dapat disimpulkan bahwa
Muhammad bin Ja’far seorang yang shaduq hanya saja terdapat kelemahan
padanya sehingga jika ada penyelisihan atas riwayatnya maka riwayatnya
tidak bisa dijadikan hujjah.
Nampaknya disini riwayat yang menyebutkan jalan Ibnu Ishaaq dari Muhammad bin Munkadir dari Anas bin Malik
itu tidak tsabit, kemungkinan Abu Ja’far Al-Mada’iniy keliru dalam
menyebutkan “Muhammad bin Munkadiir” dan yang benar adalah Abdullah bin
Diinar. Jadi riwayat yang tsabit dari Ibnu Ishaaq adalah Ibnu Ishaaq dari Abdullah bin Diinar dari Anas bin Malik.
Sebagian ulama muta’akhirin menguatkan
hadis Ruwaibidhah riwayat Anas bin Malik, diantaranya Ibnu Hajar yang
berkata dalam Fath Al-Bariy 13/91 setelah menyebutkan hadis Anas
أخرجه أحمد وأبو يعلى والبزار وسنده جيد
Dikeluarkan Ahmad, Abu Ya’la dan Al-Bazzaar dan sanadnya jayyid
Pernyataan ini benar jika hanya melihat
zhahir sanadnya dimana riwayat Ibnu Ishaaq tersebut diriwayatkan oleh
para perawi tsiqat dan dalam riwayat Yunus bin Bukair, Ibnu Ishaaq
menyebutkan lafaz penyimakan hadis maka selamat dari cacat tadlis.
Hanya saja riwayat Anas bin Malik melalui
jalur Ibnu Ishaaq ini memiliki illat (cacat) yang tersembunyi. Ulama
mutaqaddimin yaitu Yahya bin Ma’in dan Abu Hatim mengisyaratkan Muhammad
bin Ishaaq keliru dalam hadis Ruwaibidhah ini.
حدثنا عبد الله بن أبي سفيان وابن أبي بكر قالا ثنا عباس سمعت يحيى بن معين يقول لم نسمع من عبد الله بن دينار عن أنس إلا الحديث الذي يحدث به محمد بن إسحاق يعني حديث الرويبضة
Telah menceritakan kepada kami
‘Abdullah bin Abi Sufyaan dan Ibnu Abi Bakr yang keduanya berkata telah
menceritakan kepada kami ‘Abbaas yang berkata aku mendengar Yahya bin
Ma’iin mengatakan “kami tidak mendengar (hadis) Abdullah bin Diinar dari
Anas kecuali dari hadis yang diriwayatkan Muhammad bin Ishaaq yakni
hadis Ar-Ruwaibidhah [Al-Kamil Ibnu Adiy 7/257]
Syaikh Thaariq bin ‘Awdhullah dalam salah
satu kitabnya yaitu Al-Irsyaadaat Fii Taqwiyyah hal 281 menjelaskan
maksud perkataan Yahya bin Main tersebut.
.
.
فابن معين عليه رحمة الله لا يريد من قوله هذا إعلال الحديث بالانقطاع بين عبد الله بن دينار وأنس؛ وإنما مراده الاستدلال بغرابة هذا الإسناد على خطأ ابن إسحاق المتفرد به
Ibnu Ma’in [Rahmat Allah atasnya]
tidak bermaksud dengan perkataannya bahwa cacat hadis tersebut adalah
inqitha’ antara ‘Abdullah bin Diinar dan Anas. Sesungguhnya yang ia
maksudkan adalah keghariban sanad ini karena kekeliruan Ibnu Ishaaq yang
menyendiri dalam meriwayatkannya.
.
سألت أبي عن الحديث الذي رواه ابن اسحاق عن عبدالله بن دينار عن أنس عن النبي في الرويبضة قال أبي لا أعلم احدا روى عن عبدالله بن دينار هذا الحديث غير محمد بن اسحاق ووجدت في رواية بعض البصريين عن عبدالله عن المثنى الانصاري عن عبدالله بن دينار عن أبي الازهر عن انس عن النبي بنحوه قال أبي ولا ادري من أبو الازهر هذا قلت من الذي رواه عن عبدالله بن المثنى فقال حجاج الفسطاطي قال أبي لو كان حديث ابن اسحاق صحيحا لكان قد رواه الثقات عنه
Aku bertanya kepada Ayahku tentang
hadis yang diriwayatkan Ibnu Ishaaq dari ‘Abdullah bin Diinar dari Anas
dari Nabi tentang Ar-Ruwaibidhah. Ayahku berkata “aku tidak mengetahui
seorangpun yang meriwayatkan dari Abdullah bin Diinar hadis ini selain
Muhammad bin Ishaaq dan aku menemukan dalam riwayat sebagian orang
Bashrah dari ‘Abdullah bin Al-Mutsanna Al-Anshariy dari ‘Abdullah bin
Diinar dari Abil Azhar dari Anas dari Nabi seperti itu. Ayahku berkata
aku tidak mengetahui siapa Abul Azhar ini. Aku [Ibnu Abi Hatim] berkata
“siapa yang meriwayatkan dari Abdullah bin Al-Mutsanna?”. Beliau berkata
“Hajjaaj Al-Fusthaathiy”. Ayahku berkata “seandainya hadis Ibnu Ishaaq
shahih, para perawi tsiqat akan meriwayatkan hadis itu darinya [Abdullah
bin Diinar]”. [Al-Ilal Ibnu Abi Hatim 6/596-597 no 2792]
Abu Hatim melemahkan hadis Ruwaibidhah
yang diriwayatkan Ibnu Ishaaq karena tafarrud Ibnu Ishaaq dan di sisi
Abu Hatim nampak kuat dugaan bahwa Ibnu Ishaaq keliru dalam hadis
tersebut. Salah satu qara’in yang dipakai Abu Hatim adalah adanya
riwayat lain dari Abdullah bin Diinar yang menyelisihi riwayat Ibnu
Ishaaq tersebut. Hanya saja kami tidak menemukan riwayat ini dengan
sanad lengkap dalam kitab-kitab hadis.
.
Terdapat riwayat lain yang membuktikan kekeliruan Ibnu Ishaaq dalam riwayatnya ini yaitu dalam kitab Al-Mushannaf ‘Abdurrazzaaq
أخبرنا عبد الرزاق عن معمر عن سعيد بن عبد الرحمن الجحشي عن عبد الله بن دينار قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم بين يدي الساعة سنون خوادع يخون فيها الأمين ويؤتمن فيها الخائن وتنطق الرويبضة في أمر العامة قال قيل وما الرويبضة يا رسول الله ؟ قال سفلة الناس
Telah mengabarkan kepada kami
‘Abdurrazaq dari Ma’mar dari Sa’iid bin ‘Abdurrahman Al Jahsyiy dari
‘Abdullah bin Diinar yang berkata Rasulullah [shallallahu ‘alaihi
wasallam] bersabda “sebelum hari kiamat
akan ada tahun-tahun penuh tipu daya, dimana orang-orang terpercaya
dikhianati dan orang-orang berkhianat dipercaya, di saat itu
berbicaralah Ar-Ruwaibidhah tentang urusan orang banyak. Dikatakan “apa
itu Ar-Ruwaibidhah wahai Rasulullah?”. Beliau berkata “orang yang paling
rendah” [Al-Mushannaf ‘Abdurrazzaaq 11/382 no 20803]
Riwayat ini sanadnya jayyid sampai ‘Abdullah bin Diinar walaupun kedudukannya mursal. Ma’mar bin Raasyid Al-Azdiy
tsiqat tsabit fadhl kecuali dalam riwayatnya dari Tsaabit, A’masy,
‘Ashim bin Abi Najud, Hisyam bin ‘Urwah dan hadisnya di Bashrah [Taqrib
At-Tahdziib no 6857]. Sa’iid bin ‘Abdurrahman Al-Jahsyiy
penduduk Hijaz, shaduq [Taqriib At-Tahdziib 2360]. Disini nampak Sa’iid
bin ‘Abdurrahman Al-Jahsyiy menyelisihi Muhammad bin Ishaaq dalam
riwayatnya dari ‘Abdullah bin Diinar dimana Sa’iid meriwayatkan secara
mursal dan Ibnu Ishaaq meriwayatkan secara maushul. Ini merupakan salah
satu petunjuk bahwa Muhammad bin Ishaaq keliru dalam hadis Ruwaibidhah.
Secara ringkas hadis Ruwaibidhah dari Jalur Anas bin Malik mengandung kelemahan berikut
- Jalur Ibnu Lahii’ah dhaif karena Bakr bin Sahl guru Ath-Thabraniy dhaif dan Ibnu Lahii’ah sendiri dhaif dari sisi dhabitnya.
- Jalur Muhammad bin Ishaaq dhaif karena Muhammad bin Ishaaq keliru periwayatannya dalam hadis ini.
Kedua jalur ini tidak bisa saling
menguatkan karena jalan pertama kedhaifannya ada pada dua perawinya dan
jalan kedua dhaif keliru dan hadis yang terbukti keliru tidak bisa
dijadikan penguat.
.
.
.
Hadis Auf bin Malik
حدثنا الحسين بن إسحاق التستري ثنا هشام بن عمار ثنا مسلمة بن علي ثنا إبراهيم بن أبي عبلة عن أبيه عن عوف بن مالك عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال إن بين يدي الساعة سنين خوادع يتهم فيها الأمين ويؤتمن فيها الخائن ويكذب فيها الصادق ويصدق فيها الكاذب ويتكلم في أمر الناس الرويبضة قيل يا رسول الله وما الرويبضة قال السفيه ينطق في أمر العامة حدثنا أحمد بن عبد الوهاب بن نجدة الحوطي ثنا أبي ثنا إسماعيل بن عياش عن إبراهيم بن أبي عبلة عن عوف بن مالك عن النبي صلى الله عليه وسلم مثله
Telah menceritakan kepada kami Husain
bin Ishaaq At-Tusturiy yang berkata telah menceritakan kepada kami
Hisyaam bin ‘Ammaar yang berkata telah menceritakan kepada kami Maslamah
bin ‘Aliy yang berkata telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Abi
‘Ablah dari Ayahnya dari Auf bin Malik dari Rasulullah [shallallahu
‘alaihi wasallam] yang bersabda “Sesungguhnya
sebelum hari kiamat akan ada tahun-tahun yang penuh tipu daya, ketika
itu orang-orang yang dapat dipercaya dituduh, orang-orang yang
berkhianat dipercaya, orang-orang yang jujur didustakan dan para
pendusta dibenarkan, berbicaralah tentang urusan orang-orang pada saat
itu Ar-Ruwaibidhah. Dikatakan “wahai Rasulullah apa itu
Ar-Ruwaibidihah?”. Beliau berkata “orang bodoh yang berbicara tentang
urusan orang banyak”. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin
‘Abdul Wahhab bin Najdah Al-Hauthiy yang berkata telah menceritakan
kepada kami Ayahku yang berkata telah menceritakan kepada kami Isma’iil
bin ‘Ayyaasy dari Ibrahim bin Abi ‘Ablah dari Auf bin Malik dari Nabi
[shallallahu ‘alaihi wasallam] seperti itu. [Mu’jam Al-Kabir Ath-Thabraniy 18/67 no 123 & 124]
Riwayat Maslamah bin Aliy di atas juga
diriwayatkan dalam Musnad Asy-Syamiyyin Ath-Thabrani no 47, Mu’jam
As-Safar Abu Thahir As-Silafiy hal 177 no 562 dan Tarikh Ibnu Asakir
58/47 yaitu dengan jalan sanad dari Ibrahim bin Abi ‘Ablah dari Ayahnya
dari Auf bin Malik secara marfu’.
Maslamah bin Aliy
perawi yang sangat dhaif. Yahya bin Ma’in dan Duhaim berkata “tidak ada
apa-apanya”. Bukhariy dan Abu Zur’ah berkata “mungkar al-hadits”. Ibnu
Hibban berkata “dhaif“al-hadiits mungkar al hadiits”. Nasa’i,
Daraquthniy, dan Al-Barqaniy berkata “matruk al-hadiits. Al-Hafizh Abu
Aliy An-Naisaburiy dan Ya’qub bin Sufyan berkata “dhaif”. As-Sajiy
berkata “dhaif jiddan”. Al-Hakim berkata “meriwayatkan dari Al-Auzaiy
dan Az-Zubaidiy riwayat-riwayat mungkar dan palsu” [Tahdziib At-Tahdziib
6/273-274 no 7874].
Maslamah bin Aliy dalam periwayatannya ini memiliki mutaba’ah dari Muhammad bin Ishaaq dengan jalan sanad dari Ibrahim bin Abi ‘Ablah dari Ayahnya dari ‘Auf bin Maalik secara marfu’.
Hal ini disebutkan dalam Musnad Al-Bazzar
7/174 no 2740, Syarh Musykil Al-Atsar Ath-Thahawiy 1/404 no 464, Musnad
Ar-Ruuyaniy 1/387 no 588, Mu’jam Al-Kabir Ath-Thabraniy 18/67-68 no
125, Musnad Asy-Syamiyyin Ath-Thabraniy 1/51 no 48 semuanya berujung
pada sanad Abu Kuraib Muhammad bin
Al-A’laa’ dari Ibnu Ishaaq dimana Ibnu Ishaaq meriwayatkan dengan lafaz
‘an anah (tanpa menyebutkan lafaz penyimakan). Abu Kuraib Muhammad bin Al-A’laa’ seorang yang tsiqat hafizh [Taqrib At-Tahdziib no 6244]
Abu Kuraib memiliki mutaba’ah dari Humaid bin Ar-Raabi’
yang meriwayatkan dari Ibnu Ishaaq dimana Ibnu Ishaaq menyebutkan lafaz
penyimakan dari Ibrahim bin Abi ‘Ablah. Riwayat Humaid bin Ar-Rabi’ ini
disebutkan Al-Khatib dalam kitabnya Al-Ihtijaaj bi Asy-Syafi’iy hal 34,
berikut sanad lengkapnya
قال أنبأنا القاضي أبو عمر القاسم بن جعفر بن عبد الواحد الهاشمي ثنا أبو العباس محمد ابن أحمد الأثرم ثنا حميد بن الربيع ثنا يونس بن بكير أخبرني محمد بن إسحاق حدثني إبراهيم بن أبي عبلة عن أبيه عن عوف بن مالك رحمه الله تعالى قال سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم
[Al-Khatib] berkata telah
memberitakan kepada kami Qadhiy Abu ‘Umar Al-Qaasim bin Ja’far bin
‘Abdul Waahid Al-Haasyimiy yang berkata telah menceritakan kepada kami
Abu ‘Abbaas Muhammad bin Ahmad Al-Atsram yang berkata telah menceritakan
kepada kami Humaid bin Ar-Rabii’ yang berkata telah menceritakan kepada
kami Yunus bin Bukair yang berkata telah mengabarkan kepadaku Muhammad bin Ishaaq yang berkata telah menceritakan kepadaku Ibrahim bin Abi ‘Ablah dari Ayahnya dari ‘Auf bin Malik [rahimahullahu ta’ala] yang berkata aku mendengar Rasulullah [shallallahu ‘alaihi wasallam]
Hanya saja riwayat Humaid bin Ar-Raabi’ ini tidak tsabit sanadnya sampai Ibnu Ishaaq karena Humaid bin Ar-Raabi’ diperselisihkan keadaannya dan berdasarkan pendapat yang rajih kedudukannya dhaif.
Daruquthniy berbicara yang baik
tentangnya. Ahmad bin Hanbal, Abu Hatim dan Abu Zur’ah tidak mengatakan
tentang Humaid bin Ar-Raabi’ kecuali yang baik. Al-Barqaniy mengatakan
“tidak bisa dijadikan hujjah karena kebanyakan guru-guru kami mengatakan
ia dzahibul hadits”. Yahya bin Ma’in mengatakan ia pendusta. [Tarikh
Baghdad 9/28 no 4222]. Al-Hadhramiy mengatakan ia pendusta. Ibnu Adiy
mengatakan bahwa ia mencuri hadis, merafa’kan hadis-hadis mauquf,
meriwayatkan hadis-hadis dari para imam yang tidak mahfuzh dari mereka.
Kemudian Ibnu Adiy menyebutkan hadis-hadis mungkarnya dan menyimpulkan
bahwa Humaid bin Ar-Raabii’ dhaif jiddan dalam semua riwayatnya
[Al-Kamil Ibnu Adiy 3/89-92 no 444]. An-Nasa’iy berkata “tidak ada
apa-apanya” [Adh-Dhu’afa Wal Matrukin no 144]. Ibnu Abi Hatim mengatakan
tentang Humaid bin Ar-Raabii’ “aku mendengar darinya di Baghdad,
orang-orang membicarakannya maka aku meninggalkan meriwayatkan hadis
darinya” [Al-Jarh Wat Ta’dil 3/222 no 974].
Ada beberapa petunjuk yang menguatkan bahwa pendapat yang rajih atas Humaid bin Ar-Raabi’ adalah dhaif.
- Diantara ulama yang menta’dil Humaid bin Ar-Rabii’ ternyata murid mereka malah tidak berpegang pada penta’dilan guru mereka. Misalnya Al-Barqaniy yang meriwayatkan ta’dil Daruquthniy tidak berpegang pada ta’dil Daruquthniy kemudian Ibnu Abi Hatim yang meriwayatkan ta’dil Ahmad bin Hanbal, Abu Hatim dan Abu Zur’ah, ia sendiri setelah itu memutuskan untuk meninggalkan hadisnya.
- Jarh yang tertuju pada Humaid bin Ar-Rabii’ bersifat mufassar (dijelaskan sebabnya) yaitu ia mencuri hadis, merafa’kan riwayat mauquf, meriwayatkan banyak hadis yang tidak mahfuzh bahkan ada yang menuduhnya dengan dusta.
Maka dengan petunjuk di atas dapat
disimpulkan bahwa pendapat yang rajih Humaid Ar-Rabii’ kedudukannya
dhaif sehingga riwayat Ibnu Ishaaq dengan lafaz penyimakan dari Ibrahim
bin Abi ‘Ablah itu tidak tsabit dan yang tsabit dari Ibnu Ishaaq adalah
riwayatnya dengan lafaz ‘an anah.
Maslamah bin Aliy dan Muhammad bin Ishaaq
dalam riwayatnya dari Ibrahim bin Abi ‘Ablah diselisihi oleh Isma’iil
bin ‘Ayyasy sebagaimana disebutkan dalam Mu’jam Al-Kabir Ath-Thabraniy
18/67 no 124 di atas yang meriwayatkan dari Ibrahim bin Abi ‘Ablah dari Auf bin Malik secara marfu’ (tidak menyebutkan “dari ayahnya” sebagaimana riwayat Ibnu Ishaaq). Jadi secara ringkas ada dua jalan yaitu
- Jalan Muhammad bin Ishaaq dari Ibrahim bin Abi ‘Ablah dari Ayahnya dari Auf bin Malik
- Jalan Isma’iil bin ‘Ayasy dari Ibrahim bin Abi ‘Ablah dari Auf bin Malik
Kedua jalan ini memiliki kelemahan yang
sama yaitu riwayat keduanya disini adalah dengan ‘an anah (tanpa
menyebutkan lafaz penyimakan hadis) padahal keduanya adalah mudallis. Muhammad bin Ishaaq seorang mudallis tingkatan keempat [Thabaqat Al-Mudallisin Ibnu Hajar hal 51 no 125]. Isma’iil bin ‘Ayasy ini seorang mudallis tingkatan ketiga [Thabaqat Al-Mudallisin Ibnu Hajar hal 37 no 68].
Ibrahim bin Abi ‘Ablah tidak dikenal
meriwayatkan dari Auf bin Malik dan jarak wafat keduanya cukup jauh
sehingga kuat dugaan bahwa Ibrahim bin Abi ‘Ablah tidak mendengar hadis
langsung dari Auf bin Malik. Disebutkan bahwa Ibrahim bin Abi Ablah
wafat tahun 152 H [Taqrib At-Tahdzib no 215] sedangkan Auf bin Malik
wafat tahun 73 H [Taqrib At-Tahdzib no 5252]. Jadi antara wafat keduanya
ada rentang waktu 79 tahun maka sangat mungkin riwayat Ibrahim bin Abi
‘Ablah dari Auf bin Malik mursal dan ada perantara antara keduanya. Oleh
karena itu dengan menjamak kedua riwayat tersebut maka perawi yang
menjadi perantara antara Ibrahim bin Abi ‘Ablah dan Auf bin Malik adalah
Ayahnya
Ayah dari Ibrahim bin Abi ‘Ablah adalah Abu ‘Ablah Syimr bin Yaqzhaan,
ia tidak dikenal kredibilitasnya. Ibnu Abi Hatim dalam Al-Jarh Wat
Ta’dil 4/ 376 no 1639 menyebutkan biografinya bahwa Abu ‘Ablah
meriwayatkan dari Ubadah bin Shamit dan meriwayatkan darinya Ibrahim bin
Abi ‘Ablah. Ibnu Abi Hatim tidak menyebutkan jarh dan ta’dil atasnya.
Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Ats-Tsiqat 4/367 menyebutkan bahwa ia
meriwayatkan dari Auf bin Malik dan meriwayatkan darinya Ibrahim bin Abi
‘Ablah. Tidak ada petunjuk yang menguatkan tautsiq Ibnu Hibban dan Ibnu
Hibban dikenal tasahul dalam kitabnya itu pada sisi ia memasukkan
perawi majhul dalam kitabnya Ats-Tsiqat. Apalagi disebutkan dalam kitab
Rijal bahwa yang meriwayatkan dari Abu ‘Ablah hanya satu orang perawi
yaitu Ibrahim bin Abi ‘Ablah maka kuat indikasinya bahwa ia seorang yang
majhul.
Kesimpulannya hadis Ruwaibidhah riwayat
Auf bin Malik kedudukannya dhaif karena di dalam sanadnya ada perawi
mudallis (riwayatnya dengan ‘an anah) dan perawi majhul.
.
.
.
Catatan Atas Ulama Yang Menguatkan Hadis Ruwaibidhah
Sebelumnya sudah disinggung bahwa sebagian ulama hadis telah menguatkan hadis ini. Diantaranya adalah sebagai berikut
- Syaikh Al-Albaniy dalam kitabnya Silsilah Ahadiits Ash-Shahihah no 1887 dan no 2253
- Syaikh Ahmad Syakir dalam tahqiqnya atas Musnad Ahmad bin Hanbal no 8440
- Syaikh Syu’aib Al-Arnauth dalam tahqiqnya atas Musnad Ahmad bin Hanbal no 7912 dan no 8459
- Syaikh Mustafa Al-Adawiy dalam Shahih Al-Musnad Min Ahaadits Al-Fitan hal 398
- Syaikh Muqbil Al-Wadi’iy dalam Jami’ Ash-Shahih Mimma Laisa Fii Ash-Shahihain 3/434 dan 4/468
Sebagian dari mereka menyatakan hadis
tersebut shahih atau hasan dengan syawahid (Syaikh Al-Abaniy, Syaikh
Syu’aib Al-Arnauth dan Syaikh Mustafa Al-Adawiy). Adapun Syaikh Ahmad
Syakir menyatakan “sanadnya shahih” pada hadis Abu Hurairah (jalur
Sa’iid bin ‘Ubaid) dan Syaikh Muqbil menyatakan hasan hadis Anas bin
Malik (jalur Ibnu Ishaaq).
Mengapa dalam perkara ini kami tidak
berpegang pada pendapat mereka?. Hal ini karena setelah kami teliti kami
menemukan kelemahan atas jalan-jalan hadis yang mereka anggap bisa
dijadikan penguat atau dijadikan hujjah.
Contohnya dalam penilaian hadis Abu
Hurairah jalur Sa’id bin ‘Ubaid, Syaikh Ahmad Syakir mengatakan
“sanadnya shahih” dan Syaikh Syu’aib Al-Arnauth menyatakan “sanadnya
hasan” padahal faktanya salah satu perawinya dhaif dari sisi dhabit
yaitu Fulaih dan sanadnya terputus antara Sa’iid dan Abu Hurairah.
Begitu pula dalam penilaian hadis Anas bin Malik (jalur Ibnu Ishaaq) dimana Syaikh Muqbil berkata
.
Ini hadis hasan, dan jalan Muhammad
bin Ishaaq dari ‘Abdullah bin Diinar dari Anas dari Nabi [shallallahu
‘alaihi wasallam] telah dikeluarkan Al-Bazzaar dalam Kasyf Al-Astaar
4/132 dan di dalamnya Muhammad bin Ishaaq menyebutkan lafaz penyimakan
dari ‘Abdullah bin Diinar, segala puji bagi Allah [Jami’ Ash-Shahih Mimma Laisa Fii Ash-Shahihain 3/434]
Sebagaimana telah kami nukilkan penilaian
Ibnu Hajar yang menganggap jayyid hadis Anas bin Malik tersebut, kami
melihat bahwa penilaian ini hanya berdasarkan zhahir sanadnya dimana
para perawinya tsiqat atau shaduq dan Ibnu Ishaaq walaupun mudallis
disini ia menyebutkan lafaz penyimakan hadis. Kami tidak berpegang pada
penilaian ini karena kami menemukan illat hadis Ibnu ishaaq tersebut
dimana ulama mutaqaddimin seperti Yahya bin Ma’in dan Abu Hatim
melemahkannya yaitu pada sisi gharib atau tafarrud Ibnu Ishaaq. Selain
itu juga telah dibahas di atas bahwa Ibnu Ishaaq memang keliru dalam
hadis Anas tersebut.
Kemudian soal penilaian yang menganggap
hadis ini shahih atau hasan dengan syawahid kami menilai bahwa kelemahan
itu tidak bisa saling menguatkan sehingga mengangkat derajat hadisnya.
Contohnya ketika melihat pembahasan dari Syaikh Al-Albani kami menemukan
- Syaikh Al-Albani memang melemahkan hadis Abu Hurairah (jalur Sa’iid bin ‘Ubaid) karena kelemahan Fulaih dari sisi dhabit tetapi ia tidak menganggap hadis itu memiliki kelemahan lain yaitu terputusnya sanad antara Sa’iid bin ‘Ubaid dan Abu Hurairah. Jadi kami melihat hadis ini lebih lemah dari apa yang disebutkan Beliau.
- Contoh lain yaitu ketika Syaikh Al-Albani menyebutkan hadis Auf bin Malik jalur Isma’iil bin ‘Ayasy, Beliau hanya mengisyaratkan kelemahan dugaan keterputusan antara Ibrahim bin ‘Abi Ablah dan Auf bin Malik tanpa menyebutkan kelemahan dari sisi Isma’iil bin ‘Ayasy dimana ia mudallis dan riwayatnya disini dengan ‘an anah.
- Begitu pula Beliau menjadikan hadis Anas bin Malik sebagai syawahid dan nampaknya Beliau menilai sanad hadis Anas hasan hanya dengan melihat zhahir sanadnya padahal hadis tersebut ma’lul karena kesalahan Ibnu Ishaaq dan hadis yang terbukti salah tidak bisa dijadikan penguat.
Jadi hadis-hadis yang dijadikan i’tibar
kedudukannya lebih lemah dari yang disebutkan dalam pembahasan mereka
oleh karena itu kami tidak berpegang pada penilaian mereka bahwa hadis
itu saling menguatkan dan naik derajatnya menjadi hasan atau shahih.
.
.
.
Penutup
Penilaian hadis adalah perkara ijtihad
dengan berpegang pada kaidah ilmu hadis yang ada. Para ulama bisa
berbeda-beda dalam penilaiannya sehingga untuk menilai pendapat mana
yang lebih kuat sudah selayaknya untuk melihat hujjah para ulama
tersebut ketika membahas suatu hadis. Kaidah ilmu hadis adalah standar
utama dalam menilai suatu hadis dan dijadikan rujukan dalam menimbang
penilaian para ulama atas suatu hadis. Hadis
Ruwaibidhah setelah diteliti jalan-jalannya dan dinilai dengan kaidah
ilmu hadis maka dapat disimpulkan kedudukannya dhaif.
Iklan
Filed under: Agama |
Penilaian hadis adalah perkara ijtihad dengan berpegang pada kaidah ilmu hadis yang ada. Para ulama bisa berbeda-beda dalam penilaiannya sehingga untuk menilai pendapat mana yang lebih kuat sudah selayaknya untuk melihat hujjah para ulama tersebut ketika membahas suatu hadis. Kaidah ilmu hadis adalah standar utama dalam menilai suatu hadis dan dijadikan rujukan dalam menimbang penilaian para ulama atas suatu hadis. Hadis Ruwaibidhah setelah diteliti jalan-jalannya dan dinilai dengan kaidah ilmu hadis maka dapat disimpulkan kedudukannya dhaif.
___________
lah itu kan cuma menurut bocah ingusan kayak ente, bocah yang masih ompol kayak ente siapa yang mau dengerin sih?
Lha terus anda ngapain disini hehehe
Ooh berarti andalah yang dimaksud “orang terhina” yang anda sebutkan itu. Terimakasih kalau begitu
Lho tadi katanya netizen akan merasa terhina kok sekarang anda bilang pada ketipu. Anda ini gak konsisten, anda ini terhina atau tertipu?
kata-katamu tak pantas, siapa bilang sp bukan ahli hadis? dia ini adalah ahli hadas, terutama hadas besar.
Saya juga suka membaca situs abul jauza. Tapi lagi2 saya juga tidak merasa terhina atau tertipu.
bikin tulisan peristiwa saqifah dan atau pemukulan sayyidah fatimah as oleh umar dalam peristiwa ancaman pembaiatan abu bakar mas.
bisanya cuma ngomel-ngomel. bantah dong jangan ngomel doang, tunjukin kalau kamu punya ilmu. kamu bloon kok menghina orang berilmu. kacian
mari nyimak bro..
.
ﺇِﻧِّﻲْ ﺗَﺎﺭِﻙٌ ﻓِﻴْﻜُﻢُ ﺍﻟﺜَّﻘَﻠَﻴْﻦِ : ﻛِﺘَﺎﺏَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَ ﻋِﺘْﺮَﺗِﻲْ ﺃَﻫْﻞَ ﺑَﻴْﺘِﻲْ، ﻣَﺎ ﺇِﻥْ ﺗَﻤَﺴَّﻜْﺘُﻢْ ﺑِﻬِﻤَﺎ ﻟَﻦْ ﺗَﻀِﻠُّﻮْﺍ ﺃَﺑَﺪًﺍ، ﻭَ ﺇِﻧَّﻬُﻤَﺎ ﻟَﻦْ ﻳَﻔْﺘَﺮِﻗَﺎ ﺣَﺘَّﻰ ﻳَﺮِﺩَﺍ ﻋَﻠَﻲَّ ﺍﻟْﺤْﻮَﺽَ.
@alamskarat:
1-Mohon dipandu,metode kajian spt apa yg diakui keberannya??
2-Mohon dipandu utk mengetahui sanad hadis dipercaya spt apa ya?
Thanks..
Thx..
Terus kalau hadis yang kita yakini shahih kemudian kita amalkan ternyata dhaif atau sebaliknya, pertanyaannya siapa yang harus bertanggung jawab dihadapan Allah nanti <—ha…macam mana itu?? ,
Orang-orang yang menyombongkan diri menjawab: “Sesungguhnya kita semua sama-sama dalam neraka, karena sesungguhnya Allah telah menetapkan keputusan antara hamba-hamba-Nya”
———
Nabi saw dalam hadisnya berkata:
Sesungguhnya yang aku khawatirkan pada umatku adalah imam-imam (tokoh-tokoh panutan) yang menyesatkan.
Nabi saw dalam hadisnya berkata:
Sesungguhnya yang aku khawatirkan pada umatku adalah imam-imam (tokoh-tokoh panutan) yang menyesatkan.,
…..contohnya jijik sihab,zulkarnaen MUI,alkhatatata FUI,GMP MUI ,.
HUAHAUhuahau (((setereo))))
mohon pembahasan kitab Yanabiul al mawwadah, berkenaan hadits para imam (12 imam)situs nahi munkar, annas, sepertinya membahasnya terimakasih
TAPI KALO AQIDAH SYIAH GAK PERNAH DIBAHAS. UNTUK MENYESATKAN UMAT SAJA.
Ketidak tahuan kita terhadap sesuatu, bukan berarti sesuatu itu tidak ada.
Dimana mahu mendapat Riwayat lengkap Muhammad bin Abu Bakar ? <—waw….itu adalah sahabat Imam ali bin abuthalib as yg di percaya diangkaty jadi gubernur sewaktu imam ali bin abuthalib as jadi khalifah, dia itu adik kandung aisyah bin abu bakar !!! wafatnya menggenaskan sekali ,. dibunuh dan mayatnya di masukkan kedalam perut bangkai kuda karena menolak ajakan si SETAN BIN LAKNAT MUAWIYAH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
hadis lucu :
sahih bukhari bab tauhid,.
No. Hadist: 6882
Telah menceritakan kepada kami ‘Amru bin Aun telah menceritakan kepada kami Khalid dan Husyaim dari Ismail dari Qais dari Jarir berkata, “Pernah kami duduk-duduk di sisi Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Tiba-tiba beliau melihat bulan yang ketika itu malam purnama, lantas beliau bersabda: “Sungguh kalian akan melihat Tuhan kalian sebagaimana kalian melihat bulan ini, kalian tidak bakalan kesulitan melihatnya, maka jika kalian mampu untuk tidak kewalahan melakukan shalat sebelum matahari terbit dan matahari terbenam, maka lakukanlah.”
….
jelas Mas ga cocok tuk menanggapi Mas Sido,, hanya boleh juga ide atau usulnya tentang yg dikatakan mas sido menanggapi sifat julus bagi Allah,, saya disini yg masih awam bisa mengambil pertimbangan dengan mas Sconprince mau berbagi apa yg diharapkan mas sido,, trmkasih